Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Darknet dan Cara Kerjanya

Pengertian Darknet dan Cara Kerjanya


A. Pengertian Darknet

Darknet (The Dark Web) adalah bagian dari World Wide Web, yang tidak dapat ditemukan dengan mesin pencari konvensional seperti Google, Bing atau Yahoo dan membutuhkan teknologi khusus untuk akses. The Dark Web sering dikaitkan dengan konten dan bisnis ilegal.

Mirip dengan deep web, darknet juga meliputi semua halaman web , forum dan toko online yang tersembunyi dan tidak terakses oleh mesin pencari. Berbeda dengan deep web, Anda memerlukan aplikasi khusus seperti browser Tor untuk mengakses darknet.

Baik deep web dan darknet sering disalahgunakan untuk aktivitas ilegal seperti mendistribusikan barang dan jasa terlarang. Anda dapat membeli obat-obatan terlarang, senjata api dan malware di deep web maupun darknet, bahkan layanan perusak pun tersedia.

B. Cara Kerja Darknet
Dark Web terdiri dari situs web Darknet, pasar, layanan, dan forum yang aksesnya diatur oleh prinsip peer-to-peer. Siapa pun yang ingin mengaksesnya harus mengetahui orang dalam atau teknologi tertentu. Secara khusus, penggunaan teknologi dikaitkan dengan rintangan untuk pengguna biasa karena apa yang disebut jaringan overlay ini bekerja dengan teknologi enkripsi canggih dan metode anonimisasi.

Dua properti adalah karakteristik dari Web Gelap. Di satu sisi, onion routing dan di sisi lain, jaringan Tor dan jaringan serupa, yang mewakili implementasi onion principle.
1. Onion routing
Perutean bawang adalah teknik anonimisasi yang digunakan dalam Dark Web. Jika pengguna meminta situs web, konten dikirim ke pengguna melalui rute yang terpisah dan terus berubah. Pada rute ini, ada campuran yang disebut, yang pada dasarnya mewakili stasiun yang melewati informasi.

Dengan demikian, konten tidak diteruskan dari pengirim ke penerima, seperti halnya dengan komunikasi HTTP, tetapi melalui beberapa pemancar dan penerima yang beroperasi sebagai server proxy dan jaringan virtual (VPN). Situs web yang diminta, dapat dikatakan, dipotong-potong dan disusun kembali oleh pengguna.

Bergantung pada arah komunikasi, baik pengirim atau penerima (atau kedua belah pihak) dianonimkan melalui langkah-langkah perantara ini. Stasiun perantara mengenkripsi atau mendekripsi informasi. Mereka juga disebut sebagai node dalam jaringan.

Karena jalur informasi dapat digambarkan secara grafis sebagai onion, metode enkripsi dan dekripsi ini disebut onion routing. Untuk memantau lalu lintas data selama onion routing, pengamat harus mengetahui semua simpul, tetapi rute ini biasanya diubah secara berkala.

Sebagai aturan, onion routing membutuhkan waktu transfer data yang lebih tinggi, karena informasi pertama-tama harus difragmentasi dan kemudian dikomposisikan. Selain itu, karena kegiatan yang sering ilegal, ada kemungkinan bahwa area tertentu dari Dark Webs sedang dipantau dan dilacak dengan menyelidiki pihak berwenang jika ini secara teknis memungkinkan.

2. Jaringan tor
Jaringan Tor didasarkan pada gagasan onion routing dan menambahkan beberapa detail teknis. Untuk membuat koneksi anonim antara dua pengguna komunikasi, salah satu dari mereka harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstal klien yang digambarkan sebagai onion proxy. onion Proxy adalah program dukungan yang terhubung ke jaringan Tor.

Sebagai langkah pertama, klien mengunduh data direktori yang ditandatangani secara digital. Direktori bertindak sebagai otoritas yang mencantumkan semua node Tor yang tersedia di jaringan. Data direktori dienkripsi secara asimetris sehingga klien mendapatkan data nyata.

Pada langkah kedua, onion proxy memilih rute melalui jaringan Tor. Node yang seharusnya menyampaikan informasi dipilih secara acak. Rute diubah setelah sekitar sepuluh menit, sehingga elemen lain ditambahkan ke kebingungan.

Onion Proxy sekarang bertukar data dengan server Tor pertama melalui transmisi dan membuat koneksi terenkripsi. Jika koneksi ini dibuat, server Tor lain ditambahkan dan koneksi terenkripsi dibuat lagi. Koneksi ini biasanya dilakukan hingga tiga node hingga informasi ditransmisikan antara klien dan server dalam jaringan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Darknet dan Cara Kerjanya"