Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alt Text: Pengertian, Fungsi, Letak, Cara Menuliskan, dan Manfaatnya

Pengertian Alt Text
Alt Text Blogger
Pengertian Alt Text
Alt Text (Teks Alternatif) atau dikenal juga dengan sebutan Alt Attributes dan Alt Descriptions adalah atribut HTML yang menentukan teks alternatif yang akan ditampilkan untuk menjelaskan maksud dari suatu gambar yang ditampilkan. Keberadaan Alt text ini sangat dihargai oleh banyak mesin telusur, termasuk Google, karena alt text dalam tag gambar mendukung penelusuran mesin telusur.

Alt text merupakan cara kita “mengajari” mesin pencari untuk memahami apa isi gambarnya. Hal ini terutama dikarenakan robot yang dimiliki mesin pencari belum bisa otomatis mengetahui gambar apa yang sedang ditampilkan. Oleh karenanya, agar robot tersebut tahu, maka disisipkanlah alt text pada gambar tersebut. Demikian, menambahkan Alt Text pada gambar adalah prinsip utama dalam aksesibilitas website atau blog.

Fungsi Alt Text
Alt Text dapat berfungsi sebagai berikut di antaranya,
1. Dapat dibaca oleh pembaca layar semisal JAWs Screen Reader. Alt Text tersebut bisa berupa Alt Text sebagai konten atau sebagai fungsi
2. Dapat menampilkan teks pada lokasi gambar yang gagal loading atau ketika pengguna atau pengakses memilih untuk tidak menampilkan gambar
3. Alt Text menyajikan makna semantik dan deskripsi gambar yang dapat dibaca oleh mesin pencari atau sekedar menjelaskan isi dari gambar

Letak Alt Text
Letak Alt Text
Letak Alt Text
Alt Text dapat disertakan pada gambar dengan dua cara di antaranya,
1. Di dalam elemen gambar yang disertai kolom Alt Text
2. Di dekat sekitar gambar tersebut jika website tidak menyediakan kolom Alt Text

Cara Menuliskan Alt Text
Terdapat beberapa cara yang baik dalam menuliskan alt text di antaranya,
1. Detail
Agar dapat dipahami oleh pengguna serta mesin Google, maka alt text yang ditulis haruslah jelas menggambarkan apa yang ditulis. Misalnya, tidak hanya menuliskan “Laptop Gaming”, maka kita dapat menuliskan “Laptop Gaming ASUS ROG”. Hal ini tentu akan membantu Google tidak menampilkan gambarmu ketika pengguna mencari laptop gaming jenis lain.

2. Akurat
Selain kejelasan mengenai apa yang terjadi di gambar, maka juga perlu menunjukkan keakuratan dari alt text yang ditulis. Misalnya tidak sekedar menuliskan “Senyum”, maka akan lebih baik jika dituliskan deskripsi yang lebih akurat, seperti “Wanita sedang tersenyum”.

3. Hindari pemborosan kata
Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan dalam menuliskan alt text adalah untuk menghindari pemborosan kalimat, seperti menuliskan “images of..” atau “picture of..”. Halnya keyword stuffing, Google akan menganggap artikel sebagai spam karena terlalu banyak menempatkan keyword di konten yang dibuat.

4. Tak lebih dari 125 karakter
Biasanya, tools untuk membaca isi konten bagi penyandang keterbatasan penglihatan akan berhenti membaca suatu alt text setelah melewati 125 karakter. Ini berarti, berbagai kata yang ditempatkan setelahnya menjadi tidak terbaca.

Jika hal ini terjadi, maka bisa akan menimbulkan kebingungan bagi pengguna karena alt text tidak terbaca sepenuhnya. Oleh karenanya, pastikan menuliskan alt text dengan singkat, dan jelas, agar dapat diketahui dengan baik oleh mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan.

Manfaat Alt Text
Terdapat beberapa hal yang membuat keberadaan alt text pada suatu konten menjadi penting di antaranya,  
1. Memudahkan akses
Salah satu pentingnya kegunaan alt text adalah memudahkan akses untuk pengguna yang memiliki keterbatasan. Terutama jika pengguna memiliki keterbatasan penglihatan, maka dengan adanya alt text, pengguna akan lebih memahami maksud dari gambar tersebut.

Bisa saja, tanpa alt text, pengguna menjadi melihat suatu objek atau warna tertentu menjadi berbeda dengan apa yang dimaksud. Bahkan, kemudahan pengguna mengetahui isi konten juga menjadi salah satu bagian yang dijadikan guideline oleh Google terhadap SEO-nya.

2. Meningkatkan relevansi topik
Pentingnya kegunaan alt text lainnya adalah membantu Google atau search engine dalam mengetahui bahwa konten tersebut memang relevan. Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa robot pada mesin pencarian tidak dapat membaca konten secara visual. Oleh karenanya, dengan alt text maka hal ini akan membantu robot tersebut memahami maksud gambar tersebut.

3. Membantu rank melalui Google Images
Salah satu fitur Google yang cukup banyak digunakan adalah pencarian gambar pada Google Images. Tak jarang, suatu situs berhasil mendapatkan traffic atau kunjungan karena pengguna melihat gambar yang muncul di Google Images.

Oleh karenanya, dengan alt text ini, maka gambar akan memiliki kesempatan untuk muncul di Google Images jika dianggap sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna.

4. Dapat menjadi anchor text untuk link gambar
Sebagai anchor text, teks tersebut bertujuan untuk menguatkan relevansi dari topik yang dibahas, dengan konten lain yang serupa. Dengan ini, Google akan menganggap kontenmu memang relevan dalam membahas suatu topik.

Tak hanya melalui tulisan, pemberian link untuk menuju pada laman lain bisa juga menggunakan gambar. Dengan alt text, maka Google jadi lebih memahami bahwa link pada gambar tersebut mengacu pada laman yang sesuai.  

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Alt Text: Pengertian, Fungsi, Letak, Cara Menuliskan, dan Manfaatnya"