Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sitemap XML: Pengertian, Macam, dan Manfaatnya

Pengertian Sitemap XML
Sitemap XML
Pengertian Sitemap XML
Sitemap XML (peta situs) adalah file XML yang berisi daftar semua URL situs web Anda dan informasi tambahan tentang URL yang tercantum di dalamnya. Dengan kata lain, sitemap XML merupakan sebuah file yang menyediakan informasi secara detail yang berada di seluruh halaman website pemilik kepada mesin pencarian yang dapat diakses semua pengguna internet.

File sitemap XML dalam file XML yang disimpan ke web server Ini berisi daftar semua subhalaman milik situs web. File-file ini membantu mesin pencari untuk mempelajari lebih lanjut tentang struktur situs web. Ini mempercepat proses perayapan oleh bot dan mengurangi kemungkinan perayap akan mengabaikan subhalaman.

Setelah halaman website terindeks, mesin pencarian menggunakan informasi yang ada pada halaman web tersebut untuk memberi peringkat pada mesin pencarian. Dalam sitemap XML juga terdapat metadata yang dapat memberi tahu kepada pengguna informasi tertentu dan kapan terakhir kali diperbaharui.

Macam Sitemap
1. XML Sitemap Indeks. Sitemap XML memiliki beberapa di antaranya,
a. Maksimal 50.000 URL
b. Batas ukuran file terkompresi 50MB

Sitemap dapat dikompres untuk menghemat bandwith server. Agar tidak melampaui batas pengguna dapat membagi URL menjadi beberapa sitemap XML. Kemudian sitemap tersebut akan digabungkan menjadi satu file indeks yang nantinya akan menjadi indeks dari halaman web yang dimiliki, biasanya akan menjadi sebuah file dengan nama sitemap-index.xml.

2. XML Sitemap Image
Sitemap XML dirancang untuk meningkatkan indeksasi konten yang terdapat gambar. Namun sitemap XML Image tidak begitu diperlukan bagi sebagian besar website, namun sangat diperlukan ketika pengguna memiliki website penyedia stok foto atau e-commerce.

3. XML Sitemap Video
Pada dasarnya sitemap ini sama seperti sitemap XML Image, ketika sebuah website tidak terdapat konten yang mengandung unsur video yang dapat mendobrak bisnisnya, maka sitemap ini tidak perlu digunakan.

4. HTML Sitemap
HTML Sitemap memiliki pengertian yang hampir mirip dengan XML Sitemap. Jika XML Sitemap berfokus pada mesin pencarian, maka HTML Sitemap lebih berfokus kepada pengguna untuk menemukan konten. Umumnya HTML sitemap dapat ditemukan pada bagian footer sebuah halaman web.

Manfaat Sitemap XML
Sitemap XML pada sebuah website memiliki beberapa manfaat yang baik untuk perkembangan website untuk kedepannya di antaranya,
1. Semua halaman pada website yang dimiliki dapat ditemukan oleh mesin pencarian
2. Memberikan prioritas untuk halaman web yang paling penting untuk menaikkan peringkat pada mesin pencarian.
3. Membantu mesin pencarian untuk memahami struktur halaman web yang digunakan untuk pengindeksan pada mesin pencarian
4. Mendapatkan kepercayaan dari pengunjung website dan google
5. Mempermudah pencarian website yang dimiliki
6. Meningkatkan bisnis yang dimiliki

Dari berbagai sumber

Baca Juga: HTML (Hypertext Markup Language): Pengertian, Sejarah, Fungsi, Kerangka Inti, dan Cara Kerjanya

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Sitemap XML: Pengertian, Macam, dan Manfaatnya"