Pengertian Deep Web, Cara Mengakses, Manfaat, dan Dampaknya

Pengertian Deep Web
Deep Web

A. Pengertian Deep Web
Deep web adalah bagian dari protokol world wide web (www), hanya saja keberadaannya tidak termasuk ke dalam index publik, dan tidak dapat diakses secara leluasa oleh pengguna jaringan Internet pada umumnya. Deep web bisa disebut juga invisible web, hidden web, maupun DeepNet memuat banyak sekali konten informasi terpendam yang sulit atau bahkan tidak bisa diakses (invisible) oleh orang biasa.

Sebagian besar konten yang ada di Deep Web lebih cenderung berisi dokumen rahasia yang dipegang oleh pemerintah suatu negara atau institusi lain, yang mana tak semua orang bisa mengaksesnya karena sifat rahasia dari dokumen tersebut. Berbagai situs yang ada di dalam Deep web juga tidak bisa ditemukan dengan mudah layaknya melakukan aktivitas browsing menggunakan mesin pencari seperti biasa.

B. Cara Mengakses Deep Web
Mengakses deep web tidak semudah mengakses internet pada umumnya. Berikut beberapa langkahnya,
1. Gunakan Deep Web Directory
Sebelum main-main ke deep web, pastikan Anda tahu akan masuk ke situs yang mana. Cara paling mudah untuk mencarinya adalah dengan mencarinya lewat web directory. Salah satu web directory yang paling populer adalah Hidden Wiki.

Dari Hidden Wiki ini Anda bisa menemukan banyak alamat website deep web yang bisa Anda kunjungi lengkap dengan kontennya. Anda juga akan dipandu untuk masuk menggunakan link yang tersedia.

2. Gunakan Tor Browser
Cara ini bisa dibilang jadi cara yang paling populer bagi para penikmat deep web. Pastikan Anda gunakan Tor Browser yang punya sistem keamanan yang baik. Tor Browser akan secara otomatis menyembunyikan identitas dan privasi Anda. Pada umumnya situs-situs deep web menggunakan domain .onion yang tidak bisa diakses dengan browser biasa seperti Google Chrome, Firefox bahkan Safari.

3. Aplikasi Keamanan Lain
Kalau dengan Tor browser Anda merasa masih belum bisa masuk lebih dalam, Anda bisa mencoba dengan VPN. Tentunya bukan sembarang VPN, ada satu VPN yang selama ini sering digunakan untuk masuk ke deep web. VPN ini bernama Alphabay.

Cara lain adalah dengan menggunakan sistem operasi Tails. Sistem ini bisa Anda pasang di komputer Anda untuk memberikan fungsi yang mirip dengan VPN itu sendiri. Yang terakhir adalah dengan Pretty Good Privacy (PGP) yang merupakan sistem enkripsi online yang cukup rumit.

C. Manfaat Deep Web
Berikut beberapa tujuan dan manfaat dari adanya deep web di antaranya,
1. Sangat Berguna Bagi Polisi
Deep Web sendiri pengertian sarkasnya adalah taman kriminal, maka dari itu polisi sudah pasti akan mendapatkan mangsa yang besar jika bisa mengakses atau trace semua aktivitas di sini. Seperti yang Anda ketahui, segala hal yang erat dengan kriminal dipajang di sini.

Contohnya obat-obatan, senjata, penjualan manusia, wanita, dan lain sebagainya. Sayangnya, di sini semua akun adalah anonymous alias tanpa nama. Jadi pintar-pintarnya para polisi untuk bisa mendapatkan data-data dari oknum terkait.

2. Menggagalkan Aksi Terorisme
Di dalam deep web seseorang bisa saja mendapatkan informasi mengenai rencana aksi terorisme dari suatu kelompok-kelompok tertentu yang tidak bertanggung jawab. Jika berhasil memasukkan keyword (kata kunci) yang tepat, bukan tidak mungkin bisa mendapatkan informasi seperti itu, dan bisa melaporkan rencana terorisme tersebut ke pihak yang berwajib agar aksi terorisme dapat dihentikan.

3. Tempat Bebas untuk Membicarakan Rahasia
Jika sering membicarakan suatu rahasia di media sosial, tentu Anda akan mendapatkan banyak komentar dari pengguna media sosial lainnya. Tidak sedikit juga orang yang terjerat masalah hukum hanya karena salah bicara di media sosial. Menyinggung masalah seseorang apalagi jika orang tersebut seorang selebriti atau tokoh politik, jika salah bisa membuat Anda berhadapan dengan hukum.

Namun di dalam deep web, Anda bisa membicarakan hal apapun dengan bebas. Seseorang bisa dengan leluasa mengumbar aib atau membuka rahasia negara dan menceritakan apapun dengan sejelas-jelasnya tanpa harus takut identitas aslinya diketahui. Di dalam deep web semuanya serba tidak terlacak, termasuk ID dan identitas seseorang sehingga tidak ada yang tahu siapa yang sedang berbicara.

D. Dampak Deep Web
Berikut beberapa dampak dari penggunaan deep web di antaranya,
1. Ancaman Virus
Internet adalah salah satu media yang sangat efektif bagi penyebaran virus komputer. Virus memang bisa dikemas sedemikian rupa sehingga bisa menyebar lewat jaringan maya dan hal yang sama seperti ini juga terjadi di Deep Web, tapi levelnya jauh lebih parah.

Dapat dikatakan bahwa deep web ibarat sarang virus di mana ketika Anda tidak melakukan proteksi maka virus-virus itu akan menyerang seketika. Virus-virus yang ada pada deep web itu biasanya selalu lebih hebat dan kelas berat. Artinya sungguh sangat susah untuk dihilangkan dan juga memberikan kerusakan besar. Jika tidak siap dengan risiko ini, maka berhentilah mencoba memasuki Deep Web.

2. Informasi Pribadi Bisa Terkuak
Bahaya mengakses deep web satu ini hampir sama seperti ancaman virus, saat mengakses konten yang ada di Deep Web. Anda juga harus siap-siap menghadapi bahaya lain yang mengintai yaitu bocornya informasi pribadi kita oleh para peretas. Bahkan lebih mengerikannya lagi, para hacker atau peretas juga bisa melacak posisi kita berada.

Maka dari itu banyak yang menyarankan jika kita berani mengakses Deep Web, harus dibekali dengan apa yang dinamakan VPN atau Virtual Private Network sebagai perangkat lunak untuk mengelabui posisi IP atau Internet Protocol kita agar informasi pribadi kita tidak mudah dilacak atau terkuak.

3. Risiko Sakit Mental
Rata-rata orang-orang awam mengunjungi Deep Web bukan untuk tujuan tertentu tapi lebih ke arah memuaskan rasa penasaran. Maka di sinilah letak kesalahan fatalnya. Bagi orang awam yang baru pertama kali menginjakkan kakinya di Deep Web, hal tersebut bakal jadi pengalaman terburuknya. Alasannya apalagi kalau bukan karena isinya benar-benar ekstrem. Mulai dari pembunuhan secara live, prostitusi, sampai penyiksaan-penyiksaan. Gambar atau video yang ada di sana rata-rata tidak layak ditonton dan sangat mungkin membuat seseorang mengalami gangguan kejiwaan.

4. Terjebak Cyber Crime
Kejahatan siber atau Cyber Crime menjadi dampak terbesar bagi siapapun yang mengakses hingga mengelola situs-situs Deep Web maupun Dark Web. Karena masuk ke dalam sisi gelap dari internet, siapa saja yang memasukinya harus siap-siap menerima bahaya serta konsekuensinya jika tidak memiliki keamanan yang baik saat menjelajah sisi lebih kelam dari internet melalui Deep Web ataupun Dark Web.

Banyak bahaya yang mengacu kepada Cyber Crime yang berkaitan dengan Deep Web dan Dark Web, beberapa di antaranya adalah praktek transaksi narkoba dan obat-obatan ilegal terlarang online serta penjualan manusia (human trafficking).
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Deep Web, Cara Mengakses, Manfaat, dan Dampaknya"