Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

OneDrive: Pengertian, Sejarah, Fitur, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian OneDrive
OneDrive
Pengertian OneDrive
OneDrive adalah layanan komputasi awan yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan menyinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban Web atau perangkat tertentu. Layanan ini juga memungkinkan Anda untuk menyinkronkan pengaturan sistem, penyesuaian visual, tema, pengaturan aplikasi, tab Microsoft Edge, riwayat penelusuran, dan bahkan kata sandi.

OneDrive dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live. OneDrive tidak hanya dikembangkan di dalam platform Windows dan Windows Mobile saja tetapi juga mendukung platform OS X dan iOS. Tak hanya itu, Windows Central menyebutkan bahwa layanan ini juga menjadi solusi sebagai backup kalau tiba-tiba laptop atau komputer Anda rusak dan dokumen di dalamnya tak bisa diselamatkan.

Sejarah Singkat OneDrive
Dikutip dari minitool.com, OneDrive yang diluncurkan pada Agustus 2017 merupakan layanan hosting file dan layanan sinkronisasi file. OneDrive ini merupakan hasil pergantian nama dari SkyDrive. Perubahan tersebut memang terpaksa dilakukan oleh pihak Microsoft. Hal ini terjadi mengingat Microsoft terjerat sengketa merek dagang dengan perusahaan penyiaran British Sky Broadcasting Group (BSkyB).

Kasus tersebut berlangsung sejak tahun 2013 dan tepat pada bulan Agustus, pengadilan di Inggris menyatakan bahwa pihak Microsoft telah melanggar hak merek dagang yang dimiliki BskyB. Dalam hal ini BskyB memberikan waktu kepada Microsoft untuk beralih merek dagang ke nama lain yang tidak menggunakan kata “Sky”. Pada tanggal 27 Januari 2014, Microsoft mengumumkan bahwa SkyDrive akan diganti namanya menjadi OneDrive.

Fitur OneDrive
Microsoft menyebutkan tiga fitur utama dalam OneDrive di antaranya,
1. Files on demand
Fitur files on demand memungkinkan Anda untuk mengakses semua dokumen OneDrive dari Windows 10. Dengan fitur ini, Anda tak perlu takut lagi storage PC menipis. OneDrive juga dapat menyinkronkan semua dokumen yang diinginkan, kalau Anda memberikan akses.

Tak hanya itu, Business Insider juga menyatakan bahwa dari perangkat Windows, Anda bisa langsung membagikan dokumen menggunakan link OneDrive. Intinya, semuanya sudah tergabung di dalam sini dan semua yang Anda lakukan dijamin jadi lebih mudah.
2. Document scanning
Fitur OneDrive yang satu ini sangat mempermudah kamu untuk memindai dokumen penting, bon, catatan, atau apa pun itu. Hasilnya tersimpan secara otomatis dan dengan kualitas yang baik.

3. Personal vault
Fitur menarik lainnya dari OneDrive adalah personal vault yang merupakan semacam perlindungan ekstra. Jadi, Anda dapat menyimpan foto, video, dan berbagai macam dokumen penting lainnya di sini.

Fungsi OneDrive
Dari dummies.com, OneDrive memiliki fungsi yang sama dengan layanan penyimpanan awan lainnya, yaitu menyediakan tempat bagi pengguna untuk menyimpan data-data melalui internet. Untuk mengakses data yang berada dalam OneDrive, pengguna harus terlebih dahulu masuk dengan akun Microsoft.

Jika Anda masuk menggunakan perangkat komputer Windows 10 yang berbeda, tetapi menggunakan akun Microsoft yang sama, Anda tetap memiliki akses ke semua data yang ada di OneDrive. Di Windows 10, Anda tidak perlu mengunduh program khusus untuk memasang aplikasi OneDrive karena layanan penyimpanan ini sudah disertakan ke dalam Windows.

Namun, untuk bekerja dengan platform OneDrive di perangkat seluler, Anda harus mengunduh salah satu program OneDrive terlebih dahulu — OneDrive untuk Mac, OneDrive untuk iPhone, iPad, atau Android.

Jika Anda telah memasang program ini, OneDrive akan menyinkronkan data antara komputer, ponsel, dan/atau tablet yang telah diatur dengan akun Microsoft yang sama, segera setelah perangkat terhubung ke internet.

Kelebihan dan Kekurangan OneDrive
Dikutip dari minitool.com, berikut kelebihan dan kekurangan OneDrive.
Kelebihan OneDrive
1. Pengguna dapat menyimpan beberapa jenis file yang berbeda di OneDrive, lalu mengaksesnya dari PC Windows atau perangkat seluler mana pun.
2. Siapa pun pemilik akun Microsoft dapat menggunakan OneDrive secara gratis dengan kapasitas penyimpanan 5GB.
3. OneDrive memungkinkan pengguna untuk berbagi file dengan mudah. Orang lain dapat mengunjungi file yang kamu bagikan melalui tautan.
4. Dengan sinkronisasi OneDrive, pengguna dapat mengunduh konten ke perangkat mereka kemudian melanjutkan pekerjaan tersebut secara luring atau offline.
5. Sinkronisasi file dapat dilakukan sesuai permintaan. Pengguna tidak harus menyinkronkan seluruh file di dalam OneDrive, tetapi mereka dapat memilih untuk menyinkronkan file tertentu.
6. OneDrive memungkinkan pengguna untuk bekerja sama dengan aplikasi Microsoft Office lainnya karena berasal dari platform yang sama. Saat pengguna meluncurkan salah satu aplikasi Microsoft Office, pengguna dapat melihat daftar dokumen terbaru, termasuk yang disimpan ke dalam OneDrive.

Kekurangan OneDrive
1. Kapasitas penyimpanan yang diberikan secara gratis oleh OneDrive tergolong kecil. Jika pengguna ingin menyimpan lebih banyak file, mereka perlu membeli kapasitas ruang penyimpanan yang lebih besar.
2. Beberapa pengguna khawatir tentang masalah privasi karena Microsoft memiliki hak untuk memindai file yang disimpan di OneDrive dengan tujuan mengantisipasi konten-konten yang tidak pantas.
3. Terdapat beberapa masalah saat sinkronisasi file, seperti file menjadi rusak, berantakan, atau bahkan tidak dapat dibuka setelah sinkronisasi selesai.
4. Akun OneDrive terkadang juga tidak dapat sign in.
5. Layanan penyimpanan OneDrive sudah berlangsung saat pengguna menyalakan komputer. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja perangkat dan menyebabkan proses booting menjadi lebih lambat.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "OneDrive: Pengertian, Sejarah, Fitur, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya"