Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Vendor, Fungsi, Tugas, Cara kerja, dan Jenis

Pengertian Vendor, Fungsi, Tugas, Cara kerja, dan Jenis


A. Pengertian Vendor

Vendor adalah pihak (lembaga atau perorangan) yang menyediakan/ menjual bahan baku, bahan penolong, jasa, atau produk yang diolah atau dijual kembali oleh perusahaan lain untuk menunjang kinerja perusahaan tersebut.

Vendor tidak hanya menjual bahan baku tapi dapat juga berupa produk setengah jadi atau komponen-komponen penting untuk membuat suatu produk jadi. Selain menjual bahan, ada juga vendor yang menjual jasa atau keahlian tertentu yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain.

B. Fungsi Vendor
Fungsi vendor adalah sebagai pihak yang memastikan tersedianya barang atau jasa yang dibutuhkan suatu perusahaan untuk kegiatan operasionalnya. Dengan kata lain, suatu perusahaan membutuhkan vendor ketika bahan baku atau pekerjaan tertentu tidak dapat disediakan sendiri sehingga membutuhkan pihak lain untuk menyediakannya.

Produk yang dibeli dari vendor bisa berupa bahan baku, bahan penolong, barang setengah jadi, atau jasa untuk melakukan pekerjaan tertentu. Dengannya, keberadaan vendor sangat penting untuk kelancaran operasional suatu bisnis. Itulah sebabnya mengapa setiap perusahaan senantiasa memperhatikan dan mengawasi kualitas kerja vendor yang menjadi rekanannya.

Setiap permasalahan yang terjadi pada vendor akan berdampak pada perusahaan rekanannya. Misalnya; masalah distribusi akan berdampak pada ketepatan waktu pengiriman, berdampak pada kualitas bahan, berdampak pada kualitas produk yang dihasilkan, dan lain sebagainya.

C. Tugas Vendor
Tugas utama vendor adalah memastikan bahwa kebutuhan barang atau jasa suatu perusahaan dapat tersedia dengan baik.
1. Memenuhi setiap permintaan dari perusahaan yang menjadi rekanannya sesuai dengan kesepakatan.
2. Memastikan setiap produk (barang atau jasa) yang dijual kepada konsumennya adalah produk yang berkualitas.
3. Memastikan pengiriman barang/ jasa sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.
4. Memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang bersaing kepada konsumennya.

D. Cara Kerja Vendor
Vendor adalah salah satu mata rantai yang berperan penting dalam hal keuntungan, pasar, dan kelangsungan hidup sebagian besar perusahaan. Untuk saat ini, beberapa perusahaan yang memiliki pemikiran maju sudah mengikutsertakan vendornya sebagai bagian dari organisasi perusahaan tersebut.

Beberapa perusahaan besar lainnya yang sudah berhasil bahkan menyadari bahwa keterlibatan vendor sangat diperlukan dalam organisasi. Perusahaan besar ini bahkan menyertakan seluruh pemasok dan sub pemasok turut serta dalam jajaran organisasinya.

Perusahaan-perusahaan ini memerlukan hubungan timbal balik dengan vendor untuk memenuhi keperluan dan mengembangkan cara yang lebih baik dan inovatif dalam memenuhi keperluannya. Perusahaan sangat sadar bahwa kualitas produk dan layanan mereka berkaitan langsung dengan kualitas produk serta layanan yang dilakukan oleh pihak vendor.

E. Jenis Vendor
Terdapat vendor khusus yang hanya menjual produk dalam bentuk bahan baku, bahan setengah jadi dan bahan pendukung, ada juga yang menjual produk dalam bentuk jasa.
1. Vendor Penyedia Barang
Vendor yang menyediakan barang adalah suatu lembaga atau perorangan yang menyediakan produk barang untuk suatu perusahaan untuk mendukung kegiatan produksi perusahaan tersebut. Sebagai contoh, suatu pabrik kain memerlukan kain yang bisa menghasilkan kain, maka pabrik tersebut akan mencari perusahaan vendor yang mampu menyediakan mesin tersebut.

2. Vendor Penyedia Jasa
Vendor penyedia jasa merupakan suatu bentuk lembaga atau perorangan yang menjual jasa keahlian tertentu ke perusahaan lain yang sedang membutuhkan. Contohnya ada perusahaan yang memerlukan jasa ekspedisi untuk mengirimkan kain hasil produksi perusahaan tersebut ke perusahaan retail lain yang sudah bekerjasama. Maka perusahaan tersebut akan membuat kerjasama dengan perusahaan vendor yang bergerak dalam jasa pengiriman barang.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Vendor, Fungsi, Tugas, Cara kerja, dan Jenis"