Pengertian Coding, Bahasa Pemrograman, dan Manfaatnya

Pengertian Coding
Coding

A. Pengertian Coding
Coding adalah aktivitas untuk merangkai dan menulis serangkaian kode atau skrip program di komputer. Supaya skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer, maka proses coding harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku.

Coding merupakan bahasa komputer. Komputer berkomunikasi melalui sederetan angka atau kode-kode yang dinamakan bahasa pemograman yang tersusun dari dua angka biner, yaitu angka 1 dan 0. Angka biner ini akan membantu komputer untuk mengetahui dan memahami apa yang ingin kita lakukan pada komputer.

B. Bahasa Pemrograman
Pada dasarnya coding adalah bahasa pemrograman atau bahasa yang dimengerti oleh perangkat elektronik. Untuk menggunakannya, tentu harus mengerti bagaimana bahasa pemrograman tersebut terlebih dahulu. Jika ingin mengetahuinya, maka kita juga harus tahu terlebih dahulu untuk apa kita menggunakannya. Beberapa jenis bahasa pemrograman yang umum ditemukan di antaranya,
1. Java
2. JavaScript
3. Dart
4. C++
5. PHP
6. Phyton
7. Ruby
8. Kotlin

Perbedaan bahasa pemrograman ini ada dalam bentuk penulisannya, hal ini dikenal dengan istilah sintaks. Keunikan perbedaan penulisan bahasa pemrograman ini bisa diartikan menjadi :
1. Perintah yang diberikan oleh sang programer untuk di print oleh perangkat.
2. Bahasa yang ditujukan oleh programer agar dimengerti oleh sistem.
3. Menyuruh sistem menampilkan apa yang mereka tulis pada layar perangkat.

Sintaks atau penulisan coding ini adalah hal yang sangat perlu diperhatikan dengan baik. Sebab, bahasa pemograman yang Anda buat tidak bisa di compirm jika tidak ditulis dengan baik. Karena setiap jenis bahasa pemograman memiliki aturan penulisan yang berbeda-beda.

C. Manfaat Belajar Coding
Tentu saja ada banyak alasan yang membuat orang terjun dan mempelajari coding atau bahasa pemrograman di antara,
1. Bekerja Di Rumah
Bukan hal yang aneh lagi jika banyak yang menyukai pilihan bekerja di rumah. Sebab, kita bisa bersantai, melakukan pekerjaan kapan saja serta tidak terkait dengan aturan dan baju wajib. Di rumah juga merupakan tempat nyaman tidak perlu takut akan masalah jam kerja dan standar pekerjaan resmi lainnya.

Jika Anda mulai mahir dalam mengetahui bagaimana menjalankan program dengan coding maka kesempatan bekerja di rumah kian terbuka lebar. Bagaimana tidak, ada banyak perusahaan teknologi yang memperkerjakan programmer mereka di rumah.

2. Jenjang Karier Pengetahuan Coding
Di zaman yang kental akan kebutuhan dan perkembangan teknologi ini tentu pekerjaan programmer menjadi salah satu pilihan jenjang karier yang cemerlang. Untuk itu, tidak jarang banyak yang berlomba-lomba berusaha untuk memahami bagaimana menimba ilmu dan menghasilkan skill programming yang mumpuni. Tidak ayal juga gaji yang didapatkan jauh lebih tinggi.

3. Menciptakan Teknologi Baru Melalui Coding
Nah, bukan hal yang aneh lagi jika programmer adalah salah satu pelopor berdirinya banyak teknologi terkini dan bermanfaat. Melalui coding ada banyak terobosan baru yang pastinya menjadi jawaban atas solusi banyak permasalahan orang-orang di dunia. Jadi, jika Anda hobi menemukan hal baru yang bermanfaat maka tidak ada salahnya mencoba belajar programming ini.

4. Berpikir Secara Logis
Tidak jarang juga, belajar bahasa pemograman ini juga membuat seseorang lebih kritis dan mampu mengasah logikanya. Sebab, seperti yang sudah kita bahas di atas. Coding memerlukan penulisan yang teliti. Berfungsi atau tidaknya code yang Anda tulis tergantung dari seberapa pemahaman Anda. Jika salah sedikit saja, maka tidak akan menghasilkan perintah sistem yang Anda inginkan. Bahkan tak jarang menghasilkan perintah yang berbeda dari yang seharusnya dilakukan oleh sistem tersebut.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Coding, Bahasa Pemrograman, dan Manfaatnya"