Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Processor Intel Core i9: Pengertian, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Pengertian Processor Intel Core i9
Processor Intel Core i9
Pengertian Processor Intel Core i9
Processor Intel Core i9 atau Intel Core mobile H-series processors Generasi ke-9 adalah seri chip terbaru dari Intel Core™ mobile processors. Intel memperkenalkan series Intel Core i9 pada tahun 2017. Intel Core i9 ini digadang-gadang akan menjadi salah satu alternatif dan sangat direkomendasikan khususnya bagi seorang konten kreator ataupun gamers.

Hadirnya series ini mengungguli processor lain seperti intel core i7 yang telah bertahun-tahun dianggap sebagai processor terbaik. Hal unik yang perlu disorot adalah prosesor gaming Core i9, yang diklaim sebagai processor gaming terbaik di dunia. Core i9 diklaim memiliki kemampuan menaikkan FPS game sebesar 10 persen dari generasi sebelumnya, dan 37 persen dari processor Intel yang telah berumur 3 tahun.

Ada pula fitur Intel Turbo Boost Technology 2.0, fitur untuk menaikkan kemampuan single-core kepada kemampuan maksimalnya (5,0 GHz). Para konten kreator pun diklaim akan lebih 'dimanjakan' dengan teknologi terbaru Core i9, karena dari segi multimedia, prosesor menaikkan kemampuannya sebesar 41 persen ketika merekam game, edit video dan render 34 persen lebih cepat, dan peningkatan proses secara umum sebesar 15 persen dari generasi sebelumnya.

Terdapat 580 juta pemain game PC dan 130 juta content creators masa kini yang peduli dengan performa PC mereka – sebanding dengan tingkat kepedulian mereka terhadap responsiveness daripada PC mereka. Mereka membutuhkan PCs yang mampu untuk menangani berbagai hal – mulai dari memenuhi kebutuhan games AAA yang tinggi sampai dengan mendukung creative works seperti editing, rendering and transcoding video berskala 4K di mana pun mereka berada.

Intel Core i9 menghadirkan performa berkaliber desktop dalam bentuk yang lebih kecil dan menarik. Selain itu, prosesor ini juga menawarkan koneksi nirkabel dengan Wi-Fi 6 AX200 (Gig+) paling cepat dan terpercaya, konektivitas kabel serbaguna yang dilengkapi dengan Thunderbolt 3, serta support untuk teknologi memori Intel® Optane™.

Cara Kerja
Prosesor Intel Core i9 -9980HK adalah Intel® Core™ i9 mobile processor pertama yang menawarkan frekuensi turbo yang dapat mencapai 5 GHz2 dengan Intel® Thermal Velocity Boost. Prosesor ini pun memiliki 8 cores dan 16 threads, dan mendukung smart cache sampai dengan 16MB. Intel Core mobile processors Generasi ke-9 ini dirancang untuk menangani beban kerja dengan tuntutan tinggi untuk memberikan:
1. Rangkaian prosesor yang lengkap– termasuk i5, i7, dan Intel Core i9 -9980HK terbaru3 untuk menghadirkan performa yang lebih baik.
2. Peningkatan performa hingga 33% dibandingkan dengan PC yang berusia tiga tahun.4
3. Peningkatan responsiveness hingga 28%.5
4. Optimisasi performa yang berkesinambungan dengan Intel® Dynamic Tuning untuk semua tipe laptop.

Keunggulan
Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh intel core i9 ini di antaranya,
1. Lebih Stabil dan Cepat
Semakin bagus spesifikasi, secara otomatis akan berbanding lurus dengan performa dari suatu processor. Baterai lebih optimal dan kemampuan koneksi internet pun menjadi super cepat. Intel mengumumkan bahwa dengan cara membagi dua setiap shared chache dapat memperbaiki performa yang ada pada setiap corenya.

Secara teori, Intel Core i9 ini jauh lebih cepat ketimbang Intel Core i7 karena dengan semakin banyak core maka akan semakin baik kinerja multitasking yang dapat dilakukan. Intel Core i9 ini juga lebih dingin dibandingkan core i5, core i7, serta core 2 Quad dengan selisih hampir 8 derajat.

Processor Intel Core i9 dilengkapi dengan teknologi turbo boost di setiap chipnya sehingga dapat dipacu mencapai 5 GHz. Intel Turbo boost sendiri dapat meningkatkan performa dengan cara meningkatkan frekuensi dalam core sesuai perintah secara otomatis.

2. Memimpin dalam jumlah core
Konfigurasi jumlah core yang masif adalah salah satu daya tarik utama yang ditawarkan Intel® Core™ i9. Chip terbaru yang dikembangkan untuk laptop dan desktop ini menjadi prosesor Intel pertama yang menawarkan model 18 core dengan teknologi Hyper-Threading. Banyaknya jumlah tersebut menjadikannya yang pertama di pasar konsumen.

Secara teoritis, semakin banyak core yang dimiliki suatu prosesor, maka semakin banyak tugas yang dapat dilakukan oleh laptop atau PC desktop secara bersamaan. Dengan jumlah tersebut, jelas bahwa prosesor Intel® Core™ i9 adalah jawaban bagi hardware geek yang mendambakan perangkat dengan performa luar biasa.

Ya, prosesor yang hanya ditujukan untuk laptop kelas atas ini memungkinkan kamu bisa menggunakan aplikasi editing video, memainkan AAA terbaru, hingga melakukan multitasking yang berat dengan lancar. Selain itu, teknologi 18 core tersebut juga dapat menjawab kebutuhan Virtual Reality (VR) maupun Mixed Reality (MR).

3. Multitasking Tanpa Hambatan
Series ini memiliki jumlah core dengan konfigurasi yang masif sebagai pesonanya. Serta sebagai pelopor yang menawarkan model teknologi hyperthreading dan core berjumlah 18, sudah jelas memberikan gambaran yang sangat luar biasa. Anda bisa mendapatkan pengalaman gaming hingga 41% lebih baik dari prosesor biasa.

Anda bisa menjalankan game yang berat sembari melakukan streaming, merekam audio maupun vidio, dan HD live stream hingga kecepatan 2,1 kalinya.

4. Cocok bagi Content Creator
Content creator yang biasanya memiliki beban kerja dan keterbatasan waktu pada saat perjalanannya akan sangat terbantu dengan processor Intel i9 ini. Proses pengeditan akan jauh lebih efektif dan efisien hingga 63% jika didukung Intel optane memory H10 with solid-state storage yang memberikan kapasitas muat file dan apps hingga lebih dari 1 TB.

Hal yang lebih kerennya lagi, chip dari Intel Core i9 ini juga mendukung hardware quad-channel DDR4 RAM yang memberikan kapasitas chip memori hingga 128 GB.

5. Mudah di-overclock
Prosesor Intel® Core™ i9 hadir dengan kemampuan fully unclocked dan fitur Intel Thermal Velocity Boost terbaru, yang berarti overclocking menjadi jauh lebih mudah dibandingkan prosesor Intel® Core™ generasi sebelumnya. Selain itu, semua chip ini juga dibekali teknologi Turbo Boost 3.0 yang diperbaharui oleh Intel, sehingga memungkinkan CPU dapat meningkatkan tenaganya dalam waktu singkat tanpa membuat perangkat jadi mudah panas.

Jadi, dengan keunggulan ini, kemampuan overclocking prosesor Intel Core i9 dapat dipacu hingga 4,8GHz. Tentu saja hasil ini mengagumkan karena prosesor monster ini  memungkinkan kamu mendapat peningkatan performa dalam permainan dan aplikasi lainnya.

6. Mendukung Intel Optane Memory dan 4-channel DDR4 RAM
Kebanyakan prosesor Intel® Core™ i9 juga mendukung spesifikasi perangkat keras terbaru, yaitu Intel Optane Memory. Teknologi tersebut tentu akan membantu meningkatkan kecepatan perangkat secara keseluruhan dibandingkan dengan sistem memori tradisional. Sehingga, gabungan antara kinerja Intel® Core™ i9 dan memori Intel Optane memastikan kamu bisa merasakan performa dan responsivitas yang lebih tinggi.

Saat ini, Intel Optane Memory tersedia pada semua Intel® Core™ i9 baik untuk platform mobile maupun desktop. Selain itu, Intel merilis fitur Data Drive Acceleration terbaru yang dapat memberikan tambahan untuk data drive HDD sekunder yang luas. Kombinasi apik ini membuat perangkat 4,7 kali lebih cepat untuk game loading dan 1,7 kali lebih cepat untuk pembuatan media loading.

Menariknya, chip Intel® Core™ i9 turut mendukung quad-channel DDR4 RAM. Keunggulan ini akan memberimu potensi menggunakan chip memori yang berkapasitas super besar hingga 128 GB! Tentunya, di era modern seperti sekarang ini, laptop atau PC dengan kapasitas RAM besar dapat diandalkan untuk semua aplikasi berat dan haus memori.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Processor Intel Core i9: Pengertian, Cara Kerja, dan Keunggulannya"