Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Entrepreneur, Ciri, Sifat, dan Kelebihannya

Pengertian Entrepreneur, Ciri, Sifat, dan Kelebihannya


A. Pengertian Entrepreneur

Secara etimologi istilah entrepreneur berasal dari bahasa Perancis entreprendre yang artinya berusaha. Lalu dari terminologinya, entrepreneur bisa disebut sebagai pengertian entrepreneurship dari istilah adalah sebuah disiplin ilmu yang membahas tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantang hidup untuk mendapatkan peluang dengan berbagai risiko yang dialaminya.

Secara sederhana entrepreneur merupakan orang yang menjalankan kegiatan wirausaha yang mempunyai ciri-ciri berbakat dalam pengelolaan dan manajemen suatu bisnis usaha yang dijalankan. Entrepreneur atau pengusaha adalah orang yang melakukan kegiatan wirausaha di mana biasanya orang tersebut memiliki bakat dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, membuat standar operasional, memasarkan produk, dan bisa mengatur modal untuk operasional.

Untuk bisa menjadi seorang entrepreneur, seseorang harus punya kemampuan berpikir kreatif dan imajinatif saat melihat sebuah peluang usaha. Selain itu, Seorang entrepreneur biasanya memberikan manfaat kepada orang lain di sekitarnya melalui usaha yang dibangunnya. Seorang entrepreneur akan mengubah barang biasa menjadi barang yang luar biasa. Produknya selalu diingat oleh customer dan ia memiliki manajemen bisnis yang sangat rapi.

Entrepreneur Menurut Para Ahli
1. Suryana, entrepreneur adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan dan menari peluang dari masalah yang dihadapi oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari.
2. Drucker, entrepreneur adalah seseorang yang mampu memanfaatkan peluang.
3. Schumpeter, entrepreneur adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut.
4. Sarosa (2005:2), entrepreneur adalah seseorang yang memiliki visi, semangat dan melakukan suatu tindakan yang dapat dibuktikan atau secara nyata dalam dunia usaha untuk menciptakan dan mengembangkan sendiri sumber pendapatan atau incomenya tanpa harus bergantung kepada orang lain.
5. Thomas W. Zimmerer (2008), entrepreneur adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya untuk memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi setiap hari.
6. Hisrich (2004:9), entrepreneur adalah suatu kemampuan mengelola sesuatu yang ada dalam diri anda untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal sehingga dapat meningkatkan taraf hidup anda di masa mendatang.
7. Hendro dan Chandra W.W (2006), entrepreneur adalah suatu kemampuan mengelola sesuatu yang ada dalam diri Anda untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal sehingga dapat meningkatkan taraf hidup Anda di masa mendatang.
8. Andre J. Dubrin (2008), entrepreneur adalah seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif.
9. Kamus Merriam-Webster, entrepreneur adalah seseorang yang mengorganisir dan menanggung suatu risiko bisnis atau usaha.

B. Ciri Entrepreneur
Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ciri-ciri atau karakteristik dari entrepreneur adalah seseorang yang mempunyai jiwa kewirausahaan yang dibangun dan dikembangkan antara ilmu dan kemampuan pasar. Secara umum, ciri-ciri yang harus dimiliki oleh seorang Entrepreneur di antaranya,
1. Creation, yakni membuat suatu peluang bisnis dan peluang yang ada
2. Innovation, yakni melakukan pengembangan bisnis inovasi pada lingkungan bisnisnya yang mencakup produk-produk baru, proses, market, material dan organisasi.
3. Risk Undertake, masing-masing entrepreneur menerima dan mengambil risiko bahwa bisnis yang dilakukannya akan mengalami kerugian atau kegagalan
4. General Management, pemilik bisnis harus dapat melakukan pengelolaan dan pengalokasian semua sumber dayanya yang terbatas
5. Performance Intention, menciptakan pertumbuhan yang tinggi dan memperoleh laba atau keuntungan.

C. Sifat Entrepreneur
Alma (200:53) menyatakan sifat yang harus dimiliki seorang entrepreneur supaya sukses dalam usaha atau bisnisnya di antaranya,
1. Percaya Diri, seorang entrepreneur harus mempunyai sifat yang percaya diri yang diawali dari diri sendiri yang mantap, tidak mudah terombang-ambing oleh opini dan saran orang lain tetapi memakai saran sebagai masukkan.
2. Berorientasi pada Tugas dan Hasil, seorang entrepreneur harus fokus terhadap prestasi yang hendak diraih, jangan mengedepankan prestise atau gengsi.
3. Berorientasi Pada Masa Depan, seorang entrepreneur harus mempunyai visi ke depan atau berpikir ke depan, hal itu karena dalam melakukan usaha tidak hanya untuk didirikan sementara tetapi selamanya, sehingga sebelum mendirikan usaha atau bisnis haruslah dilakukan perencanaan dan strategi yang matang.
4. Pengambilan Risiko, cara pengambilan risiko akan mempengaruhi hal penting pada dunia wirausaha yang penuh dengan risiko dan tantangan. Hal yang harus diperhatikan adalah bahwa bagaimana seseorang entrepreneur mengambil risiko dengan penuh pertimbangan.
5. Kepemimpinan, dalam diri seorang entrepreneur harus mempunyai jiwa kepemimpinan. Seorang pemimpin yang baik harus mendengar saran dan kritik dari bawahannya demi majunya kinerja perusahaan.
6. Keorisinilan, menjadi entrepreneur yang tidak hanya menjadi pengikut untuk orang lain, mempunyai pendapat sendiri, ide yang orisinal dan bisa mewujudkan ide tersebut.
7. Kreativitas dan Inovasi, kreativitas merupakan kemampuan pengembangan ide baru dan menemukan cara baru dalam melihat peluang ataupun dalam bentuk permasalahan yang akan dihadapinya. Sedangkan inovasi yaitu kemampuan untuk memakai solusi kreatif dalam mengisi peluang sampai mampu membawa manfaat untuk kehidupan masyarakat.

D. Kelebihan Entrepreneur
Kelebihan menjadi seorang entrepreneur yang paling mudah kita lihat dari seseorang adalah keunggulan mereka dalam cara pandang terhadap lingkungannya. Ketika orang biasa menganggap sebuah masalah adalah kesulitan hidup, orang yang berjiwa entrepreneurship melihat sebuah masalah sebagai peluang usaha. Mereka akan menciptakan sebuah solusi yang bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut dan menciptakan sebuah bisnis yang menguntungkan. Berikut ini beberapa kelebihan menjadi seorang entrepreneur di antaranya,
1. Mereka punya kesempatan untuk mewujudkan impian pribadi
2. Punya kesempatan untuk menciptakan perubahan pada diri sendiri dan lingkungannya
3. Mereka dapat memaksimalkan potensi diri
4. Mendapatkan keuntungan baik secara finansial maupun kualitas hidup
5. Mereka bisa memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungannya
6. Bisa melakukan banyak hal yang disukai dan memanfaatkannya untuk hal-hal baik
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Entrepreneur, Ciri, Sifat, dan Kelebihannya"