Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Shortlink: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, Keuntungan, Kerugian, dan Shortlink Terbaik

Pengertian Shortlink
Shortlink
Pengertian Shortlink
Shortlink adalah versi simpel dari url yang bisa didapatkan untuk distribusi konten via onlne. Dengan kata lain, shortlink merupakan sebuah layanan yang dapat memperpendek URL sehingga memudahkan untuk mengingat link dari suatu blog.

Url yang panjang bisa diperpendek agar lebih rapi ketika di posting melalui laman sosial media apapun. Pemendekan url generik layaknya tiny url bisa mengubah tautan dengan kombinasi huruf dan angka. Serta pastinya masih mengarah ke halaman yang diinginkan.

Terdapat banyak sekali sebuah website yang menyediakan layanan shortlink yang sering disebut dengan istilah shorter URL. Misalnya shortest, adfly, bitly dan masih banyak lagi.

Manfaat Shortlink
1. Dapat membuat alamat URL menjadi lebih singkat
2. Dapat menyembunyikan link affiliasi sehingga menjadi tidak nampak seperti spam
3. Dapat melakukan sebuah pelacakan terhadap beberapa jumlah klik yang menuju ke direct link
4. Dapat melindungi sebuah link asli dari sebuah pemblokiran pada sistem dari sosial media yang dianggap sebuah spam
5. Dapat membantu dalam mendapatkan penghasil uang tambahan

Cara Kerja Shortlink
1. Anda membuat url baru pada website pemendek url tersebut
2. Anda menaruh url yang telah dipendekkan ke dalam artikel
3. Pembaca mengklik
4. Pembaca dialihkan ke sebuah website yang berisi iklan iklan yang berasal dari situs pemendek url yang tadi
5. Pembaca menunggu 5 detik (biasanya) dan klik skip ads
6. Akan ada 2 pop up yang muncul, yakni popcash dan poptm
7. Setelah close pop up, anda akan dialihkan ke situs yang dituju
8. Pembaca mendapatkan apa yang mereka cari

Keuntungan Menggunakan Shortlink
1. Layanan perpendekan url akan membuat teks hyperlink kian menarik.
2. Tautan link yang dipersingkat tentu bisa menjadikan pengalaman membaca semakin lancar khususnya di berbagai macam laman media sosial.
3. Di samping itu, perpendekan link url juga memudahkan Anda dalam membagikan konten karena minim kesalahan dalam penyalinan tautan tersebut.
4. Penyingkatan url link juga bisa memberikan fungsi analisis. Ini penting guna menunjukkan kepada siapa Anda sudah mengklik tautan di tampilan dashboard terpusat.
5. Tautan yang diperpendek juga sangat matching bekerja dengan kode UTM.
6. Ini sangat memungkinkan Anda guna melakukan pelacakan kampanye tertentu.

Kerugian Menggunakan Shortlink
Munculnya ketidakpercayaan dari pihak tertentu. Selain itu, kerugian lainnya ialah hanya bisa menghasilkan lebih sedikit klik. Sifat pengalihan url link ini juga bisa memperkenalkan antar pengguna dengan  situs web yang dimaui. Kadangkala url dapat mengirim pengguna via dua sampai tiga dan lebih pengalihan.

Apabila salah satunya gagal maka pengguna dapat memunculkan  potensi menuju ke link pesaing. Terlebih lagi saat ini ISP bisa membuat daftar hitam penyingkat url guna menghalangi upaya spammer guna memperpendek tautan upaya tindakan kejahatan.

Shortlink Terbaik
1. Bitly
Saat ini Bitly merupakan situs shrt url yang cukup populer. Melalui situs ini, Anda bisa memperpendek link seberapa banyak pun yang Anda mau. Bahkan Anda bisa memulainya dengan sangat mudah menggunakan akun gratis Bitly.

Dengan menggunakan akun gratis ini, maka Anda bisa memperoleh fitur mumpuni khususnya bagi bisnis online.

2. TinyURL
Situs perpendekan link ini sudah ada sejak tahun 2002. Sebagai situs perpendekan link yang juga populer di Indonesia, situs ini menawarkan sejumlah kelebihan.

Penting untuk Anda ketahui bahwa link ini bebas biaya alias gratis. Selain itu, link ini juga aktif selamanya. Anda juga dapat dengan mudah memperpendek link via toolbar saja.

3. Rebrandly
Ini adalah situs untuk memperpendek url terbaik khusus kustomisasi brand Anda. Nantinya, Anda dapat menciptakan nama domain pribadi yang bisa digunakan pada setiap link.

Di samping itu, situs ini juga memiliki beragam fitur unggulan yang mampu menunjang perkembangan bisnis daring Anda ke depannya.

4. BL.INK
Situs short link ini dilengkapi dengan sejumlah fitur lengkap dengan dashboard user friendly. Versi gratis dari situs ini juga menawarkan sejumlah fitur menarik.

Adanya layanan smart link juga bisa memberikan Anda kemungkinan untuk membuat link tertentu berdasarkan kata kunci yang saat ini tengah tenar-tenarnya.

5. Yourls
Situs Yourls sangat memungkinkan Anda dalam membuat domain url pribadi karena adanya fitur self-hosting yang gratis. Selain itu, situs ini juga tidak akan membebani server Anda.

6. Tiny.cc
Tiny.cc bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung keperluan branding bisnis Anda dengan kustomisasi URL. Tiny.cc termasuk situs berbayar, tetapi dibandingkan situs short link lain Tiny.cc menawarkan harga yang lebih terjangkau sekitar $5 per bulan.

Namun, jika hanya memperpendek link Anda tidak perlu berlangganan alias bisa diakses secara gratis. Beberapa fitur yang bisa Anda nikmati jika berlangganan Tiny.cc adalah melacak short link yang dibuat, melihat CTR, mengecek browser dan lokasi yang dipakai responden, dan lain-lain.

7. T2M
Short URL terbaik selanjutnya adalah T2M. Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh T2M antara lain: mengecek statistik data, analisis performa short link, kustomisasi URL, pengaturan masa kadaluarsa link, membagikan link ke media lainnya, dan masih banyak lagi.

T2M juga menyediakan suatu fitur yang belum tentu dimiliki oleh situs short link lainnya yaitu Custom Analytic Reports. Fitur tersebut dapat Anda gunakan untuk memantau laporan statistik dari link yang tidak ditampilkan pada dashboard bawaan.

Dengan fitur tersebut, Anda dapat mengetahui alamat IP dari perangkat milik orang yang mengklik link, browser apa yang dipakai, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya fitur-fitur tersebut tidak dapat diakses secara gratis.

Pengguna T2M diharuskan berlangganan, versi termurah yang bisa dipilih adalah paker Basic seharga $5 berlaku selamanya.

8. Shorturl.at
Terakhir, kami merekomendasikan Shorturl.at menjadi salah satu yang terbaik. Anda cukup memasukkan URL yang akan Anda singkat pada kolom yang sudah disediakan.

Untuk opsi premiumnya terdapat fitur integrasi dengan banyak aplikasi, browser ekstensi, QR code, UTM, API, dashboard yang lengkap dan custom shortlink.

Dari berbagai sumber

Baca Juga: Safelink: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, Keuntungan, dan Kerugiannya

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat juga

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Shortlink: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja, Keuntungan, Kerugian, dan Shortlink Terbaik"