Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Impression: Pengertian, Fungsi, Jenis, serta Perbedaannya dengan Reach dan Engagement

Pengertian Impression
Impression

Pengertian Impression
Impression (tayangan) adalah jumlah total dari konten ditampilkan kepada pengguna baik di klik ataupun tidak, terlepas dari keterlibatan mereka terhadap konten tersebut jumlah Impression akan tetap terhitung. Jumlah Impression yang semakin besar tentu akan meningkatkan jumlah tampilan pada target audiensnya.

Misalnya jumlah Impression yang didapat ada dua ratus maka artinya konten tersebut sudah ditayangkan dua ratus kali.

Fungsi Impression
1. Untuk Melacak Konten
Impression lebih menekankan fungsinya pada pelacakan konten yang dimiliki. Dilihat dari jumlah Impression yang naik atau turun akan menjadi acuan untuk mengoreksi kesalahan yang ada pada konten.

Dengannya, Anda bisa mulai untuk memperbaiki isi konten agar mendapatkan Impression yang bagus. Impression yang meningkat tentu menjadi keuntungan sendiri bagi si pemilik konten tersebut.

2. Memperbaiki Konten
Impression bisa digunakan dalam melakukan perbaikan konten, Anda bisa melihat pada iklan yang tayang baik dalam jumlah banyak atau tidak. Untuk menghindari kekhawatiran terhadap pengguna internet yang kewalahan karena iklan di konten yang terlalu banyak, Anda bisa menggunakan impression untuk mengukur hal tersebut dan menguranginya.

Jenis Impression
1. Served Impression. Jenis ini jadi salah satu jenis yang mengandalkan data organik yang ada, namun Impression jenis ini juga mampu digunakan dalam peninjauan terhadap performa konten milik Anda.
2. Viewable Impressions. Jenis ini memiliki Impression menggunakan beberapa data untuk membantu melihat performa konten, data tersebut terkumpul menggunakan perangkat user sehingga bisa melakukan upaya untuk menyempurnakan kembali hitungannya.

Perbedaan Reach, Engagement, dan Impressions
Reach, engagement, dan impressions adalah tiga istilah yang sering muncul di sosial media khususnya mengenai analitik konten. Perbedaan ketiganya, reach adalah jumlah orang yang melihat sebuah konten. Oleh karena itu, meskipun konten tersebut dilihat dua kali oleh orang yang sama, angka reach tidak akan meningkat.

Sementara, impressions merupakan jumlah berapa kali konten tersebut ditampilkan. Tidak heran jika angka reach bisa melebihi jumlah follower yang dimiliki di media sosial. Sementara, engagement adalah jumlah interaksi pengguna dengan konten yang sudah di-post, seperti ketika mereka meninggalkan like, komentar, membagikan konten tersebut, atau me-retweet.

Baca Juga:

1. Reach: Pengertian, Fungsi, Jenis, serta Perbedaannya dengan Impressions dan Engagement

2. Engagement: Pengertian, Sejarah, Pengukuran, Cara Meningkatkan, sera Perbedaannya dengan Reach dan Impressions

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Impression: Pengertian, Fungsi, Jenis, serta Perbedaannya dengan Reach dan Engagement"