Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Canva: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Fitur, dan Cara Menggunakannya

Pengertian Canva
Canva
Pengertian Canva
Canva adalah aplikasi desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Canva dapat membantu membuat desain tanpa perlu menginstal aplikasinya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan.

Canva saat ini tersedia dalam beberapa versi, web, iPhone, dan Android. Canva terdiri dari dua jenis layanan, yakni gratis dan berbayar. Pada layanan berbayar, Canva menyediakan Canva Pro dan Canva for Enterprise. Selain itu, pengguna juga bisa membayar produk secara fisik untuk dicetak dan dikirimkan.
 
Sejarah Canva
Sejarah Canva dimulai pada tahun 2012, tepatnya pada tanggal 1 Januari yang menjadi hari lahirnya. Canva didirikan oleh Melanie Perkins yang sebelumnya juga mendirikan Fusion Books, penerbit buku ternama di Australia. Di tahun pertama debutnya, Canva melejit dengan membukukan rekor pengguna sebanyak 750.000.

Lima tahun berjalan, di tahun 2017 Canva mencapai fase di mana perusahaan mulai membukukan laba. Saat itu mereka sudah mempekerjakan 200 orang pegawai yang tersebar di kantor Australia dan San Fransisco. Salah satu pemasukan terbesarnya datang dari pengguna premium yang berjumlah sebanyak 294.000 pengguna.

Per 2017, Canva mempunyai 10 juta pengguna dengan cakupan layanan hingga 169 negara.

Manfaat Canva
Canva dikenal sebagai aplikasi desain grafis yang dikenal dengan kemudahan penggunaannya. Terdapat berbagai macam desain yang bisa Anda ciptakan dengan Canva di  antaranya,
1. Logo. Branding adalah salah satu hal terpenting dalam pembangunan online presence Anda, baik itu sebuah blog, toko online, atau landing page bisnis. Nah, logo adalah salah satu sarana untuk melakukan branding. Di Canva, ada beragam template yang memudahkan Anda untuk membuat logo unik.
2. Poster. Ingin membuat iklan untuk sebuah produk, jasa, atau acara? Poster adalah salah satu cara yang tepat untuk melakukannya. Dengan Canva, Anda bisa membuat desain poster yang menarik dengan mudah.
3. Featured Image Blog. Keberadaan featured image dalam sebuah artikel dapat mempercantik desain blog dan membuat pengunjung lebih betah membaca. Untuk membuatnya secara instan, Anda bisa menggunakan Canva.
4. Infografik. Agar konten blog lebih variatif, Anda dapat menyelingi artikel dengan infografik. Jenis konten ini rumit dan tidak semua orang mampu membuatnya. Namun, Canva menyulap proses pembuatan infografik menjadi sangat mudah.
5. Newsletter. Apabila email marketing ada dalam daftar teknik pemasaran yang Anda lakukan, pastinya Anda kenal dengan newsletter. Nah, dengan Canva Anda dapat menghemat waktu dalam pembuatan konten email tersebut.
6. Konten Media Sosial. Konten Facebook yang disertai gambar 2,3 kali lebih efektif untuk menarik perhatian netizen. Untungnya, Canva memudahkan Anda untuk mendesain berbagai media visual yang cocok untuk media sosial.
7. Thumbnail Youtube. Thumbnail atau gambar yang mewakili video youtube Anda tidak harus berupa cuplikan dari video tersebut. Dengan Canva, Anda bisa mendesain thumbnail Youtube yang unik.
8. Desain Kemasan Produk. Apakah ini pertama kali Anda menjual sebuah produk? Canva dapat membantu Anda untuk membuat desain kemasan berbagai jenis produk, mulai dari label botol hingga kotak karton.
9. Invoice. Tak hanya toko di dunia nyata, toko online pun perlu memberikan invoice atau rincian pembayaran bagi pembeli. Untuk membedakan invoice Anda dengan milik toko lain, Anda dapat memanfaatkan kemudahan yang Canva berikan.
10. Banner Iklan. Ingin membuat banner untuk iklan website Anda tanpa keahlian desain grafis? Hal tersebut bisa dilakukan jika Anda menggunakan Canva.

Fitur Canva
Berikut beberapa fitur andalan Canva di antaranya,
1. Tersedia 750.000+ Template
Fitur utama dan terbaik dari Canva adalah templatenya. Jumlahnya pun tak tanggung-tanggung, diketahui total template siap pakai untuk berbagai kebutuhan adalah lebih dari 750 ribu. Bahkan hampir setiap harinya ada template baru untuk kategori tertentu.

Anda juga masih tetap bisa mengubah beberapa bagian desain dari template yang Anda pilih. Aplikasi ini benar-benar membuat desain jadi lebih praktis dan menyenangkan.

2. Ada 900+ Ilustrasi dan Icon
Selain template Anda juga bisa menambahkan unsur desain dengan ilustrasi dan icon dari berbagai jenis tema. Ingin ilustrasi 3D? Ada. Atau ilustrasi animasi seperti GIF? Juga ada. Explore menunya untuk menemukan ilustrasi dan icon yang Anda butuhkan.

3. PDF Editor
Jangan kira Anda tahu apa itu Canva hanya untuk membuat dan mengedit desain langsung dari halaman templatenya. Sebab, Anda bisa mengimport file PDF ke dalam halaman kerja lalu Anda jadikan tampilan desain online.

File PDF tersebut akan diubah jadi elemen-elemen yang editable sehingga Anda bisa mengedit bagian-bagian tertentu secara instan. Setelah selesai mengedit dokumen tersebut, Anda bisa mendownloadnya ke dalam format SVG, PPT, atau PDF.

4. Canva Live
Bagi Anda yang kerap harus melakukan presentasi secara online, kini Anda bisa gunakan Canva dengan fiturnya yang bernama Canva Live. Dengan fitur ini, Anda tak perlu menyiapkan platform video conference lain untuk mengadakan presentasi online.

Kegunaan penting fitur Canva adalah meningkatkan partisipasi audience agar presentasi lebih interaktif. Contohnya audience bisa mengirim reaksi, komentar, dan pertanyaan saat presentasi berlangsung. Hebatnya lagi, fitur ini terjamin keamanannya karena siapapun yang ingin bergabung dengan presentasi harus memasukkan kode 6 digit dari Anda di canva.live.

5. Text Customization
Anda tidak hanya bisa memanfaatkan apa itu Canva sebagai platform desain dan editing, melainkan juga bisa membuat dokumen dan file tekstual lainnya. Tentunya kebutuhan pembuatan dokumen online tersebut tidak akan optimal tanpa fitur teks.

Tinggal pilih menu Text di sebelah kiri halaman editor lalu pilih jenis font, warna, dan ukuran yang diinginkan. Teks yang Anda buat dapat Anda percantik dengan berbagai efek animasi sehingga tampilan dokumen online jadi lebih dinamis.

6. Canva Teams
Proses mendesain bisa dilakukan secara individual maupun berkelompok. Nah, jika Anda memiliki tim desain, maka Canva adalah platform terbaik untuk kebutuhan komunikasi dengan anggota tim desain lainnya.

Hanya dengan menginvite anggota tim dan setting pengaturan access permission ke dalam halaman editor, tim desain Anda siap saling berkolaborasi menciptakan desain terbaiknya.

7. Grid Desain dan Foto
Fungsi dari apa itu Canva juga sangat membantu dalam pengeditan foto. Mulai dari mempercantiknya dengan filter ataupun dengan grid yang berfungsi untuk mengatur layout foto agar lebih rapi. Fitur grid ini pun tersedia dalam berbagai tata letak dan jumlah frame, mulai dari 2-grid hingga yang paling banyak adalah 16-grid.

8. Desain Frame
Percantik tampilan foto Anda dengan efek frame sehingga seperti pigura foto. Bentuk frame yang tersedia pun cukup beragam mulai dari frame standar, film foto, dan ada yang menyerupai foto polaroid. Sehingga Canva adalah tools tepat untuk Anda yang ingin membuat foto album atau galeri foto.

Cara Menggunakan Canva
Berikut beberapa langkah menggunakan Canva di antaranya,
1. Sign-Up ke Canva
Pertama, Anda perlu memiliki account Canva. Anda bisa sign up atau login  di https://www.canva.com. Ada beberapa pilihan untuk  Facebook, Gmail maupun registrasi dengan mengisi data pribadi anda untuk membuat akun canva.

2. Pilih Kebutuhan Anda
Setelah itu, Anda akan diberi pilihan untuk memilih apa yang akan Anda lakukan dengan account Canva Anda. Pilih sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, anda membutuhkan canva untuk desain bisnis online produk anda. Anda bisa menggunakan small business atau personal.

3. Demo dan Jenis Desain
Selanjutnya, anda dapat Memilih layout graphic Anda. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa membuat berbagai jenis graphic di Canva. Mereka menyediakan berbagai macam layout dengan dimensi yang sudah disesuaikan untuk platformnya. Beberapa contoh kategori yang mereka sediakan adalah social media posts, documents, blogging, ebooks, infographics, marketing materials, events, dan ads.

Pilih salah satu layout yang paling sesuai. Jika Anda tidak bisa menemukan template dengan ukuran dimensi yang Anda butuhkan. Anda bisa memilih custom dimension yang ada di bagian kanan atas dan masukkan dimensi yang Anda butuhkan.
 
4. Pilih Gambar Yang Akan Digunakan
Disini terdapat lembar kerja anda yaitu segiempat berwarna putih yang merupakan area desain anda nantinya. Dengan berbagai template ini, Anda tidak perlu memulai dari nol. Anda juga bisa mengupload gambar Anda sendiri.
 
5. Desain Sesuai Keinginan
Sebagai contoh, disini kita menggunakan salah satu desain template yang dapat di drag and drop di area kerja Anda.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Canva: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Fitur, dan Cara Menggunakannya"