Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian ISP, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Contohnya

Pengertian ISP, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Contohnya


A. Pengertian ISP (Internet Service Provider)

ISP (Internet Service Provider/Penyedia Jasa Internet) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.

ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT.

Umumnya ISP (Internet Service Provider) mengenakan biaya bulanan kepada para pengguna jasa mereka. Layanan koneksi internet dari ISP bisa dibedakan menjadi dua kategori di antaranya,
1. Modem (Dial-up). Koneksi dial-up ini biasanya biayanya murah atau bahkan gratis dari perusahaan penyedia layanan internet. Media yang digunakan adalah kabel telepon biasa yang dipasang di rumah/ kantor.
2. Jalur Lebar (BroadBand). Koneksi internet dari broadband merupakan jaringan internet nirkabel, ISDN, DSL, kabel modem, atau satelit. Umumnya koneksi internet broadband memiliki koneksi internet yang lebih cepat, namun cenderung lebih mahal.

B. Fungsi ISP (Internet Service Provider)
1. Menjadi media yang membantu pengguna internet dalam melakukan aktivitas upload dan download dari internet
2. Menyediakan layanan jasa koneksi internet kepada masyarakat luas
3. Menyediakan tempat untuk homepage
4. Menghubungkan pengguna jasa internet kepada gateway internet terdekat
5. Menghubungkan pengguna internet kepada layanan informasi yang tersedia di World Wide Web atau WWW
6. Menyediakan berbagai perangkat modem untuk bisa terhubung dengan jaringan internet

C. Cara Kerja ISP (Internet Service Provider)
Cara kerja ISP tergolong sederhana, yaitu hanya menunggu pengguna jasa internet untuk memberi permintaan akses. Barulah setelah itu pihak ISP akan merouting jaringan kepada perangkat yang digunakan oleh pengguna jasa, bisa saja perangkat tersebut adalah handphone, modem, dan berbagai perangkat yang bisa digunakan untuk mengakses internet lainnya. Apabila sudah, maka pengguna jasa bisa menikmati akses internet dari perangkat yang dimiliki. Ada juga yang bisa memilih jaringan yang akan diinginkan dan dibutuhkan.

D. Jenis ISP (Internet Service Provider)
Berbagai jenis layanan ISP yang ada di antaranya,
1. Dial-Up Connection, di mana pengguna dikenakan biaya sesuai dengan waktu terhubung dengan koneksi internet, umumnya dial-up connection menggunakan modem dan kabel telepon untuk bisa terhubung ke internet.
2. Dedicated Connection, di mana internet tersedia selama 24 jam penuh, umumnya koneksi ini digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan koneksi internet yang kuat untuk bisa beroperasi dengan lancar.
3. Internet Hotspotlayanan, internet yang tidak membutuhkan kabel dial-up untuk melakukan koneksi, biasanya jenis layanan ISP yang satu ini digunakan pada tempat umum seperti kafe, bandara dan lain-lainya.
4. Wireless Connection, jenis layanan ISP yang tidak membutuhkan kabel untuk melakukan sebuah koneksi, nantinya Anda akan dikenakan tarif pemakaian internet setiap bulannya. Jenis ini biasanya lebih praktis dan efisien.
5. Internet Mobile Access, layanan internet diperuntukkan bagi para pengguna smartphone untuk dapat mengakses internet dari ponsel mereka, jenis layanan ini menggunakan sim card ponsel yang mendukung GSM maupun CDMA.

E. Contoh ISP di Indonesia
Tentu di Indonesia sendiri juga terdapat ISP, dan ada banyak provider internet yang bisa kita pilih. Berikut ini adalah daftar Internet Service Provider di Indonesia di antaranya,
1. Indihome. Indihome merupakan salah satu provider yang populer di masyarakat, dan penyedianya adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara yaitu PT Telkom Indonesia. Ada banyak yang membuat ISP ini populer salah satu alasannya adalah koneksinya yang cepat dan stabil.
2. Access Servise Dedicated to Internet. ISP yang satu ini juga sama dengan Indihome, sama sama berasal dari perusahaan yang sama yaitu PT Telkom Indonesia. ISP ini lebih dikenal dengan singkatannya yaitu Astinet, dan penggunaannya memang skala besar.
3. IM2. ISP yang satu ini berasal dari PT Indosat, dan jasa layanan yang ditawarkan adalah hosting dan domain.
4. Centrin. Apabila menyinggung ISP yang canggih maka Centrin adalah jawabannya, produk ini disediakan oleh PT Centrin Online. Layanannya adalah akses internet cepat dan stabil dengan infrastruktur canggih.
5. Provider Celuler. Apabila ISP yang sudah disebutkan di atas adalah ISP skala besar dan umum seperti wifi, maka yang ini berbeda. Karena penggunaannya secara pribadi, yaitu pada ponsel masing-masing. Memang provider seluler lebih banyak digunakan oleh masyarakat karena dinilai lebih praktis. Biasanya layanannya bukan unlimited, tetapi menggunakan kuota internet. Tentu ada banyak provider yang menawarkan layanan ini, Anda tinggal pilih saja.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian ISP, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Contohnya"