Pengertian Simbol dan Fungsinya

Pengertian Simbol dan Fungsinya
Simbol dan Fungsinya
A. Pengertian Simbol
Simbol dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai lambang; bersimbol diartikan memakai (menggunakan, mempunyai) simbol; menyimbolkan diartikan menjadikan (merupakan) simbol; melambangkan. Simbol berasal dari kata dalam bahasa Yunani symballo yang artinya melempar bersama-sama, melempar atau meletakkan bersama-sama dalam satu ide atau gagasan objek yang kelihatan, sehingga objek tersebut mewakili gagasan.

Simbol dapat mengantarkan seseorang ke dalam gagasan masa depan maupun masa lalu. Simbol diwujudkan dalam gambar, bentuk, gerakan, atau benda yang mewakili suatu gagasan. Meskipun simbol bukanlah nilai itu sendiri, tetapi simbol sangat diperlukan untuk kepentingan penghayatan akan nilai-nilai yang diwakilinya.

Simbol dapat digunakan untuk keperluan apa saja, semisal ilmu pengetahuan, kehidupan sosial, juga keagamaan. Bentuk simbol tak hanya berupa benda kasat mata, tetapi juga melalui gerakan dan ucapan. Simbol juga dijadikan sebagai salah satu infrastruktur bahasa, yang dikenal dengan bahasa simbol.

Simbol paling umum ialah tulisan, yang merupakan simbol kata-kata dan suara. Lambang dapat merupakan benda sesungguhnya, seperti salib (lambang Kristen) dan tongkat (yang melambangkan kekayaan dan kekuasaan). Lambang dapat berupa warna atau pola. Lambang sering digunakan dalam puisi dan jenis sastra lain, kebanyakan digunakan sebagai metafora atau perumpamaan. Lambang nasional adalah simbol untuk negara tertentu.

Pengertian simbol dari beberapa referensi
1. Kamus Webster (1997), simbol sebagai sesuatu yang mewakili atau menjelaskan tentang sebuah bentuk. simbol juga dapat digunakan untuk tanda bagi sebuah obyek. Contohnya adalah bentuk love melambangkan sebuah cinta dan kasih sayang
2. Herbert Blumer (1962), simbol adalah sesuatu yang digunakan untuk saling berinteraksi antarsesama manusia
3. Budiono (2005), simbol itu berasal dari kata symbolos (Bahasa Yunani) yang memiliki arti tanda yang menjelaskan suatu hal kepada seseorang.
4. Talal Asad (1993), simbol merupakan sebuah rangkaian antara benda atau peristiwa yang memiliki warna

B. Fungsi Simbol
1. Simbol dapat membantu manusia dalam benda-benda di alam maupun sosial dengan memberi benda – benda tersebut dengan sebuah nama. Pemberian nama berfungsi dalam membedakan antara satu benda dengan benda yang lain.
2. Sebuah simbol sangat penting untuk membantu Anda dalam memahami lingkungan di sekeliling Anda
3. Simbol dapat dijadikan sarana untuk berpikir
4. Sebuah simbol juga dapat digunakan untuk membantu dalam memecahkan berbagai permasalahan dan membantu memberikan solusi dalam masalah yang Anda hadapi
5. Kehadiran simbol Anda dapat memprediksikan kehidupan di masa lalu dan masa depan. Hal ini juga berlaku untuk menilai diri kita sendiri berdasarkan sudut pandang orang lain
6. Dengan sebuah simbol Anda dapat membayangkan berbagai fakta seperti surga
7. Sebuah simbol juga dapat bermanfaat bagi Anda untuk menghindari dari diperbudak oleh keadaan di sekitar kita


Dari berbagai sumber

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Simbol dan Fungsinya"