Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Oracle: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Oracle
Oracle
Pengertian Oracle
Oracle adalah salah satu dari Relation database management system (RDBMS) buatan dari oracle corporation. Oracle menggunakan SQL (Structure Query Language) saat mengoperasikannya. Dengan menggunakan oracle ini dapat saling bertukar data dengan orang lain yang telah diberikan hak akses.

Oracle dikembangkan oleh Larry Ellison pada tahun 1977 di Software Development Laboratories (SDL). Dua tahun berselang, pada tahun 1979, SDL berganti nama menjadi Relational Software Inc. (RSI). Memasuki tahun 1983, RSI berganti nama menjadi Oracle Corporation. Nama Oracle Corporation ini masih digunakan sampai sekarang.

Fungsi Oracle
Oracle database dapat menawarkan berbagai fungsi yang dapat digunakan serta dapat mempermudah pekerjaan yang dilakukan di antaranya,
1. Mengidentifikasi data menjadi mudah
Dengan menggunakan oracle database ini membuat segala jenis data dapat dikelompokkan sesuai dengan spesifikasi data dari masing-masing. Hal ini akan mempermudah pemilik data untuk dapat melakukan klasifikasi data. Sehingga ketika akan membutuhkan data, dapat dengan mudah menemukan data serta tidak kebingungan dengan pengelompokkan data.

Data yang akan dicari dengan mudah ditemukan secara cepat sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mencari data tersebut.

2. Dapat terhindar dari data yang tidak konsisten
Dengan menggunakan oracle ini, data dapat disimpan serta dapat menghindari adanya data yang disimpan secara double. Data yang bersifat duplikat ini dapat dilakukan dengan mudah dan ketika ada banyak data yang duplikat terlalu banyak dapat memberikan kesulitan kepada pemilik database data.

Sulitnya membedakan data mana yang asli atau tidak, maka dari itu oracle database dapat menghindari adanya data yang duplikat atau tidak konsisten.

3. Akses mudah
Dengan menggunakan oracle database, dapat juga melakukan pengubahan pengaturan akses data. Sehingga membuat data tidak dapat diakses oleh banyak orang secara bebas karena sifatnya rahasia. Sehingga dapat menjaga privasi data serta membagikan data ke orang yang hanya memiliki hak akses terhadap data tersebut.

4. Kualitas data terjaga
Dengan menggunakan oracle data akan tetap terjaga di dalam database. Hal ini terjadi karena data tetap tersimpan di dalam database sehingga tidak akan hilang. Dan bila sewaktu-waktu membutuhkan data maka dapat diakses dimanapun dan juga kapanpun. Kualitas dari data juga akan tetap sama tanpa ada perubahan.

5. Penyimpanan data terjaga
Data yang ada tidak perlu lagi disimpan di dalam rak yang berisi kertas menumpuk tinggi sampai memenuhi ruangan. Karena dengan menggunakan oracle database ini dapat menyimpan data secara digital. Hal ini akan sangat efisien karena dapat menghemat ruangan yang dimiliki.

Kelebihan Oracle
1. Client-server environment
Fitur client-server juga disediakan oleh oracle database. Dengan adanya client-server environment proses yang terjadi bisa dipisahkan. Oracle database akan memisahkan antara database server dengan aplikasi yang digunakan oleh client. Sehingga dengan begitu, server akan melakukan tugas dan fungsinya dengan semua hal terkait database.

Sedangkan client akan bertugas fokus pada aplikasi yang digunakan untuk menampilkan data dari database. Dengan adanya hal tersebut, proses yang dilakukan oleh oracle database bisa lebih cepat dan tidak mengalami kemacetan.

2. Multi-user
Oracle database bisa diakses banyak user dalam waktu yang bersamaan. Hal ini sangat memudahkan user sehingga user bisa melakukan pertukaran data dan mengakses data secara bersama-sama.

3. Diakses berbagai sistem operasi
Menjadi salah satu kelebihan yang sangat bermanfaat bagi user adalah oracle database bisa diakses oleh semua jenis sistem operasi. Hal ini sangat menguntungkan karena, berbagai macam user dan berbagai macam sistem operasi bisa terus melakukan aktivitasnya tanpa terganggu adanya perbedaan sistem operasi yang digunakan.

4. High Transaction Processing Performance
Salah satu fitur ini bisa digunakan oleh oracle database untuk mempercepat transaksi yang sedang berjalan. Sehingga meskipun banyak transaksi atau proses yang dilakukan dalam database, pemrosesan database tetap akan berjalan dengan cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

5. Avaliability Data
Data yang tersimpan dalam database bisa diakses penuh selama 24 jam. Dengan adanya hal ini, user bisa bebas kapan saja mengakses data ketika dibutuhkan. Oleh karena itu kemudahan akses data ini bisa ditemukan pada oracle database.

6. Security
Oracle database telah dilengkapi berbagai keamanan untuk menjaga data. Dengan adanya keamanan data ini, user bisa menyimpan data dalam database dengan cukup mudah dan dilengkapi oleh keamanan yang cukup handal.

Kekurangan Oracle
1. Spesifikasi hardware tinggi
Berbeda dengan database lain, oracle database adalah jenis database yang membutuhkan spesifikasi hardware pendukung lebih tinggi. Karena dengan terpenuhinya spesifikasi hardware tersebut, kinerja database akan semakin lancar.

Namun hal ini tidak sesuai dengan perusahaan kecil, karena akan dimungkinkan bahwa perusahaan akan kesulitan untuk memenuhi standar spesifikasi hardware yang sesuai dengan oracle database.

2. Harga mahal
Menjadi salah satu kelemahan dari oracle database adalah harganya. Harga untuk implementasi oracle database bisa dibilang cukup mahal karena oracle database adalah database yang kompleks dan bisa mendukung data perusahaan anda. Oleh karena itu harga oracle database sangat mahal.

3. Ukuran data bertambah menjadikan proses semakin lama
Salah satu kelemahan oracle database adalah penambahan ukuran data sangat berpengaruh. Ketika ukuran data bertambah besar, maka proses akan mengalami keterlambatan pemrosesan. Oleh karena itu ketika mengimplementasikan oracle database harus diimbangi dengan data management yang bagus.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Oracle: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya"