CLI: Pengertian, Sejarah, dan Cara Kerjanya

Pengertian CLI atau Command Line Interface
CLI (Command Line Interface)

Pengertian CLI
CLI (Command Line Interface) adalah sebuah program yang digunakan untuk mengetik perintah teks. Tujuannya agar komputer mampu menjalankan tugas atau fungsi tertentu. CLI sangat berguna saat ingin mengelola maupun mengurus server, administrasi, hosting web, keamanan, dan lain-lain.

CLI menerima sebagai perintah input yang dimasukkan oleh keyboard; perintah yang dipanggil pada prompt perintah kemudian dijalankan oleh komputer. Hal ini umum dalam Sistem Operasi Disk tradisional (DOS), di mana perintah dimasukkan dalam antarmuka prompt perintah DOS. 

Baca Juga: Command Prompt (CMD): Pengertian, Fungsi, Cara Membuka, Perintah, Manfaat, dan Contoh Penggunaannya

Akhir-akhir ini, CLI ini diterapkan oleh perangkat lunak atau administrator sistem untuk mengkonfigurasi sistem komputer, karena tindakan serupa dalam antarmuka pengguna grafis (GUI) dapat memakan banyak waktu dan tindakan manual.

Sistem operasi MS-DOS dan shell perintah di sistem operasi Windows adalah contoh Command Line Interface. Selain itu, platform pengembangan bahasa pemrograman seperti Python dapat mendukung Command Line Interface.

Baca Juga: Pengertian Sistem Operasi, Sejarah, Komponen, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Sejarah CLI
CLI pertama kali digunakan secara luas sekitar tahun 1960-an. Pada saat itu, perangkat input yang digunakan hanyalah keyboard, dan layar komputer baru bisa menampilkan informasi berupa teks. Sistem operasi seperti MS-DOS menggunakan CLI sebagai interface standar untuk user.

Untuk melakukan sejumlah task atau tugas, user harus mengetikkan perintah (command) di CLI, yang pada saat itu merupakan satu-satunya cara untuk ‘berkomunikasi’ dengan komputer. Setelah perintah diketik, hasil yang ditampilkan akan berupa informasi berbasis teks atau tindakan tertentu yang dijalankan komputer.

Jadi, kuncinya adalah jangan sampai mengetikkan perintah yang salah. Apabila salah mengetik perintah, bisa saja Anda justru menghapus file yang tidak seharusnya dihapus, atau menutup program yang sedang berjalan. Di sinilah kekurangan CLI.

Setelah bertahun-tahun hanya menggunakan keyboard dengan risiko kesalahan ketik perintah yang cukup tinggi, akhirnya mouse diciptakan. Metode point-and-click pun ditemukan, yang menjadi cara baru untuk berkomunikasi dengan komputer.

Metode ini dirasa lebih aman bagi user pemula karena mereka tidak harus menggunakan CLI. Meski demikian, tetap saja command line interface punya banyak kelebihan.

Selain itu, sistem operasi mulai mengembangkan cara komputasi yang lebih menarik, yaitu GUI (Graphical User Interaction). GUI sendiri kini banyak digunakan karena memiliki tombol dan menu untuk menunjukkan perintah tertentu, serta sangat intuitif. Akhirnya, metode ini lebih banyak digunakan di era modern ini.

Meski begitu, masih banyak sistem operasi yang menyertakan CLI walaupun sudah ada GUI. Contohnya, pengguna Mac bisa mengetikkan “cal” di Terminal atau mengeklik aplikasi Calendar untuk memperoleh hasil yang sama.

Cara Kerja CLI  
Setelah sistem komputer berjalan, CLI-nya terbuka di layar kosong dengan prompt perintah dan perintah dapat dimasukkan. Jenis perintah CLI meliputi di antaranya,
1. Perintah sistem yang dikodekan sebagai bagian dari antarmuka sistem operasi;
2. Program yang dapat dieksekusi yang, ketika berhasil dipanggil, menjalankan aplikasi  berbasis teks atau grafis ; dan
3. Program batch (atau file batch  atau shell script) yang merupakan file teks yang mencantumkan urutan perintah. Ketika berhasil dipanggil, program batch menjalankan perintahnya yang mungkin mencakup perintah sistem dan program yang dapat dieksekusi.

CLI lebih dari sekadar sistem perintah/tanggapan sederhana, karena sebagian besar memiliki fitur tambahan yang membuat satu lebih disukai daripada yang lain. Beberapa fitur di antara,
1. Kemampuan skrip memungkinkan pengguna untuk menulis program yang dapat dijalankan pada sistem dari baris perintah.
2. Pipa Perintah  memungkinkan pengguna untuk mengarahkan output dari satu program menjadi input untuk program lain (“memperpipakan” aliran data).
3. Variabel sistem dapat diatur pada baris perintah, atau nilai variabel tersebut ditampilkan.
4. Fitur riwayat perintah memungkinkan pengguna untuk mengingat perintah sebelumnya yang dikeluarkan. Beberapa menyimpan riwayat perintah untuk sesi (seperti PowerShell), yang lain dapat dikonfigurasi untuk menyimpan riwayat sesi lebih lama (seperti bash).

Perintah dan sintaks untuk CLI cenderung sangat stabil dari waktu ke waktu, sebagian untuk mengaktifkan kompatibilitas mundur  untuk skrip

Shell – Pondasi Dibalik CLI
Seperti IMAP, POP3 juga merupakan protokol pengambilan email klien-server. Namun, ada perbedaan antara kedua protokol. Dengan POP3, email disimpan untuk pengguna dalam satu kotak surat di server. Itu dipindahkan dari server ke perangkat mereka saat klien email terbuka.

Sementara POP3 dapat dianggap sebagai layanan “simpan-dan-teruskan”, IMAP dapat dianggap sebagai server file jarak jauh, karena pengguna dapat menyimpan email Jika kita menyelam dari CLI ke bagian yang lebih dalam dari sistem operasi, kita akan menemukan shell.

Shell adalah antarmuka pengguna yang bertanggung jawab untuk memproses semua perintah yang diketik di CLI. Ia membaca dan menafsirkan perintah dan menginstruksikan sistem operasi untuk melakukan tugas seperti yang diminta.

Dengan kata lain, shell adalah antarmuka pengguna yang mengelola CLI dan bertindak sebagai man-in-the-middle, menghubungkan pengguna dengan sistem operasi. Dalam praktiknya, ada banyak hal yang dapat diproses oleh shell di antaranya,
1. Bekerja dengan file dan direktori
2. Membuka dan menutup program
3. Mengelola proses komputer
4. Melakukan tugas yang berulang

Di antara banyak jenis shell, yang paling populer adalah shell Windows (untuk Windows) dan bash (untuk Linux dan MacOS).

Windows Shell
Shell Windows adalah apa yang kita kenal sebagai Command Prompt dan file yang dapat dieksekusi adalah CMD.exe. Command Prompt telah digunakan oleh Microsoft sejak MS-DOS lebih populer daripada Windows. Membuka Command Prompt di Windows itu mudah.

Anda dapat membuka kotak run dengan menekan tombol Windows + R bersama-sama dan ketik CMD di bidang dan tekan Enter. Atau, Anda dapat pergi ke Mulai dan kemudian Semua Program dan klik Aksesoris lalu buka Command Prompt.

Di Windows Shell, Anda dapat mengetikkan perintah dan itu akan berjalan di jendela prompt perintah hitam untuk melakukan tugas untuk Anda. Anda dapat mengetikkan satu perintah pada jendela CMD atau kombinasi perintah tergantung pada kebutuhan Anda. Perintah akan berjalan dalam urutan di mana satu perintah akan dieksekusi setelah satu sama lain.

Dengan command prompt, Anda dapat memantau dan mengelola beberapa hal di komputer Windows Anda termasuk di antaranya,
1. Memodifikasi direktori, daftar direktori, daftar konten, dan banyak lagi
2. Mengelola pengaturan jaringan IP dan konfigurasi jaringan lainnya
3. Mengganti nama atau menghapus file
4. Memodifikasi media seperti memformat file media dan mengganti namanya, dll.

Anda dapat melakukan tugas-tugas ini dengan bantuan beberapa sintaks pada jendela prompt perintah Anda. Berikut tugas dan sintaksnya,
1. Untuk mengubah direktori. Gunakan CD [path] untuk pergi ke direktori tertentu dari command prompt. Anda harus menyertakan spasi sebelum jalur seperti CD C:\Program Files
2. Untuk mengganti nama file. Gunakan kombinasi perintah REN [drive:][path] [source] [target] untuk mengganti nama file dalam folder tertentu. Misalnya, REN d:untitled.txt untitled1.txt. File yang diganti namanya akan disimpan di lokasi yang tepat saat Anda mengaksesnya.
3. Menghapus file. Gunakan perintah DEL [nama file] di command prompt untuk menghapus file. Anda dapat menambahkan opsi penghapusan paksa sebelum nama file jika Anda ingin seperti ini DEL /F untitled.txt. F adalah singkatan dari penghapusan paksa.
4. Untuk mengganti nama disk volume. Gunakan perintah LABEL [drive:][new volume name] untuk mengganti nama disk volume tertentu dari prompt perintah. Misalnya: D:\ > LABEL d:DataSaya. Anda dapat menggunakan 32 karakter pada volume NTFS dan 11 karakter pada volume FAT.

Tetapi jika Anda menggunakan Mac OS atau Linux, antarmuka command prompt Anda harus Bash dan memiliki perintah baru.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "CLI: Pengertian, Sejarah, dan Cara Kerjanya"