Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian SaaS, Karakteristik, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian SaaS, Karakteristik, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya


A. Pengertian SaaS (Software as a Service)

SaaS (Software as a service) adalah suatu perangkat lunak yang bisa dijadikan sebagai suatu layanan yang sifatnya online dan berbasis cloud computing. Ketika menggunakan model layanan SaaS, Anda hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus memahami hal teknis dari layanan tersebut.

Salah satu contoh layanan SaaS yang sering kita gunakan ialah Google Docs. SaaS ini tentunya banyak digunakan dan dibutuhkan oleh orang-orang dalam membantu pekerjaannya di dunia digital. SaaS bisa diakses melalui browser dan menggunakan akun yang terdaftar pada aplikasi tersebut. Layanan ini mampu mengakses program melalui internet tanpa harus di install terlebih dahulu di perangkat komputer atau laptop Anda.

Selain itu, Anda tak perlu khawatir jika suatu waktu, Anda telah menulis sebuah data atau laporan panjang, namun tak sengaja menutup tab atau halaman pekerjaan. Karena biasanya, layanan SaaS ini dibekali dengan penyimpanan otomatis sehingga setiap perubahan data yang dilakukan akan langsung tersimpan ke server.

B. Karakteristik SaaS (Software as a Service)
1. Dikelola dari lokasi pusat. Pelayanan berupa perangkat lunak membuat pengguna tidak perlu repot untuk memikirkan mengenai pengelolaan. Hal ini karena software tersebut dikelola secara terpusat.
2. Dapat diakses melalui internet. Karena dikelola secara terpusat, untuk dapat mengaksesnya pengguna memerlukan koneksi internet. Hal ini berarti segala hal yang berkaitan dengan penggunaan software bergantung pada kualitas internet tersebut.
3. Pengguna layanan tidak bertanggung jawab atas pembaruan perangkat keras atau perangkat lunak. Karakteristik lain dari SaaS adalah adanya pembaruan perangkat lunak atau perangkat keras yang menjadi tanggung jawab penyedia layanan. Oleh karenanya, pengguna cukup menggunakannya saja tanpa perlu memikirkan mengenai hal tersebut.

C. Manfaat SaaS (Software as a Service)
1. Menghemat waktu
Karena layanan yang diberikan berupa software, waktu bagi perusahaan dalam berbagai hal dapat lebih hemat. Penghematan waktu ini dirasakan sedari proses instalasi hingga ketika terjadi kerusakan. Berbeda dengan menggunakan perangkat yang dikelola sendiri, perlu ada waktu khusus untuk melakukan instalasi. Hal ini dapat mengganggu bahkan menghentikan kegiatan yang sedang berjalan.

Oleh karenanya, penggunaan SaaS dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Karena proses instalasi dan perbaikan dapat dilakukan secara jarak jauh dan tidak mengganggu kegiatan lainnya.

2. Mengurangi biaya operasional
Alasan lain perusahaan memilih menggunakan SaaS adalah karena dengan penggunaan layanan ini dapat mengurangi biaya operasional seperti biaya perawatan server. Selain itu, dengan menggunakan SaaS, pelayanan diberikan dalam waktu tertentu.

Hal ini menjadi penghematan tersendiri karena perusahaan dapat serta-merta memutuskan kerja sama jika dirasa pelayanan kurang memuaskan. Tentu hal ini berbeda jika perusahaan menggunakan perangkat lunak tersendiri. Selain harus melakukan perawatan server, perusahaan juga akan mengalami kerugian jika perangkat yang digunakan tidak sesuai.

3. Mengurangi kebutuhan tempat
Sebuah perangkat lunak untuk menjalankan sistem tentu perlu tempat tersendiri untuk penyimpanan database. Oleh karenanya, perusahaan harus menyediakan tempat untuk menyimpan berbagai database tersebut agar dapat menggunakan perangkat tersebut.

Dengan SaaS, hal tersebut tidak perlu dilakukan perusahaan. Dengan layanan berbasis cloud atau komputasi awan, server dan kebutuhan penyimpanan sudah menjadi tanggung jawab penyedia layanan.

4. Mudah dalam mengakses
Alasan lain perusahaan menggunakan SaaS adalah kemudahan dalam mengakses perangkat lunak tersebut. Dengan software dapat diakses menggunakan browser, karyawan dapat mengaksesnya di berbagai tempat dan device. Selain itu, penyimpanan yang berbasis cloud juga memudahkan karyawan dalam mengakses data yang diperlukan dalam bekerja di mana pun dan kapan pun.

5. Memudahkan proses analisis data
Dengan sistem pengoperasian yang terpusat, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan analisa data terhadap kinerja perusahaan bergantung pada software yang dimiliki. Jika perusahaan menggunakan content management system, perusahaan dapat dengan mudah mendapatkan analisis dari performa konten dan hal lainnya yang berkaitan.

Data yang didapatkan juga merupakan data real time sehingga perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan pengendalian dan perencanaan.

D. Kelebihan Menggunakan Layanan SaaS (Software as a Service)
1. Biaya yang dikeluarkan lebih rendah
Dibandingkan Anda membeli sebuah lisensi aplikasi tertentu, program SaaS ini dibandrol dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi Anda terutama para pelaku bisnis atau usaha yang masih berskala kecil. Di mana Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli lisensi produk original dari sebuah software tertentu yang harganya bisa ratusan ribu bahkan jutaan.

2. Kemudahan akses
Dengan terhubung internet saja, Anda sudah dapat mengakses layanan SaaS secara menyeluruh. Sehingga bagi Anda yang tak mau perangkatnya terpasang banyak software yang pada akhirnya nanti dapat menghambat kinerja seperti hang atau perangkat mengalami situasi not responding. Program SaaS ini cocok untuk dijadikan pilihan demi menghindari risiko-risiko tersebut.

3. Tidak memerlukan maintenance
Seperti yang telah disebutkan di awal, Anda tak perlu melakukan maintenance terhadap layanan yang satu ini. Anda hanya perlu menggunakannya dan terima beres jika terdapat update fitur tertentu yang akan ditambahkan oleh vendor penyedia layanan.

4. Meningkatkan efisiensi pekerjaan
Tentunya dengan menggunakan layanan SaaS ini, cara Anda dalam menyelesaikan pekerjaan akan jauh lebih efisien. Akan ada lebih banyak waktu yang bisa dihemat dan kemudian dialokasikan untuk menyelesaikan pekerjaan lain.

E. Kekurangan dari Layanan SaaS (Software as a Service)
Di balik berbagai macam keuntungan yang ditawarkan. Layanan ini juga memiliki beberapa kekurangan yang patut Anda pertimbangkan di antaranya,
1. Kurangnya kontrol terhadap sistem
Jika layanan yang Anda gunakan mengalami masalah, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah menunggu pihak pusat memperbaikinya. Karena Anda tidak dapat melakukannya sendiri. Hal ini tentu agak membuat tidak nyaman terlebih jika proses perbaikannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Kurangnya keamanan data
Karena hanya dapat diakses melalui internet, membuat layanan ini sangat rentan mengalami serangan para peretas. Tak hanya itu, jika Anda mengaksesnya lewat jaringan publik, tentunya data-data di dalam akun SaaS Anda tersebut sangat rawan dibobol oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

3. Kurangnya dukungan integrasi dan kustomisasi
Beberapa vendor penyedia layanan SaaS ini tidak menyediakan integrasi pada berbagai program lain. Alhasil cukup menghambat kinerja perusahaan yang ingin semuanya saling terkait. Selain itu, layanan ini juga tidak bisa dikustomisasi. Artinya, fitur-fitur yang tidak dibutuhkan dalam perusahaan Anda tidak bisa dihilangkan dalam sistem atau program layanan tersebut.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian SaaS, Karakteristik, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya"