Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dashboard Blogger: Pengertian, Cara Masuk, dan Fungsi Menunya

Pengertian Dashboard Blogger
Dashboard Blogger
Pengertian Dashboard Blogger
Dashboard (dasbor) blogger adalah istilah yang digunakan untuk menyebut halaman admin blog. Halaman dashboard umumnya hanya bisa diakses penuh oleh admin atau pemilik blog. Namun, Anda bisa juga memberikan akses terbatas kepada para penulis, editor, atau orang-orang tertentu yang dipercaya sebagai kontributor.

Semua platform blog atau website seperti WordPress, Joomla, drupal dan lain-lain juga memiliki dashboard ini yang digunakan untuk mengelola berbagai keperluan website seperti konfigurasi, update konten, dan lain sebagainya.

Setiap dashboard dari berbagai platform memiliki berbagai fitur yang berbeda. Namun secara sederhana memiliki fungsi yang sama yaitu mengelola website.
 
Cara Masuk ke Dashboard Blogspot
Berikut langkah-langkah untuk mengakses dasbor blogger di antaranya,
1. Buka halaman blogger.com
2. Masuk dengan cara klik tombol Sign In/Login
3. Masukkan Username dan Password akun Google.
4. Setelah berhasil Login, maka otomatis Anda akan diarahkan ke halaman dashboard blogspot atau dasbor blogger.
5. Selesai

Fungsi Menu Pada Dasbor Blogger
Berikut beberapa fungsi menu dashboard blogger di antaranya,
1. Menu post dashboard blogger
Post, memiliki fungsi  untuk mengelola konten atau postingan blog. Pada menu ini, Anda bisa mengedit, menghapus dan mempublikasikannya. Menu Post akan menampilkan list postingan yang berisikan informasi tentang statistik kunjungan, jumlah komentar, tanggal postingan, kategori dan juga siapa penulisnya.

2. Menu Statistik
Pada menu Statistik akan memberikan tampilan statistik kunjungan dari blog. Jika menggunakan Blogger, Anda akan mendapatkan fitur yang bisa digunakan untuk melihat seberapa besar pengunjung website atau blog.

Mulai dari statistik kunjungan hari, bulan dan tahun hingga statistik keseluruhan waktu kunjungan (all time). Bahkan, pada versi terbaru sudah dilengkapi dengan statistik postingan, komentar, dan juga jumlah followers.

3. Menu Comments
Komentar dari pengunjung pada postingan memberikan interaksi khusus antara penulis dan pengunjung. Dengan adanya komentar yang masuk, artinya adalah konten yang Anda miliki menarik bagi pembaca.

Pada menu ini, Anda bisa melakukan moderasi, membalas, dan menghapus komentar dari pengunjung. Semakin banyak komentar maka semakin baik dan menarik artikel yang Anda terbitkan.

4. Menu Earnings
Earning atau pendapatan adalah menu yang paling menarik bagi para blogger yang ingin mendapatkan penghasilan. Seperti yang diketahui, bahwa Google memiliki jaringan iklan AdSense yaitu untuk bisa menampilkan iklan dari Google dan mendapatkan uang.

Jika blog Anda sudah ramai pengunjung dengan jumlah artikel yang lumayan maka bisa untuk mendaftarkan diri ke Google AdSense melalui menu ini.

5. Menu Pages
Untuk kelengkapan website, tentunya ada halaman pendukung seperti About Me, Kontak, Privacy Policy, atau Disclaimer. Nah pada menu Pages ini Anda bisa membuat halaman statis untuk kelengkapan website atau blog.

6. Menu Layout Dashboard Blogger
Menu layout ini bertujuan untuk kostumisasi dari tampilan blog. Caranya cukup dengan  drag and drop. Anda bisa mengatur tata letak dari setiap menu yang ada di blog dengan sangat mudah. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan widget yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

7. Menu Theme
Pada menu ini, Anda bisa mengubah tampilan tema blog sesuai keinginan. Ada beberapa template default yang bisa digunakan. Atau kalian bisa mengunggah template dari pihak ketiga untuk memodifikasi tema blog. Jika sudah paham bahasa pemrograman web, Anda bisa mengedit kode-kode html yang tersedia.

8. Menu Setting Blogger
Untuk melakukan pengaturan blog, Anda bisa menggunakan menu yang satu ini. Menu setting berguna untuk mengatur beberapa hal utama. Mulai dari pemberian judul atau nama blog, deskripsi, bahasa blog, akses admin, editor, atau author.

Anda juga bisa melakukan pengaturan lain. Seperti mengatur Google Search Console, mengatur jumlah postingan yang akan ditampilkan dan lain sebagainya.

Dan yang paling sering dicari para blogger adalah pada bagian custom domain yaitu untuk mengubah dari .blogspot.com menjadi domain TLD .COM.

9. Reading List
Menu ini mungkin menjadi bagian yang cukup jarang digunakan. Apalagi jika Anda merupakan blogger newbie yang belum memfollow blog orang lain. Di sini Anda akan menemukan suguhan artikel dari berbagai blog yang sudah di follow. Fungsi utamanya yakni untuk memudahkan jika Anda ingin melakukan blogwalking.

Dari berbagai sumber

Baca Juga: Blogger: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Fitur, Keunggulan, dan Cara Membuatnya

Download

Lihat Juga 

Cara Membuat Blogger
Berikut beberapa tutorial tentang bagaimana membuat dan mempercantik blogger menjadi website profesional di antaranya,
Cara Membuat dan Mempercantik Tampilan Blogger Menjadi Website Profesional (Bagian 1)
Cara Membuat dan Mempercantik Tampilan Blogger Menjadi Website Profesional (Bagian 2)
Cara Membuat dan Mempercantik Tampilan Blogger Menjadi Website Profesional (Bagian 3)
Cara Membuat dan Mempercantik Tampilan Blogger Menjadi Website Profesional (Bagian 4)
Cara Membuat dan Mempercantik Tampilan Blogger Menjadi Website Profesional (Bagian 5)
Cara Membuat dan Mempercantik Tampilan Blogger Menjadi Website Profesional (Bagian 6)

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Dashboard Blogger: Pengertian, Cara Masuk, dan Fungsi Menunya"