Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian OCR, Fungsi, Penggunaan, dan Software Gratis OCR

Pengertian OCR, Fungsi, Penggunaan, dan Software Gratis OCR


A. Pengertian OCR (Optical Character Recognition)

OCR (Optical Character Recognition) adalah teknologi yang dapat mengenali tulisan dalam sebuah gambar menjadi data teks yang dapat dibaca dalam sebuah komputer. Baik itu tulisan tangan ataupun tulisan digital. OCR merupakan teknologi yang memungkinkan untuk mengonversi berbagai jenis dokumen, seperti dokumen kertas yang dipindai, file PDF, atau gambar yang diambil dengan kamera digital menjadi data yang dapat diedit dan dicari.

Optical character recognition (OCR) telah dikembangkan untuk mengubah gambar dan teks menjadi data digital yang dapat dibaca oleh mesin menggunakan machine learning. Software akan memindai gambar atau foto, mengenali karakter dan simbol dalam dokumen dan dilatih dalam beberapa bahasa untuk menafsirkan data dan dokumen yang dipindai.

Namun, proses ekstraksi tidak dapat dilakukan oleh OCR itu sendiri. proses ekstraksi hanya dapat menghasilkan gambar hitam putih dengan titik-titik warna yang dikenal sebagai gambar raster. Di sinilah Intellgient Document Extraction (IDE) berperan.

B. Fungsi OCR (Optical Character Recognition)
Fungsi OCR secara umum meliputi di antaranya,
1. Sebagai scanner
Fungsi OCR scanner sendiri adalah untuk memindai dan menghasilkan data berupa karakter dari sebuah objek dalam rangka memudahkan kita. Misal ada sebuah buku dikarenakan halamannya sangat banyak sedangkan menulis akan memakan waktu maka sebuah aplikasi OCR scanner dapat mempermudah pengerjaan kita hanya dengan memindai menggunakan lensa kamera hp.

2. Mengkonvert objek foto atau gambar ke teks atau dokumen
Begitupun dengan gambar yang terdapat karakter yang ada di device kita baik smartphone maupun komputer dapat dengan mudah diconvert ke teks menggunakan aplikasi atau software OCR di komputer. Bahkan sejumlah aplikasi atau software OCR bisa mengkonvert objek photo atau image menjadi teks dan diconvert ke dokumen office baik doc atau pdf.

C. Penggunaan OCR (Optical Character Recognition)
OCR dapat digunakan untuk berbagai aplikasi di antaranya,
1. Memindai dokumen yang dicetak menjadi versi yang dapat diedit dengan pengolah kata, seperti Microsoft Word atau Google Docs.
2. Mengindeks materi cetak untuk mesin pencari.
3. Mengotomatiskan entri data, ekstraksi dan pengolahan.
4. Menguraikan dokumen menjadi teks yang dapat dibacakan untuk pengguna yang memiliki gangguan penglihatan atau tunanetra.
5. Mengarsipkan informasi bersejarah, seperti surat kabar, majalah atau buku telepon, ke dalam format yang dapat dicari.
6. Menyimpan cek secara elektronik tanpa perlu teller bank.
7. Menempatkan dokumen hukum penting yang ditandatangani ke dalam database elektronik.
8. Mengenali teks, seperti pelat nomor, dengan kamera atau perangkat lunak.
9. Menyortir surat untuk pengiriman surat.
10. Menerjemahkan kata-kata dalam gambar ke dalam bahasa tertentu.

D. Software Gratis OCR (Optical Character Recognition)
1. Microsoft OneNote
Microsoft OneNote memiliki sistem OCR yang cukup canggih karena bisa mendeteksi kata baik dari gambar ataupun bentuk scan catatan  tulisan tangan. OneNote sendiri memiliki versi gratis yang diperuntukkan untuk penggunaan personal dan memiliki versi berbayar dengan fitur-fitur tambahan yang ditawarkan.

Kamu hanya perlu membuka file gambar atau dokumen scan , klik kanan dan pilih pilihan “copy text from picture (printout)” dan selesai. Tentu saja, kualitas scan dan gambar akan mempengaruhi kualitas keakuratan teks yang dicopy.

2. Photo Scan
Photo Scan adalah freeware Windows 10 yang memiliki fungsi OCR yang dapat mengolah teks dari sebuah gambar. Dibuat oleh Define Studio aplikasi ini tidak hanya memiliki sistem OCR tetapi juga dapat melakukan scanning dan generate QR Code.

3. a9t9 Software
Satu lagi free software OCR adalah a9t9 Software, software ini merupakan open source software yang dapat Anda temukan di microsoft store dan dapat digunakan oleh siapapun.

Aplikasi ini mendukung 20 jenis bahasa mulai dari bahasa Inggris, Cina, Jepang, Korea, Portugis, dan bahasa lainnya. Aplikasi ini sangat mudah dilakukan pemasangan dan Anda dapat melakukan improvisasi dan penyesuaian program, karena a9t9 adalah open source software.

4. Capture2text
Capture2text juga merupakan software gratis yang memiliki sistem OCR. Untuk mengaktifkan aplikasi ini di laptop atau komputer Anda. Anda hanya perlu menekan tombol keyboard shortcut WinKey + Q untuk mengaktifkan Capture2text dan menggunakan mouse untuk menandakan daerah mana yang ingin kamu ambil.

Capture2text mengadaptasi sistem OCR yang dimiliki oleh google, selain itu aplikasi ini mendukung lebih dari 100 jenis bahasa.

5. SimpleOCR
SimpleOCR adalah salah satu pilihan aplikasi OCR gratis yang dapat Anda temukan di internet. Aplikasi ini selain memiliki versi gratisnya juga memiliki versi berbayar yang tentunya memiliki fitur-fitur tambahan yang tidak dimiliki versi gratisnya.

Versi berbayarnya dapat mengenali huruf secara akurat meskipun kualitas sumbernya kurang bagus atau dalam dokumen memiliki multi kolom.

6. Easy Screen OCR
Aplikasi gratis selanjutnya adalah Easy Screen OCR. Sebenarnya aplikasi ini tidak gratis, tapi kamu bisa menggunakan aplikasi ini sebanyak 20 kali tanpa perlu berlangganan. Jadi apabila hanya sesekali membutuhkan sistem OCR, Easy Screen OCR dapat menjadi pilihan.

7. GoogleDocs
Siapa sangka Google Docs yang semakin sering digunakan saat ini memiliki sistem OCR yang dapat mendeteksi dan mengenali tulisan dalam gambar ataupun dokumen dalam bentuk PDF. Cara menggunakan sistem OCR dalam Google Docs langkah-langkahnya,
a. Login ke dalam google drivemu
b. Masukan atau upload data yang Anda ingin ubah baik itu dokumen PDF atau gambar ke dalam google drive Anda.
c. Klik kanan pada file PDF atau gambar dan pilih pilhan “open with google docs “
d. Dokumen PDF atau gambar Anda akan terbuka dalam google docs dan Anda sudah bisa langsung pengeditan teks. Mungkin ada beberapa kesalahan teks karena kualitas gambar yang kurang jelas.

Google Docs mendukung lebih dari 100 bahasa dan mengenali dokumen atau gambar dengan format JPEG, PNG, GIF, and PDF dengan ukuran files tidak lebih dari 2MB dan text harus memiliki ukuran 10 pixel atau lebih.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian OCR, Fungsi, Penggunaan, dan Software Gratis OCR"