Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Domain Expired: Pengertian, Fungsi Utama, Keuntungan, Kekurangan, dan Dampaknya

Pengertian Domain Expired
Domain Expired
Pengertian Domain Expired
Domain expired adalah domain yang masa aktifnya sudah habis. Dengan kata lain, domain expired merupakan domain yang sudah pernah didaftarkan tetapi tidak diperpanjang lagi dengan alasan tertentu. Umumnya, sebuah domain memiliki masa aktif selama satu atau dua tahun dan rata-rata sebuah domain memiliki masa aktif 2 sampai 10 tahun.

Domain expired biasanya banyak yang sudah pernah dioptimasi oleh pemilik sebelumnya, sehingga domain tersebut sudah memiliki backlink yang tinggi. Dengan domain expired yang sudah “berkualitas” inilah dapat dijadikan sebagai alat untuk link building yang tepat.

Demikian, banyak blogger yang lebih memilih membeli domain yang sudah expired ketimbang membeli yang baru, karena tidak membutuhkan membangun popularitas blog dari awal lagi. Banyak manfaat yang diberikan oleh domain yang sudah expired, manfaat ini menjadi keuntungan tersendiri bagi blogger.

Fungsi Utama Domain Expired
Domain expired memiliki beberapa fungsi utama di antaranya,
1. Sebagai Moneysite
Karena memiliki domain authority dan backlink yang baik, maka biasanya domain ini dipakai sebagai domain website utama money site.

2. Sebagai PBN (Private Blog Network)
Ini adalah metode agak licik untuk mengelabui si mesin telusur raksasa Google. Pakar SEO tahu bahwa mereka bisa membuat blog mereka sendiri untuk di-backlink ke “money website” mereka. PBN atau private blog network digunakan untuk mendongkrak blog utama.

Secara teknis, Anda membuat web milik Anda sendiri menggunakan domain expired, kemudian diberi backlink di website tersebut menuju ke domain utama Anda.

3. Sebagai 301 Redirect
Domain expired yang baik dan bagus, pastinya banyak pengunjung yang mengaksesnya. Hal ini bisa dijadikan untuk melakukan redirect ke domain utama Anda. Misalkan domain expired yang kamu beli adalah xx.com, dan domain utama kamu adalah yy.com. Maka ketika seseorang mengakses xx.com, mereka akan langsung otomatis diarahkan ke domain utama kamu yaitu yy.com.

Keuntungan Domain Expired
Jika Anda memutuskan untuk membeli domain yang sudah kedaluwarsa, Anda akan mendapat beberapa benefit di antaranya,
1. Ranking Tinggi
Anda tidak perlu bersusah payah untuk mengoptimasi website dari awal karena domain expired sudah dioptimasi sedemikian rupa agar mendapatkan ranking yang tinggi. Domain semacam ini biasanya dimiliki oleh perusahaan/organisasi besar.

2. Backlink Yang Berkualitas
Ranking tinggi sebuah nama domain berbanding lurus dengan kualitas backlink yang dimiliki. Tak jarang dijumpai bahwa backlink yang terdapat pada domain ini berasal dari website besar yang sudah memiliki kredibilitas tinggi.

3. Bebas Penalti Google
Domain yang sudah pernah digunakan dan dioptimasi oleh pemilik sebelumnya pasti akan terindeks oleh Google. Dan jika Anda bisa memilih dengan tepat, potensi penalti yang diberikan oleh Google akan dapat Anda hindari karena bisa saja domain yang Anda pilih memiliki track record yang “bersih”.

hal ini bisa terjadi apabila pemilik sebelumnya karena tidak pernah menerapkan semacam black hat SEO/spam yang justru akan menurunkan ranking website dan terkena penalti Google.

Kerugian Domain Expired
Selain keuntungannya, ada beberapa kerugian yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum akhirnya memilih untuk membeli domain kedaluwarsa di antaranya,
1. Pernah Terkena Penalti
Penyebab domain pernah dipenalti Google ini akan membuat hasil optimasi yang pernah dilakukan oleh pemilik domain sebelumnya terhapus dari indeks Google. Namun, Anda sebagai pemilik domain kedaluwarsa seperti ini bisa meminta google untuk mengindeks kembali domain tersebut, tetapi hal itu hanya akan membuang waktu Anda.

2. Bekas Domain Ilegal
Bisa saja domain expired yang Anda miliki punya track record yang buruk. Entah itu digunakan oleh pemilik sebelumnya untuk website judi/pornografi, dan kegiatan ilegal lainnya yang membuat reputasi domain Anda menurun.

3. Popularitas Domain Berkurang
Jika Anda membuat link building pada domain expired, tentu tidak akan langsung mendapatkan hasil yang maksimal. Karena “kekuatan” domain expired membutuhkan waktu beberapa hari bahkan berbulan-bulan untuk dapat kembali efektif untuk dijadikan sebagai target link building.

4. Backlink Tidak Berkualitas
Karena salah satu tujuan membeli domain ini adalah karena backlink-nya, tetapi tidak semua domain kedaluwarsa ini memiliki backlink yang berkualitas. Anda harus memperhatikan apakah backlink yang ada mengarah ke website sungguhan.

Dan perlu diketahui bahwa jumlah backlink yang banyak tetapi kualitasnya rendah tidak akan berpengaruh banyak untuk meningkatkan traffic.

Dampak dari Domain Expired
Di balik banyak kelebihan dan kekurangan, domain expired membawa dampak pada setiap penggunanya di antaranya,
1. Suspend Sementara
Masa aktif yang dimiliki sebuah domain bergantung pada kontrak antara Anda dengan penyedia layanan, sehingga harus memilih waktu yang sesuai dengan jangka waktu yang tersedia. Saat Anda lupa melakukan perpanjangan, maka website yang Anda miliki akan di suspend dalam sementara waktu sehingga tidak bisa untuk diakses.

2. Membayar Denda
Keterlambatan dalam perpanjangan domain membuat Anda harus menggunakan uang Anda, denda yang ditetapkan sejumlah uang sebesar 10 kali lipat.

3. Domain Diambil Orang
Domain yang sudah tidak diaktifkan akan otomatis bisa digunakan oleh orang lain, jika saat seperti itu tidak melakukan perpanjangan bisa saja Anda akan masuk ke tahap pending elite.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Domain Expired: Pengertian, Fungsi Utama, Keuntungan, Kekurangan, dan Dampaknya"