Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Social Bookmarking: Pengertian, Manfaat, Jenis, Cara Kerja, dan Cara Memaksimalkannya

Pengertian Social Bookmarking
Social Bookmarking
Pengertian Social Bookmarking
Social bookmarking adalah proses menyimpan tautan dan konten situs web ke satu platform dengan tujuan untuk berbagi dengan pengguna internet yang lain. Social bookmark merupakan sebuah platform yang dapat digunakan sebagai wadah untuk menampung informasi dari berbagai sumber di dunia maya.

Dalam konten yang dibagikan tersebut nantinya akan mengandung beberapa link yang dibuat khusus mengarah pada sebuah situs web yang ditargetkan. Dengan ini diharapakan, trafik website yang dijadikan rujukan akan meningkat seiring dengan banyaknya pembaca yang berasal dari situs social bookmark tersebut.

Selain digunakan untuk meningkatkan trafik pengunjung. Cara ini juga banyak digunakan oleh praktisi SEO dalam meningkatkan ranking blog atau situs web mereka karena terbukti efektif dan membuahkan hasil.

Anda hanya perlu membuat sebuah konten berupa tulisan artikel yang dipasangi backlink menuju blog atau situs web Anda. Setelah artikel tersebut publish di platform social bookmarking, maka secara otomatis robot Google pun akan memeriksa validasi dari artikel yang ditulis dan link yang terpasang.

Semakin berkualitas isi blog Anda, maka semakin tinggi juga peluang search engine menaikkan ranking pencariannya.

Manfaat Social Bookmarking
Situs social bookmarking belakangan ini digunakan oleh para pemilik blog atau website untuk memaksimalkan optimasi SEO mereka. Selain itu, terdapat manfaat lain yang bisa didapatkan dari menggunakan platform social bookmark di antaranya,
1. Meningkatkan trafik pengunjung website
Jika Anda memiliki situs web yang khusus untuk mencari pengunjung sebanyak-banyaknya. Maka social bookmarking menjadi salah satu cara yang tepat untuk dilakukan. Anda hanya perlu mensubmit atau menerbitkan artikel pada situs-situs social bookmark tersebut dan mencantumkan backlink yang mengarah ke website Anda.

Dengan demikian, potensi situs web Anda dikunjungi orang pun akan jauh lebih besar.

2. Mendapatkan backlink gratis
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda bisa mengirimkan artikel pada situs social bookmarking tersebut dan menyisipkan link yang mengarah langsung ke website Anda. Hal ini akan dianggap Google sebagai peningkat kredibilitas website Anda. Dengan demikian, ranking situs web Anda pun akan terus meningkat di mesin pencarian.

3. Artikel lebih mudah terindeks search engine
Bedanya memposting artikel dalam blog pribadi dengan di social bookmarking terletak pada lamanya indeks waktu yang dibutuhkan oleh mesin pencari. Jika Anda memposting artikel di blog, robot mesin pencari akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengindeksnya.

Sementara jika menerbitkan artikel dalam platform social bookmark hanya membutuhkan waktu beberapa jam bahkan menit saja agar terindeks oleh Google.

4. Dapat digunakan sebagai media promosi gratis
Jika Anda memiliki sebuah brand atau bisnis, dengan menulis  artikel dalam situs social bookmark ini, Anda mendapatkan media promosi secara gratis. Tak hanya itu, banyaknya orang yang membaca artikel tulisan Anda yang berisi tentang pengenalan produk dan kelebihannya juga dapat berperan dalam meningkatkan brand awareness produk ke pembaca.

5. Membangun reputasi dan komunitas
Masih berkaitan dengan bisnis, lewat situs social bookmarking ini Anda dapat membangun reputasi dari brand bisnis Anda. Sekaligus membuat komunitas di dalamnya. Terlebih jika pembaca dalam platform tersebut memiliki jenis minat yang sama.

Jenis Social Bookmarking
Jenis social bookmarking secara garis besar terbagi menjadi tiga jenis di antaranya,
1. Social Bookmarking Umum
Pengguna dapat mem-bookmark dokumen web ke kategori tertentu lalu berbagi ke pengguna lain. Mereka juga dapat melihat bookmark pengguna lain dalam kategori sejenis. Banyak manfaat hebat bisa diperoleh pengguna, termasuk hemat waktu pencarian di mesin pencari dan jumpai beragam situs unik nan atraktif.

2. Social Bookmarking Edukasi
Social bookmark edukasi fokus pada beragam kegiatan akademik dan penelitian. Kehadiran layanan ini justru mempermudah murid dan guru yang ingin menambah pengetahuan akademik. Para guru bisa menemukan situs edukatif di Internet, kemudian dibagikan kepada murid. Mereka juga dapat mengecek situs hasil bookmark pengguna lain pada subjek yang sama.

3. Social Bookmarking Berita
Social bookmark berita dipenuhi beragam berita terbaru yang sengaja disimpan oleh pengguna lain. Blog dan artikel yang memuat berita paling baru dapat ditemui pada situs ini. Pengguna tak sekedar membaca berita dan memperoleh informasi, namun turut diperbolehkan berpartisipasi dalam voting agar menjadi headline alias trending topic.

Kehadiran social bookmarking khusus berita mempermudah pengguna internet menemukan berita atau topik terkini yang sedang ramai dibicarakan masyarakat.

Cara Kerja Social Bookmarking
Social bookmarking memungkinkan Anda mengakses tautan ke situs web lain melalui akun bookmark sosial dan halaman platform Anda. Saat Anda menyimpan konten, Anda dapat mengkategorikannya melalui sistem penyortiran platform bookmark sosial Anda, seperti tagar atau folder.

Anda dapat memilih untuk menjadikan bookmark dan kategorisasi yang Anda simpan menjadi publik atau pribadi atau membaginya dengan orang-orang tertentu dengan mengirimkan tautan langsung atau mengizinkan mereka mengakses bookmark akun Anda.

Beberapa platform social bookmarking juga menampilkan tag bookmark kolaboratif di mana siapa pun dapat menyumbangkan konten yang terkait dengan tagar yang ditentukan.

Anda dan pengguna resmi lainnya dapat berkomentar dan mendiskusikan konten yang di-bookmark di platform bookmark sosial. Platform ini dapat memberi Anda wawasan tentang seberapa relevan konten ini melalui jumlah simpanan, suka, komentar, atau bagikan yang diterima pos tertentu.

Dengan kategorisasi konten dan fitur sosial platform, Anda dapat membentuk atau mengikuti komunitas atau utas diskusi yang memberi tahu Anda tentang konten baru yang menurut Anda menarik berdasarkan aktivitas bookmark Anda sebelumnya.

Platform social bookmarking juga memungkinkan Anda melakukan pencarian cerdas di situs web mereka yang memiliki hasil yang disesuaikan untuk Anda atau diurutkan berdasarkan popularitas atau publikasi.

Cara Memaksimalkan Social Bookmarking
Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui bagi Anda yang ingin menggunakan platform ini untuk memaksimalkan optimasi SEO website Anda di antaranya,
1. Jangan publish artikel yang sama persis
Orang-orang yang cenderung tidak mau ribet, biasanya hanya akan meng-copy-paste artikel yang sudah terbit terlebih dahulu di blog mereka. Baru kemudian mempublikasikannya dalam situs social bookmark yang ada.

Perlu diingat bahwa duplikasi konten adalah hal yang dilarang dan sangat dibenci oleh Google maupun mesin pencari yang lain. Sehingga, Anda harus menghindari hal ini jika ingin menaikkan ranking blog dalam search engine.

2. Pilih kategori social bookmark yang sesuai
Ada begitu banyak jenis platform social bookmarking yang ada di indonesia. Mulai dari berita, edukasi dan masih banyak lagi lainnya. Pastikan Anda mengirim artikel ke platform social bookmarking yang tepat. Jangan sampai artikel yang Anda kirimkan sia-sia karena tidak sesuai dengan kriteria atau niche blog Anda.

3. Utamakan platform yang dofollow
Terdapat dua jenis link yang perlu Anda ketahui dalam optimasi SEO yakni No-Follow dan Do-Follow. Pada link dofollow, backlink yang dipasang dalam sebuah artikel akan dikunjungi oleh robot dari mesin pencari. Dengan demikian, hal ini akan berpengaruh terhadap reputasi hingga ranking blog Anda nantinya.

Sedangkan link nofollow adalah kebalikannya. Robot crawler dari mesin pencari tidak akan merayapi link yang Anda cantumkan. Namun, tetap terlihat oleh pembaca sehingga jika mereka penasaran terhadap referensi konten yang terdapat di blog Anda, mereka pun akan mencari tahunya sendiri.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Social Bookmarking: Pengertian, Manfaat, Jenis, Cara Kerja, dan Cara Memaksimalkannya"