Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sitemap HTML: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Pengertian Sitemap HTML
Sitemap HTML Sosial79
Pengertian Sitemap HTML
Sitemap HTML adalah sebuah halaman khusus berisi daftar judul artikel dan link aktif yang bisa diklik. Tujuan dari sitemap HTML adalah untuk memudahkan proses navigasi pengguna. Pengunjung situs dapat membuka sitemap tadi untuk menemukan topik yang tidak dapat mereka temukan dengan menelusuri situs atau menavigasi melalui menu situs. Bahkan, beberapa blogger memanfaatkan halaman sitemap HTML sebagai landing page jika ada halaman error 404 yang perlu di redirect.

Fungsi Sitemap HTML
Berikut beberapa alasan fungsi maupun manfaat menambahkan atau menyimpan sitemap HTML di antaranya,
1. Mengatur dan mengembangkan situs web
Situs web Anda mempunyai peluang akan bertambah besar seiringnya waktu. Baik itu menambahkan foto dan informasi produk untuk e-commerce Anda, memperluas artikel Anda, merubah suai portofolio dan hasil karya Anda, semuanya memungkinkan bagi web menjadi besar. Ini tentunya membutuhkan dukungan yang tepat karena berpotensi menimbulkan kebingungan bagi pengunjung yang kemudian bingung mau kemana atau apa yang Anda tawarkan.

Sitemap HTML di sini bekerja dengan cara yang mirip dengan toko serba ada atau peta pusat perbelanjaan. Integrasi sitemap adalah cara terbaik bagi orang yang memelihara sitemap untuk memeriksa setiap halaman dan memastikannya memiliki tautan yang tepat bagi sebuah situs. Jadi sitemap adalah direktori untuk pengguna yang tidak dapat menemukan halaman yang mereka cari di sebuah situs yang dibedakan menjadi beberapa kategori dan link yang sesuai dengan website tersebut.

2. Mengatur dan merancang website
Dasarnya, sebuah sitemap adalah blue print dari rancangan pembangunan situs web Anda. Di samping juga menjadi alat manajemen proyek sitemap juga dapat mengawasi struktur dan koneksi antara halaman dan sub halaman. Ini juga merupakan fungsi untuk dapat memastikan bahwa Anda memiliki hierarki dan taksonomi yang tepat untuk situs Anda. Penerapan sitemap akan membuat situs web Anda terorganisir dengan baik dan semua menu maupun link tersusun rapi.

3. Mempercepat dan mempermudah pekerjaan crawling mesin telusur
Anda tentu ingin mempercepat dan mempermudah pekerjaan crawling mesin telusur, termasuk menemukan konten Anda dan memindahkannya ke antrean perayapan. Meskipun sitemap XML hanyalah daftar tautan, tautan HTML sebenarnya adalah cara yang lebih disukai crawling penelusuran untuk dapat menemukan web Anda.

Di sini sitemap HTML membantu menarik perhatian ke konten tersebut dengan menyoroti halaman terpenting situs web Anda selain Anda juga dapat mengirimkan versi teks peta situs Anda ke Google.

4. Meningkatkan visibilitas mesin pencari
Pada beberapa situs web, Google dan mesin telusur lainnya mungkin tidak benar- benar dapat mengindeks setiap laman web. Misalnya, jika Anda memiliki tautan di salah satu laman web Anda, bot penelusuran dapat memilih untuk mengikuti tautan itu. Bot tadi ingin memverifikasi bahwa tautan tersebut valid namun dengan begitu, bot tidak akan pernah kembali untuk terus mengindeks halaman yang tersisa.

Kegunaan sitemap HTML dapat mengarahkan bot ini untuk mendapatkan gambaran keseluruhan situs Anda dan mempertimbangkan semua halaman dan dapat memfasilitasi pekerjaan bot. Taksonomi dan hierarki tidak hanya membantu pengguna menemukan semua link menu, tetapi juga sangat penting bagi crawler penelusuran.

5. Sitemap HTML Bagus buat SEO
Menurut para praktisi SEO seperti Semrush, sitemap atau peta situs HTML adalah file yang mencantumkan semua halaman penting situs web Anda yang ingin diindeks oleh mesin pencari seperti Google dan Bing.

Pengindeksan mengacu pada bagaimana mesin pencari mengumpulkan halaman arahan Anda dan menyimpannya di database mereka. Mesin pencari merujuk ke database ini untuk menanggapi permintaan mesin pencari pengguna. Itu artinya, halaman daftar isi berisi sitemap HTML bagus buat SEO blog.

Cara Kerja Sitemap HTML
Cara kerja sitemap HTML di situs web tidak hanya untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari Anda. Pengguna situs web juga merasa terbantu untuk melihat organisasi situs web secara lengkap ketika mereka mengakses sitemap tadi. Ini akan membuat navigasi lebih mudah, dan mereka merasa situs Anda lebih teratur, yang akan mempermudah pencarian di situs tersebut.

Dengan adanya sitemap juga membantu Anda memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih langsung jika mereka tidak dapat menemukan sesuatu. Sebuah sitemap yang jelas, Anda dapat memeriksa item yang hilang di situs dan memastikan item tersebut ditambahkan, yang membantu pengguna akhir mendapatkan apa yang mereka cari. Karena informasi ditambahkan ke peta situs HTML, akan mudah ditemukan dan upaya membuat sumber daya itu tidak perlu diduplikasi hanya karena halaman web yang kusut dan membingungkan pengunjung.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Sitemap HTML: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya"