Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gopher: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Gopher
Gopher
Pengertian Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Terdapat beberapa macam layanan internet yang saat ini dapat digunakan, mulai dari email (electronic mail), Mailing List, Telnet, File Transfer Protocol, Newsgroup, Internet Relay Chat, World Wide Web (WWW), Gopher, dan masih banyak lagi.

Gopher sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tetapi akhirnya gagal mencapai popularitas. Gopher merupakan perangkat lunak yang disusun dari kumpulan menu-menu yang menjadi sistem pencarian informasi. Biasanya situs yang memakai layanan gopher inilah yang dapat mewakili informasi yang ada.

Layanan gopher ini menggunakan FTP sebagai cara dalam pertukaran file serta Telnet (Tele Networking) pada koneksi-koneksi server tertentu. Protokol gopher ini menawarkan beragam fitur-fitur terbaik namun tidak didukung dengan Native Web. Akan tetapi gopher menggunakan hirarki yang lebih kuat di dalam informasi yang ada di dalamnya.

Gopher memiliki sistem dengan basis menu yang paling dasar dengan menyediakan konektivitas yang mana akan saling menghubungkan antara file-file yang ada di dalam komputer-komputer di internet. File-file tersebut akan tampak seperti direktori berseri yang ada di sekitar menu Gopher, padahal file-file tersebut sebenarnya berada di komputer lainnya.

Tak hanya itu saja, gopher juga menyediakan akses menuju dokumen teks, untuk suara digital dan grafik hanya bisa dimasukkan ke dalam kumpulan dokumen yang didownload terlebih dahulu di komputer lokal. Setelah itu barulah Anda dapat melihatnya sama seperti program lainnya.

Gopher juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses fasilitas lainnya di internet, misalnya saja Telnet yang dapat memudahkan dalam komunikasi jarak jauh.

Fungsi Gopher
Dengan adanya aplikasi gopher, pengguna tidak perlu untuk mengetahui alamat khusus yang ada di komputer yang digunakan. Aplikasi gopher sendiri adalah sistem yang dapat memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses segala situs-situs yang ada.

Tak hanya itu saja, gopher juga merupakan sistem yang memiliki otomatisasi sehingga pengguna dapat mengakses beragam informasi yang ada dengan menggunakan hierarki.

Cara Kerja Gopher
Protokol Gopher memiliki cara kerja yakni melakukan pencarian terhadap dokumen maupun data yang didasarkan pada sebuah teks ataupun text base. Akan tetapi, sebelum melakukan itu, komputer terlebih dahulu harus sudah terhubung dengan koneksi internet yang ada dalam sebuah server Gopher. Setelah itu informasi maupun data akan langsung disimpan.

Jenis perangkat lunak Gopher versi lama cukup rumit, sehingga hal tersebut menyebabkan banyak penggunanya perlahan-lahan mulai meninggalkan layanan Gopher. Meskipun demikian telah dilakukan mengembangkan terhadap protokol Gopher oleh sejumlah mahasiswa yang ada di Universitas Minnesota, yang terletak di Amerika Serikat.

Protokol Gopher itu sendiri memiliki arti sebagai protokol publikasi untuk informasi yang berbasis karakter, agar bisa diakses teks oleh pengguna maka hirarki tersebutlah yang harus digunakan. Protokol Gopher memiliki tampilan yang hampir sama dengan tampilan yang ada di Telnet.

Beberapa contoh protokol Gopher bisa kita jumpai di sebagian perangkat contohnya adalah modem dan router. Gopher memiliki perbedaan dengan web yang mana terletak pada portnya. Jika web memakai port 80 dan dapat menampilkan gambar, Gopher memakai port 70 dan tidak bisa menampilkan gambar alias hanya menampilkan teks saja.

Kelebihan dan Kekurangan Gopher
Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari gopher di antaranya,
Kelebihan dari Gopher
1. Pengguna tidak perlu untuk mengetahui alamat khusus di dalam komputer yang digunakan.
2. Dapat mudah mengakses informasi dengan hierarki
3. Sistem menu yang ada di dalam gopher sangat simple namun interaktif
4. Bekerja sama dengan pihak gopher Indonesia, akan membuat traffic menjadi meningkat dalam situs yang dipergunakan untuk bisnis online. Dan tentu saja ini akan memberikan dampak positif bagi kelancaran bisnis usaha.
5. Target iklan yang terpasang akan jauh lebih terarah
6. Dapat memperluas pemasaran bagi setiap perusahaan atau pelaku bisnis.

Kekurangan Gopher
1. Fasilitas di dalam gopher hanya mampu untuk mengakses informasi yang berbentuk teks saja. Sehingga tidak dapat menampilkan dalam bentuk multimedia.
2. Tampilannya tidak begitu menarik, tidak seperti yang ada pada www.
3. Hanya orang orang tertentu yang cukup mahir saja yang dapat mengaksesnya.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Gopher: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya"