Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sitemap: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Pengertian Sitemap
Sitemap
Pengertian Sitemap
Sitemap atau peta situs adalah model konten situs web yang dirancang untuk membantu pengguna dan mesin pencari navigasi situs. Sitemap dapat berupa daftar halaman hierarkis dengan tautan yang diatur berdasarkan topik, bagan organisasi, atau dokumen XML yang menyediakan instruksi untuk bot perayapan mesin telusur.

Sitemap merupakan salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam situs web. Dengan begitu, mesin Google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sitemap ini diperlukan agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya.

Meskipun peta situs tidak menjamin bahwa setiap halaman situs akan dirayapi, mesin pencari utama tetap merekomendasikannya. Peta situs juga sangat penting untuk situs yang menggunakan menu Adobe Flash atau JavaScript yang tidak menyertakan tautan HTML.

Google memperkenalkan Google Sitemaps untuk membantu perayap web menemukan halaman dinamis, yang biasanya terlewatkan. Bahkan semua mesin pencari lainnya juga mendukung protokol ini yang mana akan membuat situs web bisa terlihat.

Sitemap juga memiliki peran penting dalam SEO (Search Engine Optimization). Dalam hal ini bot atau perayap dari mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo akan dapat menemukan halaman melalui tautan internal. Tetapi ada kemungkinan besar bahwa halaman penting Anda dapat ditinggalkan selama proses perayapan jika tautan internal tidak benar.

Tidak ada pemilik situs web maupun blog baik itu bisnis atau individu yang ingin halaman penting mereka dibiarkan tidak terindeks. Untuk menghindari risiko tersebut, selalu disarankan untuk memiliki peta situs XML, karena berisi semua URL situs web untuk dirayapi.

Fungsi Sitemap
Fungsi utama dari Sitemap tentunya agar website mudah diketahui oleh Google. Selain itu, Sitemap berfungsi agar website mudah terindeks di dalam situs mesin pencari atau Google. Membuat Sitemap di awal berdirinya sebuah website bakal sangat penting dalam kelancaran pembuatan artikel.

Misalnya jika kita memiliki website baru dan ingin melakukan input artikel dalam jumlah yang sangat besar, keberadaan Sitemap bakal sangat membantu untuk memasukkan ke dalam indeks Google. Kemudian, jika kita lupa membuat sebuah Sitemap, website atau artikel tetap bisa terindeks oleh Google, tetapi dalam jangka waktu yang lama dan sangat tidak efektif secara urutan.

Jenis Sitemap
Terdapat empat jenis sitemap utama di antaranya,
1. Normal XML Sitemap, adalah jenis sitemap yang paling umum. Biasanya dalam bentuk sitemap XML yang tertaut ke berbagai halaman di situs web Anda.
2. Video Sitemap. Digunakan secara khusus untuk membantu Google memahami konten video di halaman Anda.
3. News Sitemap. Membantu Google menemukan konten di situs yang disetujui untuk Google News.
4. Image Sitemap. Membantu Google menemukan semua gambar yang dihosting di situs Anda.

Cara Kerja Sitemap HTML
Cara Kerja Sitemap HTML
Cara Kerja Sitemap HTML
Cara kerja sitemap HTML di situs web tidak hanya untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari. Pengguna situs web juga merasa terbantu untuk melihat organisasi situs web secara lengkap ketika mereka mengakses sitemap tadi. Ini akan membuat navigasi lebih mudah, dan mereka merasa situs Anda lebih teratur, yang akan mempermudah pencarian di situs tersebut.

Dengan adanya sitemap juga membantu Anda memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih langsung jika mereka tidak dapat menemukan sesuatu. Sebuah sitemap yang jelas, Anda dapat memeriksa item yang hilang di situs dan memastikan item tersebut ditambahkan, yang membantu pengguna akhir mendapatkan apa yang mereka cari. Karena informasi ditambahkan ke peta situs HTML, akan mudah ditemukan dan upaya membuat sumber daya itu tidak perlu diduplikasi hanya karena halaman web yang kusut dan membingungkan pengunjung.

Cara Mengirimkan Sitemap Ke Search Engine
Setelah berhasil membuat peta situs untuk situs web, peta situs harus diserahkan ke mesin pencari utama secara manual. Sedangkan mesin pencari yang ingin Anda gunakan akan bergantung pada preferensi Anda atau bisa dikirim ke semua mesin pencari yang ada di dunia saat ini.
1. Cara Mengirimkan Sitemap Ke Google
a. Masuk ke Google Webmaster Tools sama seperti Anda masuk ke fitur Google lainnya.
b. Tekan “Tambahkan Situs (Add a Site)” dan berikan URL ke situs Google di kotak pop-up. Kemudian tekan lanjutkan.
c. Pada halaman yang terbuka setelahnya, tekan tombol radio tepat setelah “Tambahkan Meta Tag (Add Meta Tag).”
d. Salin tag Meta dari kotak instruksi karena akan menggunakan ini nanti.
e. Buka tab baru di browser dan buka situs yang ingin Anda verifikasi.
f. Tekan “Tindakan Lainnya (More Actions)” dan klik “Kelola Situs (Manage the Site)” dari daftar.
g. Klik kotak Umum/General dari tab yang terletak tepat di bawah tab Pengaturan Situs/Site Setting.
h. Sekarang tag Meta yang disalin dari kotak instruksi harus ditempelkan di tempat tepat di sebelah Verifikasi.
i. Simpan perubahan.
j. Buka Webmaster Tools tempat tag Meta disalin.
k. Tekan tombol Verifikasi.
 
2. Cara Mengirimkan Sitemap Ke Bing
a. Masuk ke Windows Live Account.
b. Arahkan ke Pusat Master Bing/Bing Master Center.
c. Tambahkan situs web Anda ke mesin pencari Bing dengan mengisi bilah URL dengan URL peta situs Anda. Setelah itu, tekan Tambah Situs (Add Site).
d. Staf Bing akan memeriksa dan memvalidasi peta situs dan situs. Mereka akan mulai mengindeks situs setiap kali mereka menentukan bahwa peta situs tidak memiliki kesalahan.

Manfaat Sitemap
Salah satu manfaat utama adanya peta situs yang paling sering dikenal adalah untuk dapat meningkatkan perayapan situs. Terutama jika halaman situs ditautkan dengan tepat, Anda dapat menjamin bahwa perayap web Google dapat menemukan hampir setiap sudut dan celah situs Anda.

Adanya sitemap akan sangat bagus bagi mereka yang menjalankan satu atau lebih situs web karena situs- situs tersebut harus dapat dikenali dengan cepat. Berikut beberapa manfaat lain di antaranya,
1. Mempermudah situs untuk ditemukan
Alasan utama Anda menginvestasikan waktu dan uang untuk membuat konten baru untuk situs Anda adalah karena Anda berharap dapat ditemukan di web. Gunakan pembuat site map untuk menghasilkan peta situs dan Anda akan ditemukan dengan cepat. Cara ini sangat direkomendasikan untuk situs web atau halaman web baru dan konten lainnya.

2. Perayapan yang lebih efisien
Setiap konten di situs harus dirayapi terlebih dahulu yang terkadang memakan waktu lama atau tidak sama sekali. Dengan peta situs, situs web dapat dijelajahi secara efisien dan efektif sehingga bisa di indeks lebih cepat.

3. Mempelajari tentang pengunjung situs web
Anda dapat belajar banyak dengan memantau laporan peta situs Anda. Kesalahan akan ditampilkan sehingga Anda dapat memperbaikinya, baik itu juga data mengenai sumber lalu lintas dan bahkan pencarian kata kunci. Menggunakan informasi ini dapat membantu Anda meningkatkan konten dan menarik lebih banyak lalu lintas ke situs atau blog Anda.

4. Memodifikasi konten
Anda hanya dapat mempertahankan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari jika Anda terus memodifikasi konten di situs Anda yakni dengan menjaganya tetap relevan dan berguna untuk kebutuhan pengunjung Anda. Jika Anda telah menggunakan pembuat peta situs atau membuat peta situs secara manual, Google akan diberi tahu setiap kali konten situs Anda diubah.

5. Mengkategorisasi Konten
Peta situs memungkinkan Anda menempatkan halaman web di bawah kategori dan diprioritaskan berdasarkan yang paling penting. Ini berarti bahwa halaman yang memuat konten terpenting Anda akan dirayapi dan diindeks lebih cepat daripada halaman dengan nilai prioritas yang lebih rendah.

6. Menghemat waktu
Beberapa informasi harus disampaikan saat masih segar, contohnya seperti konten yang memuat berita terbaru. Anda tidak perlu menunggu dan menebak kapan perayap kemungkinan akan mengunjungi situs web Anda karena konten Anda sangat up to date dan relevan dengan isu saat itu.

7. Layanan gratis
Dari banyak keuntungan dan manfaat penerapan site map pada situs web maupun blog adalah tentu saja peta situs dapat dibuat dengan gratis. Anda dapat mengirimkan peta situs Anda ke Google tidak memerlukan biaya sepeser pun serta mendapatkan keuntungan yang baik bagi pertumbuhan situs web Anda.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga

Materi Sosiologi SMA 

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Sitemap: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Manfaatnya"