Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Accounting Product and Service, dan Jenisnya

Pengertian Accounting Product and Service, dan Jenisnya


A. Pengertian Accounting Product and Service

Accounting product and service atau produk dan layanan akuntansi adalah sebuah produk atau layanan yang berhubungan dengan akuntansi dan dibuat secara khusus untuk membantu memudahkan kinerja divisi akuntan dalam perusahaan. Dengan adanya inovasi accounting product and service, tanggung jawab seorang akuntan bisa lebih diringankan.

Mereka tak perlu lagi mencatat pembukuan keuangan perusahaan secara manual. Mereka pun dapat dengan mudah menghitung dan membuat laporan keuangan secara otomatis dan terhindar dari risiko human error seperti kesalahan perhitungan.

B. Jenis Accounting Product and Service
Dalam prakteknya, inovasi accounting product and service ini terdiri dari berbagai jenis di antaranya,
1. Software penggajian dan akuntansi sederhana
Anda dapat dengan mudah menemukan layanan ini di internet dan membandingkan antara satu produk dengan produk yang lain. Produk ini biasanya dikemas dengan ragam fitur yang sederhana dan cukup terbatas. Anda hanya bisa menggunakan perangkat ini untuk keperluan accounting biasa serta penggajian. Fitur yang dipasangkan biasanya hanya sebatas membuat dokumen keuangan, mencatat setiap transaksi, melakukan perhitungan data hingga membuat laporan.

Anda mungkin juga akan mendapatkan tambahan fitur pendukung lain. Seperti perhitungan gaji dan transfer antar bank. Tentunya hal ini tergantung dengan vendor atau penyedia layanan aplikasi yang Anda gunakan. Karena memiliki fitur yang terbatas, jenis software ini biasanya dibandrol dengan harga yang lebih murah. Di mana Anda tak perlu membeli lisensi dan hanya cukup berlangganan saja sesuai dengan kebutuhan.

2. Software accounting dan manajemen bisnis
Jenis accounting product and service yang berikutnya memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan poin yang pertama. Di mana pada aplikasi jenis ini, Anda akan mendapati banyak fitur yang tak hanya sebatas akuntansi maupun penggajian saja. Namun juga untuk mengontrol beberapa keperluan dalam manajemen perusahaan. Meliputi kebutuhan inventaris, stok barang, customer relationship management (CRM), sales, invoice dan masih banyak lagi lainnya.

Software ini lebih direkomendasikan untuk bisnis atau usaha yang sudah bergerak dalam skala menengah ke atas. Di mana biasanya kondisi keuangan bisnis tersebut sudah stabil secara finansial sekaligus memiliki banyak karyawan yang harus di-handle. Dengan penggunaan produk aplikasi yang satu ini, operasional perusahaan akan jauh lebih dimudahkan. Tak hanya bagi divisi akuntan semata, namun juga berguna bagi para praktisi human resource (HR) dalam perusahaan.

3. Software as a Service (Saas)
Beberapa vendor aplikasi akuntansi membuat layanan mereka yang berbasis cloud sehingga dapat diakses melalui internet dari mana saja dan kapan saja. Software ini cocok bagi Anda yang tak mau ribet melakukan instalasi ataupun maintenance secara berkala. Karena seluruh hal yang berkaitan dengan sistem merupakan tanggung jawab dari penyedia layanan tersebut.

Untuk mengakses layanan ini pun terbilang cukup mudah. Di mana Anda hanya perlu menggunakan web browser untuk mengunjungi situs layanan tersebut. Anda juga tak perlu membeli lisensi suatu produk, karena sistem yang berlaku biasanya hanyalah berlangganan untuk satu periode waktu tertentu (misalnya bulanan atau tahunan).

Yang menarik dari software akuntansi berbasis cloud ini adalah seluruh data akan disimpan dalam sebuah server pusat yang terenkripsi. Sehingga data keuangan akan jauh lebih aman dibandingkan Anda harus menyimpannya dalam bentuk fisik yang rawan rusak ataupun jika Anda menyimpannya dalam komputer/laptop juga bisa sewaktu-waktu terhapus secara tak sengaja atau saat perangkat tersebut ter-reset.

Untuk fitur yang ditawarkan, layanan SaaS ini cukup beragam. Tentunya tergantung dari masing-masing penyedia aplikasinya juga. Sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Accounting Product and Service, dan Jenisnya"