Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Banner, Ciri, Tujuan, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Banner, Ciri, Tujuan, Fungsi, dan Jenisnya


A. Pengertian Banner

Banner adalah media informasi non personal yang berisi pesan promosi, untuk tujuan menjual ataupun memperkenalkan sesuatu kepada khalayak. Banner juga di artikan sebagai suatu media promosi/ publikasi yang dicetak menggunakan print digital dengan ukuran tertentu dan berbentuk portrait atau vertikal. Sebelum dicetak, banner didesain terlebih dahulu menggunakan komputer dan software pengolah gambar seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw.

Di era digital istilah banner sering digunakan untuk menjelaskan sebuah media promosi yang berisi gambar dan teks pada sebuah website atau blog. Banner pada sebuah website/ blog biasanya disertai dengan link aktif yang ketika diklik/ tap akan mengarahkan pengguna website/ blog tersebut ke halaman website yang dipromosikan.

Banner Menurut Para Ahli
1. Rachmat Kriyantono, banner adalah suatu bentuk komunikasi non-personal yang menyampaikan pesan menjual sebuah produk yang memungkinkan semakin banyak konsumen membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.
2. Darmadi Durianto, banner adalah suatu proses komunikasi yang memiliki tujuan membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan yang diiklankan dan menjadi sebuah promosi yang dapat meningkatkan daya beli orang-orang yang menginginkan produk yang diiklankan.

B. Ciri Banner
Terdapat beberapa ciri-ciri yang membedakan banner dengan media lainnya di antaranya,
1. Ukuran banner lebih kecil dari spanduk, baliho serta billboard dan biasanya berbentuk vertikal maupun portrait.
2. Berisi gambar dan logo perusahaan. Namun ukurannya juga lebih kecil, karena medianya juga lebih kecil.
3. Konten informasi yang diberikan lebih rinci. Menurut buku “Simple Promotion dan Branding Untuk UKM” yang ditulis oleh Daru Redono mengatakan bahwa spanduk termasuk sebagai banner dan sifatnya menyampaikan informasi dengan cepat dan singkat.

C. Tujuan Banner
Tujuan banner adalah untuk mengiklankan, mempromosikan, memberikan info produk maupun jasa ke masyarakat luas, sehingga membuat masyarakat mengetahui isi banner dan tertarik untuk membeli produk serta menyebarkan info produk tersebut.

D. Fungsi Banner
Pada dasarnya fungsi banner adalah sebagai media pemasaran yang berisi publikasi, iklan, promosi, dan berbagai keperluan lainnya. Sedangkan tujuan dari pemasangan banner adalah untuk mempromosikan atau mengiklankan sesuatu sehingga menarik perhatian lebih banyak orang ketika melihatnya. Mengacu pada penjelasan arti banner yang dijelaskan di atas, adapun beberapa fungsi banner di antaranya,
1. Media Informasi; pemasangan banner merupakan cara yang sangat efektif sebagai media informasi kepada khalayak, baik itu banner offline maupun banner di website/ blog.
2. Media Promosi; sama halnya sebagai media informasi, banner juga efektif digunakan sebagai media promosi. Namun, tentu saja pemasangan banner harus berada pada tempat yang strategis dan sering dilihat masyarakat umum.
3. Identitas/ Ciri Khas; banner pada sebuah website/ blog dapat berfungsi sebagai identitas atau ciri khas website tersebut sehingga pengunjung lebih mudah mengingatnya. Banner di website juga bisa menjadi salah satu cara dalam melakukan branding secara online.

E. Jenis Banner
Banner dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan ukurannya.
1. Berdasarkan Ukuran
a. Ukuran Standar. Banner yang berukuran standar biasanya digunakan untuk kepentingan promosi seperti Window pop up. Berikut ini contoh ukuran banner ukuran standar.
a) 300 x 250 IMU/ Pixel – Medium Rectangle
b) 250 x 250 IMU/ Pixel – Square Pop-up
c) 240 x 400 IMU/ Pixel – Vertical Rectangle
d) 336 x 280 IMU/ Pixel – Large Rectangle
e) 180 x 150 IMU/ Pixel – Rectangle

b. Banner dan Buttons. Untuk jenis banner yang ini digunakan pada situs media di internet atau pada blog. Berikut ini beberapa ukuran yang sering digunakan
a) 468 x 60 IMU/ Pixel – Full Banner
b) 234 x 60 IMU/ Pixel – Half Banner
c) 88 x 31 IMU/ PIxel – Micro Bar
d) 120 x 90 IMU/ Pixel – Button 1
e) 120 x 60 IMU/ Pixel – Button 2
f) 120 x 240 IMU/ Pixel – Vertical Banner
g) 125 x 125 IMU/ Pixel – Suara Button
h) 728 x 90 IMU/ Pixel – Leaderboard

2. Berdasarkan Bentuk
a. X-Banner. Banner ini berbentuk huruf X dengan dua tiang penyangga. Biasanya tiang penyangga terbuat dari bahan aluminium ringan sehingga mudah dibawa kemana saja. X-Banner dapat digunakan berulang-ulang dan sangat cocok untuk digunakan untuk indoor maupun outdoor.
b. Mini X-Banner. Mini X-Banner sama bentuknya dengan X-Banner tapi ukurannya lebih kecil. Jenis banner ini biasanya diletakkan di atas meja dan digunakan untuk mempromosikan suatu informasi, misalnya jadwal acara atau menu makanan.
c. Roll Banner. Roll banner berbentuk gulungan (roll), dimana penggunaannya sangat praktis. Banner ini cukup ditarik dari sisi atas ke bawah sehingga terlihat secara keseluruhan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Banner, Ciri, Tujuan, Fungsi, dan Jenisnya"