Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Microsoft Office 365: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis, Kelebihan, Manfaat, dan Perbedaannya dengan Office 2019

Pengertian Microsoft Office 365
Microsoft Office 365
Pengertian Microsoft Office 365
Microsoft 365 adalah produk layanan berlangganan yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai bagian dari lini produk Microsoft Office. Fasilitas Microsoft 365 terdiri dari perangkat lunak Microsoft Office serta perangkat lunak berbasis komputasi awan, dan SharePoint ditambah opsi tambahan layanan Windows 10 Enterprise.

Microsoft 365 merupakan bagian dari Microsoft Modern Workplace, solusi terintegrasi ini memberi Anda akses ke aplikasi bisnis Microsoft terbaru. Office 365 dapat memberikan banyak manfaat bagi organisasi mana pun. Anda akan menggunakan sesuatu yang sudah Anda kenal, dan siapa pun yang menggunakan Office 365 dapat bekerja dari mana saja selama ada koneksi internet.

Paket program lengkap microsoft office 365
1. Microsoft office professional plus, paket original pada office 365 yang merupakan program office seperti microsoft word, excel, access, powerpoint, publisher, dll.
2. Exchance online adalah bagian dari paket program office 365 yang digunakan sebagai tempat pertukaran informasi. Program ini memiliki kapasitas ruang penyimpanan sebesar 50 GB yang memungkinkan dapat diisi untuk menyimpan hasil kerja. Bahkan hasil kerja ini bisa diakses dengan mudah secara fleksibel.
3. Lync online merupakan program office 365 yang berguna untuk melakukan komunikasi antar pengguna dengan menyimpan kontak pengguna. Pada program lync online ini digunakan untuk bertukar informasi dan berbagi informasi maupun hasil kerja antar pengguna.
4. Share point online adalah program office 365 yang digunakan sebagai wadah untuk mengerjakan sesuatu secara bersama sama dengan pengguna lain dan melakukan share dengan mudah antar pengguna. Bahkan hasil kerja ini bisa diakses dimanapun anda berada dengan mudah.
5. Office 365 Home. Pembaruan langganan otomatis 1 tahun, Untuk 5 PC atau Mac, 5 tablet termasuk iPad, Android atau Windows, plus 5 telepon, Versi penuh dan terinstal Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneNote, dan lainnya, Penyimpanan awan 1TB per pengguna untuk hingga 5 pengguna, Akses berkelanjutan ke pembaruan.
6. Office 365 Personal. Pembaruan langganan otomatis 1 tahun, Untuk 1 PC atau Mac, 1 tablet termasuk iPad, Android, atau Windows, plus 1 telepon, Versi penuh dan terinstal Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneNote, dan lainnya, Penyimpanan awan 1TB, Akses berkelanjutan ke pembaruan.

Sejarah Microsoft Office 365
Setelah beta test yang dimulai pada Oktober 2010, Microsoft meluncurkan Office 365 pada 28 Juni 2011 sebagai pengganti Microsoft Business Productivity Online Suite (BPOS), yang awalnya ditujukan untuk pengguna korporat. Kemudian, Microsoft mengekspansi Office 365 untuk berbagai jenis bisnis dan untuk konsumen umum.

Pada 21 April 2020, Office 365 berganti nama menjadi Microsoft 365, yang menekankan fitur produktivitas dan layanan di luar paket perangkat lunak inti Microsoft Office. Merek Office 365 tetap digunakan untuk paket yang ditujukan untuk pasar perusahaan.

Fungsi Microsoft Office 365
Beberapa fungsi Office 365 yang bisa didapatkan di antaranya,
1. Easy collaboration
Memungkinkan para pengguna untuk berkolaborasi secara mudah baik dalam melakukan pekerjaan secara bersama-sama maupun menjalin komunikasi. Kolaborasi yang mudah ini hanya bisa dilakukan oleh para pengguna yang sudah menjalin pertemanan.

2. Familiar tools
Meskipun program kamu sudah terupgrade ke Microsoft Office 365, semua tools maupun tombolnya masih sama dengan versi Microsoft sebelumnya. Hal ini tentu saja sangat memudahkan bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan Microsoft untuk melakukan pekerjaan.

3. Document fidelity
Memudahkan Anda untuk melakukan penyimpanan dokumen melalui sistem layanan cloud di mana Anda bisa mengakses dokumen tersebut kapanpun dan di manapun. Anda juga tidak perlu khawatir akan kehilangan dokumen yang sudah Anda simpan.

4. Significant savings
Fitur satu ini berfungsi untuk membantu komputer Anda supaya lebih hemat energi, hemat biaya serta tidak sulit untuk dikembangkan.

Semua kelebihan Office 365 yang dijelaskan di atas, tidak hanya bisa Anda manfaatkan di satu perangkat komputer saja, tetapi hingga 5 perangkat. 5 perangkat ini bisa diaplikasikan dalam komputer yang menggunakan sistem iOS maupun Windows.

Jenis Microsoft Office 365
Berikut beberapa jenis paket Office 365 yang ditawarkan di antaranya,
1. Microsoft Office 365 untuk Rumahan. Paket ini terdiri dari 3 jenis paket turunan di antaranya,
a. Microsoft 365 Family
Microsoft 365 Family bisa digunakan hingga 6 orang pengguna, dimana setiap pengguna bisa memanfaatkan aplikasi ini di 5 perangkat secara bersamaan. Penyimpanan cloud yang diberikan mencapai 6 TB. Software bawaan Microsoft sudah berlisensi premium.

b. Microsoft 365 Personal
Sesuai namanya Microsoft 365 Personal, paket ini hanya bisa digunakan oleh satu pengguna. Meskipun demikian, banyaknya perangkat yang bisa digunakan bersamaan berjumlah 5 perangkat. Kapasitas penyimpanan cloud yang diberikan mencapai 1 TB. Software bawaan Microsoft sudah berlisensi premium.

c. Office Home and Student
Pembelian Office Home and Student hanya dilakukan sekali dan bisa digunakan untuk PC ataupun MAC. Perangkat yang bisa digunakan hanya satu dan Software bawaannya masih klasik.

2. Microsoft Office 365 untuk Bisnis
Paket ini diperuntukkan untuk kepentingan bisnis berikut paket turunannya di antaranya,
a. Microsoft 365 Business Basic. Paket ini cocok bagi kamu yang sedang berbisnis dan membutuhkan komunikasi jarak jauh yang mumpuni. Dilengkapi dengan Microsoft Teams, Office offline dan penyimpanan cloud yang aman.
b. Microsoft 365 Business Standard. Paket ini diperuntukkan bagi kamu yang memerlukan sistem kolaborasi dan pengerjaan jarak jauh. Semua software bawaan Microsoft sudah premium.
c. Microsoft 365 Business Premium. Selain layanan yang diberikan sama dengan paket business standard, paket premium ini juga dilengkapi dengan manajemen perangkat serta layanan keamanan cyber yang canggih.

Kelebihan Microsoft Office 365
Berikut beberapa kelebihan yang akan didapatkan dengan menggunakan Microsoft Office 365 di antaranya,
1. Akses file dimana saja
Office 365 memungkinkan organisasi Anda untuk menyimpan semua file di awan. Ini berarti mereka dapat diakses di perangkat apa pun, dari lokasi mana pun dengan koneksi internet. Untuk organisasi di mana kerja seluler sangat penting, dapat mengakses semua aplikasi dan file yang Anda butuhkan saat di luar kantor sangat berharga.

2. Penyimpanan cloud yang terjamin aman
Office 365 adalah lingkungan yang benar-benar aman dengan langkah-langkah keamanan yang kuat, seperti autentikasi dua faktor, yang memastikan orang yang tidak berwenang tidak dapat mengakses file Anda jika mereka masuk ke perangkat Anda.

Deteksi ancaman dan anti-malware berarti ancaman keamanan diidentifikasi dan dihentikan segera, yang sangat penting bagi organisasi yang berurusan dengan data atau informasi rahasia. Menggunakan Office 365 berarti bisnis Anda bebas beroperasi tanpa masalah keamanan.

3. Meningkatkan komunikasi
Office 365 memberi pengguna alat untuk menjaga komunikasi tetap terpusat dan langsung di Skype dan Outlook. Skype for Business memungkinkan Anda mengadakan panggilan konferensi dan rapat dengan staf dan agensi eksternal di mana saja di dunia, sehingga Anda selalu dapat berkolaborasi dan berkomunikasi terlepas dari jarak atau perbedaan waktu.

Teams menyediakan fungsi pesan instan di mana komentar dapat ditambahkan dan file diunggah secara bersamaan, yang berguna untuk kolaborasi lintas departemen dan saat menulis dokumen bersama. Yammer adalah fitur lain dari Office 365 yang bertindak sebagai semacam jaringan sosial untuk organisasi Anda.

Dengan memposting di ‘umpan berita’ perusahaan Anda, Anda dapat langsung mengirim pesan ke seluruh tenaga kerja, dan staf menerima pemberitahuan email ketika ada postingan baru sehingga pesan tidak terlewatkan. Siapapun dapat mengomentari postingan, dan Anda dapat membuat ‘saluran’ berbeda di Yammer untuk tujuan berbeda, sehingga Anda tidak harus selalu memposting ke seluruh perusahaan.

4. Pembelanjaan yang dapat diprediksi
Office 365 dibayar per pengguna, per bulan, seperti langganan yang biaya lisensi Anda tergantung pada tingkat fungsionalitas yang Anda pilih untuk bisnis Anda. Tingkat perusahaan yang berbeda mencakup aplikasi dan produk yang berbeda, yang menentukan biaya setiap lisensi.

Membayar per pengguna, per bulan memberi Anda pengeluaran yang dapat diprediksi dan membantu Anda menganggarkan pengeluaran Anda. Upgrade termasuk dalam biaya lisensi Anda, jadi tidak ada biaya tak terduga atau tambahan.

Jika Anda membeli lisensi Anda melalui Core, Anda juga dapat mengubah jumlah lisensi yang Anda miliki kapan saja, jika Anda menyewa atau orang pergi, misalnya. Dengan begitu, Anda tidak pernah memiliki lisensi berlebihan dan tidak ada pemborosan.

5. Membantu keberlangsungan bisnis
Dengan file yang disimpan di cloud dan dicadangkan secara teratur, organisasi Anda terus beroperasi seperti biasa jika terjadi bencana di kantor. Apapun yang terjadi pada perangkat fisik Anda, email, file, dan data Anda disimpan dengan aman di cloud.

Exchange juga memiliki fitur pemulihan yang berarti email individual atau bahkan seluruh kotak masuk dapat dipulihkan jika diperlukan. Apapun situasinya, bisnis dapat berjalan seperti biasa jika Anda menggunakan Office 365.

6. Peningkatan otomatis
Semua aplikasi penting seperti Word, Excel, dan Outlook disertakan dan berfungsi secara online tanpa perlu menginstal perangkat lunak apa pun. Upgrade dilakukan secara otomatis pada interval yang telah ditentukan, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan versi terbaru yang akan terjadi secara otomatis.

Biaya untuk membeli perangkat lunak baru juga dihapus karena pembaruan disertakan dalam langganan untuk lisensi Office 365 Anda.
 
Manfaat Microsoft Office 365 Bagi Bisnis
1. Skalabilitas
Office 365 memberi Anda fleksibilitas untuk menskalakan bisnis Anda dengan cepat karena dapat berkembang bersama Anda. Bisnis memiliki kemampuan untuk mencampur dan mencocokkan aplikasi untuk membuat solusi kustom Anda sendiri untuk setiap pengguna atau departemen, dan mudah untuk menambahkan atau menghapus pengguna hanya dengan menambahkan atau menghilangkan lisensi.

Karena Anda dapat meningkatkan sesuai kebutuhan, tim Anda dapat terus bekerja dengan alat yang mereka kenal saat Anda berkembang, Anda tidak perlu mengubah ke sistem baru atau beradaptasi dengan alat baru.

2. Tanpa batasan
Salah satu manfaat utama Office 365 adalah kemampuan untuk bekerja dari mana saja selama Anda memiliki konektivitas internet. Karena sepenuhnya berbasis cloud, email, file, dan program Office (termasuk Word, PowerPoint, Excel, dll.) dapat diakses dari lokasi mana pun dan perangkat apa pun.

Anda dapat membuat, mengedit, dan berbagi dari PC, Mac, atau perangkat iOS, Android, atau Windows Anda dengan siapa pun secara real time. Ini sangat bermanfaat bagi perusahaan dengan banyak lokasi, karyawan jarak jauh, atau karyawan yang sering bepergian.

3. Kemudahan kolaborasi kerja
Setiap orang yang perlu berkontribusi atau mengedit dokumen, atau spreadsheet, presentasi, dll, dapat mengerjakan versi yang sama dan mendapatkan perubahan waktu nyata (real-time) daripada memiliki banyak salinan. Pembuatan versi juga disertakan jika Anda perlu kembali ke versi yang lebih lama. Selain itu, dengan video HD multipartai, kalender bersama, dan obrolan tim, anggota tim akan selalu sinkron.

4. Model berbasis langganan untuk pertumbuhan bisnis yang scalable
Office 365 memberi Anda fleksibilitas yang ditingkatkan dan dapat dengan cepat menskalakan seperti halnya bisnis Anda. Sebagai permulaan, Anda akan dapat mencampur dan mencocokkan aplikasi bisnis untuk membuat solusi kustom Anda sendiri untuk memenuhi kebutuhan yang tepat dari setiap pengguna atau departemen.

Plus, salah satu manfaat utama model berbasis langganan Office 365 adalah Anda dapat menambahkan atau menghapus pengguna hanya dengan menambahkan atau menghapus lisensi. Dengan cara ini, jika seorang karyawan pergi, Anda dapat berhenti membayar perangkat lunak sebagai layanan daripada terus membayar akun yang tidak lagi digunakan.

Jika karyawan baru dipekerjakan, Anda dapat menambahkan akun baru tanpa harus mengubah seluruh sistem. Tanpa harus membuat komitmen permanen untuk lisensi perangkat lunak untuk setiap karyawan, bisnis Anda dapat ditingkatkan dengan cara yang disederhanakan dan hemat biaya.

5. Kolaborasi bisnis yang efisien
Jika Anda memiliki banyak karyawan jarak jauh dalam bisnis Anda, kolaborasi dapat terganggu ketika setiap anggota tim tidak bekerja dari lokasi yang sama. Tanpa interaksi tatap muka yang konstan, karyawan Anda akan memerlukan akses ke alat kolaborasi bisnis modern yang memungkinkan untuk bertukar pikiran, bekerja sama dalam sebuah proyek, atau melakukan pengeditan dan persetujuan dari jarak jauh dan waktu nyata.

Karena Office 365 adalah layanan berbasis langganan yang menggunakan fitur konektivitas online, fitur kolaborasinya dirancang dengan mempertimbangkan pekerja jarak jauh. Misalnya, dengan Office 365 Bisnis Premium, karyawan Anda akan dapat menggunakan Microsoft Teams, pusat kolaborasi lengkap Microsoft.

Pengguna akan dapat mengerjakan dan mengedit dokumen online secara bersamaan, berbagi catatan dan melakukan pengeditan secara real time, dan bergabung dengan konferensi audio atau video untuk mendiskusikan perubahan atau memberikan persetujuan, bahkan ketika semua anggota tim yang terlibat tidak bersama secara fisik.

Perbedaan Microsoft Office 365 dan Office 2019
Office 365 adalah aplikasi Office dari Microsoft yang sifatnya berlangganan, bisa bayar bulanan atau tahunan. Sedangkan untuk Office biasa sistemnya satu kali bayar. Artinya setelah Anda beli, Anda bisa pakai terus aplikasi Office tersebut sampai kapanpun.

Bahkan jika suatu saat ada Office versi terbaru, Anda tidak perlu upgrade karena Anda bisa pakai Office biasa versi lama selamanya. Sedangkan, Office 365 mengharuskan Anda bayar terus menerus. Jika tidak diperpanjang maka Anda tidak bisa memakainya lagi.

Perbedaan kedua ada dari segi fiturnya. Office 365 lebih unggul dibanding Office biasa. Karena sistemnya berlangganan, maka fitur-fitur Office 365 akan terus diperbarui. Jadi intinya, Anda tidak perlu membayar lebih untuk mendapatkan fitur ter-update. Hal ini berbeda dengan Office biasa. Jika ingin menikmati fitur terbaru, Anda harus beli Office versi terbaru.

Perbedaan ketiga antara Office 365 vs Office biasa adalah dari lisensi perangkat. Office biasa hanya bisa dipakai di 1 PC saja. Sedangkan Office 365 bisa Anda gunakan di banyak perangkat seperti di PC Windows, macOS, smartphone, dan tablet. Sebagai tambahan, pengguna Office 365 juga akan mendapat penyimpanan berbasis cloud dari OneDrive sebesar 1TB dan Skype Call 60 menit per bulan.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani "Sejarah adalah kejadian yang berulang. Pertama, merupakan tragedi, dan yang kedua sebagai sebuah peristiwa yang absurd." __Karl Marx

Post a Comment for "Microsoft Office 365: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis, Kelebihan, Manfaat, dan Perbedaannya dengan Office 2019"