Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Digital Nomad: Pengertian, Jenis, Tantangan, Kelebihan, Kekurangan, Tips, dan Kesalahannya

Pengertian Digital Nomad
Digital Nomad
Pengertian Digital Nomad
Digital nomad adalah seseorang yang bekerja secara lepas dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi, khususnya internet sehingga tidak terikat oleh waktu dan tempat. Digital nomad telah menjadi sebuah gaya hidup abad ke-21 yang menawarkan sistem kerja berbeda jika dibandingkan dengan pekerjaan konvensional.

Jenis Digital Nomad
Terdapat banyak sekali pekerjaan jenis digital nomad ini, selain jenis pekerjaan yang berhubungan dengan dunia digital ada juga pekerjaan lain yang bisa diintegrasikan dengan internet. Adapun jenis pekerjaan yang paling sering dilakukan oleh digital nomad di antaranya web designer, web developer, programmer, content writer, blogger, digital marketer, entrepreneur, konsultan, youtuber, social media marketing, dan lain-lain.

Tantangan Digital Nomad
1. Sulit Mendapatkan Bantuan Pekerjaan
Saat Anda bekerja secara independen, itu artinya Anda harus bisa melakukan seluruh pekerjaan secara mandiri. Hal ini tidak mudah untuk dilakukan, karena Anda sudah tidak bisa lagi bertanya ataupun meminta bantuan pada rekan kerja bila menemukan masalah pekerjaan, khususnya dalam hal teknis.

Selain itu, adanya perbedaan zona waktu dengan klien ataupun rekan kerja juga akan menjadi masalah tersendiri. Walaupun bentuk komunikasi bisa dilakukan via chat atau email, tapi tidak akan seefektif jika bekerja dalam satu kantor.

2. Kendala Internet
Sebagai seorang digital nomad, kegiatan kerja Anda harus dilakukan secara online. Artinya, Anda harus mempunyai jaringan internet yang memang bisa diandalkan dengan baik. Namun, tentunya tidak semua tempat yang bisa Anda kunjungi memiliki jaringan internet yang baik. Bayangkanlah bila Anda harus mengejar deadline namun jaringan internet Anda bermasalah.

Selain itu, menggunakan jaringan WiFi di tempat umum juga sangat rentan, khususnya bila ada penyusup yang memanfaatkan kelemahan jaringan. Terlebih lagi bila Anda sedang mengakses dokumen rahasia milik perusahaan.

Selain itu, saat Anda bepergian ke berbagai negara, Anda juga harus bersedia mengganti SIM card yang sesuai dengan operator yang ada pada negara tersebut. Belum lagi bila paket internet yang disediakan oleh negara tersebut dibandrol dengan harga yang sangat mahal.

3. Sulit Mendapatkan Tempat yang Nyaman
Menjadi seorang digital nomad memang terdengar menyenangkan karena kita bisa bekerja di berbagai tempat, seperti kafe, villa, hingga di pantai sambil menyaksikan indahnya sunset.

Namun, tidak semua tempat bisa memberikan kenyamanan bekerja. Tempat yang Anda kunjungi bisa saja ramai pengunjung, sehingga Anda akan sulit untuk berkonsentrasi. Terlebih lagi bila Anda tidak mendapatkan tempat ataupun meja yang tidak layak.

4. Sulit Mengatur Produktivitas Jam Kerja
Saat menjadi seorang digital nomad, Anda harus bekerja secara cermat dalam mengelola jam kerja. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk para pemula.

Terlebih lagi bila Anda mengambil banyak proyek dan mempunyai load kerja yang sangat banyak. Potensi untuk kehilangan kesempatan untuk melakukan liburan di tempat tujuan akan menjadi terganggu karena Anda sudah sibuk mengejar deadline pekerjaan.

5. Penghasilan yang Tidak Menjanjikan
Saat memutuskan untuk menjadi seorang digital nomad, maka Anda harus memaklumi bahwa penghasilan Anda  tidak tetap. Akan ada kalanya Anda kebanjiran banyak proyek dan pendapatan Anda pun meningkat. Tapi ada juga saatnya Anda harus menunggu proyek baru dalam kurun waktu yang tentunya tidak pasti.

Untuk itu, Anda harus mampu menjaga hubungan baik dengan para klien. jangan lupa juga mengatur keuangan Anda dengan bijak. Sehingga, kebutuhan Anda sebagai seorang digital nomad akan selalu terpenuhi.

Kelebihan dan Kekurangan Digital Nomad
Kelebihan
1. Tidak terikat dengan waktu sehingga kamu bebas mau bekerja kapan saja. Beberapa digital nomad memanfaatkan waktu liburan sambil bekerja agar semakin enjoy
2. Memiliki keahlian untuk mengatur waktu bermain, bekerja bahkan menabung sekaligus
3. Tidak perlu datang setiap hari ke kantor
4. Kebebasan untuk bersosialisasi dan menghabiskan waktu untuk mengeksplor kemampuan
5. Tidak perlu menghadapi macetnya perjalanan pagi hari ke kantor
6. Memiliki banyak koneksi dari berbagai wilayah bahkan negara

Kekurangan
1. Tidak memiliki penghasilan tetap
2. Jam kerja yang terlalu fleksibel sehingga bisa saja jam istirahat menjadi jam untuk kerja dan sebaliknya
3. Tidak semua tempat memiliki jaringan internet yang baik sehingga kadang pekerjaan menjadi tertunda
4. Selalu berpindah-pindah tempat

Tips Digital Nomad
1. Alasan Kuat Menjadi Digital Nomad
Anda sudah membaca kan kekurangan yang dimiliki ketika menjalani hidup sebagai digital nomad? Maka dari itu sebelum memulainya, tanyalah kepada diri Anda sendiri alasan kenapa ingin menjadi digital nomad? Apakah karena Anda bosan bekerja di kantor? Atau Anda ingin bekerja sambil berlibur?

Apapun kemungkinan alasannya, pikirkan dulu secara matang. Sehingga ketika Anda mengalami hambatan, Anda memiliki motivasi yang kuat untuk tetap menjalankan karier Anda.

2. Pilih Bidang yang Dikuasai
Bekerja sebagai digital nomad tentunya berbeda dengan menjalani pekerjaan pada umumnya. Anda membutuhkan komitmen yang kuat untuk menjalaninya. Maka dari itu pilihlah pekerjaan yang Anda sukai serta kuasai. Jika Anda senang menulis pilihlah pekerjaan blogger atau content writer.

3. Melakukan Uji Coba
Masih ragu untuk mengambil pekerjaan ini? Tenang, jangan buru-buru resign dari tempat kerja sebelumnya. Anda bisa meminta izin libur beberapa hari dan mencoba mencari pekerjaan freelance. Ada banyak situs freelance yang bisa dicoba.

Jika Anda merasa nyaman dan bisa lebih produktif dengan sistem ini, maka Anda bisa melanjutkan bekerja sebagai digital nomad. Namun, jika Anda merasa kurang nyaman, jangan paksakan untuk bekerja sebagai digital nomad. Karena pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk fleksibel namun pandai mengatur waktu.

4. Membuat Rencana dan To Do List
Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa digital nomad harus memiliki manajemen waktu yang baik. Maka dari itu, Anda juga harus bisa membuat manajemen serta perencanaan pekerjaan yang bagus pula. Buatlah to do list sehingga Anda bisa mengerjakan pekerjaan tepat waktu. Yang mana nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kredibilitas Anda pada klien.

5. Bergabung dengan Komunitas Nomad
Ketika menjadi digital nomad, tidak menutup kemungkinan Anda akan merasakan bosan. Maka dari itu bergabunglah dengan berbagai komunitas nomad.

Selain menambah relasi, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk meminta tolong kepada anggota jika Anda mengalami masalah terkait pekerjaan. Apalagi jika anggota lainnya memiliki tujuan yang sama dengan Anda, Anda bisa berbagi rencana.

6. Membuat Portofolio
Sebagai seorang digital nomad, memiliki portofolio sangatlah penting. Portofolio adalah dokumentasi hasil karya yang pernah Anda buat. Entah itu karya yang Anda kerjakan di tempat sebelumnya ataupun karya yang belum terpublikasi sebelumnya.

Dengan portofolio ini akan mempermudah, perusahaan untuk merekrut Anda. Karena ada bukti hasil karya yang telah Anda buat. Portfolio ini juga bisa menjadi acuan untuk menentukan gaji Anda.

7. Menyiapkan Tabungan
Karena bekerja lepas maka tidak ada jaminan untuk menghasilkan uang. Pada waktu tertentu mungkin Anda mendapatkan job yang banyak dan penghasilan tinggi. Namun di lain waktu job Anda sepi dan penghasilan seret. Maka dari itu Anda perlu menyiapkan tabungan untuk menyiapkan kondisi terburuk. Sehingga Anda masih bisa bertahan hidup.

8. Membatasi Waktu Bersantai
Dengan menjalani pekerjaan seperti ini, maka kemungkinan besar Anda akan memiliki waktu luang. Maka dari itu batasi diri Anda untuk bersantai atau berlibur.

Jangan sampai pekerjaan Anda terbengkalai karena sibuk berlibur. Anda pun bebas berlibur namun jangan lupa untuk memperhatikan pengeluaran. Jangan sampai pasak lebih besar dari pada tiang. Sesuaikan pengeluaran dengan pemasukan yang masuk.

9. Manfaatkan Sarana Digital Dengan Maksimal
Social Media ternyata seperti dua sisi mata pisau. Jika Anda bisa menggunakannya dengan baik, maka Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Gunakan sosmed ini untuk memperlebar jaringan pekerjaan dengan cara mempromosikan diri. Jangan lupa juga siapkan CV yang menarik.

Kesalahan Digital Nomad
Beberapa bentuk kesalahan yang sebaiknya dihindari ketika menjadi digital nomad di antaranya,
1. Membeli Barang Mewah
Tidak ada yang salah ketika Anda membeli barang mewah dari jerih payah Anda sebagai digital nomad. Namun, momen traveling seringkali membuat Anda membeli barang mewah yang tidak sesuai kebutuhan dan anggaran Anda.

Sebagai contoh, membeli kamera mahal agar memiliki foto-foto yang keren. Atau membeli perlengkapan traveling dengan kualitas premium. Padahal, penghasilan yang didapatkan belum cukup besar.

2. Tidak Memiliki Tabungan yang Cukup
Banyak pemula yang menganggap kehidupan digital nomad pasti berjalan mulus. Artinya, selalu ada project yang datang dari klien. Padahal, tidak selalu demikian. Itulah kenapa penting untuk memiliki tabungan yang cukup. Sebab, jika menghadapi masa sulit, Anda sudah siap. Sayangnya, hal ini masih sering diabaikan oleh orang yang baru terjun menjadi digital nomad.

3. Tidak Memiliki Waktu yang Cukup untuk Beristirahat
Beberapa orang sering menyelesaikan seluruh pekerjaan dalam satu waktu. Tujuannya, agar memiliki sisa waktu banyak untuk travelling. Namun, memaksakan diri untuk bekerja tanpa jeda, justru akan membuat Anda mudah lelah, bahkan stres akibat burn out.

Itu sebabnya, buat rencana kerja yang matang. Atur waktu istirahat Anda dengan baik. Selain akan menghasilkan pekerjaan yang sesuai harapan, waktu untuk travelling pun bisa lebih optimal.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Digital Nomad: Pengertian, Jenis, Tantangan, Kelebihan, Kekurangan, Tips, dan Kesalahannya"