Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATLAB: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Sistem, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian MATLAB atau Matrix Laboratory
MATLAB (Matrix Laboratory)
Pengertian MATLAB (Matrix Laboratory)
MATLAB (Matrix Laboratory) adalah sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang secara khusus digunakan untuk komputasi numerik, pemrograman, dan visualisasi. Fungsi utama dari MATLAB ialah untuk melakukan analisis data, mengembangkan algoritme, serta membuat model dan aplikasi.

Pertama dirilis di tahun 1970 oleh MathWorks, MATLAB adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk mengolah angka dan bahasa pemrograman. Banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan MATLAB, khususnya yang terkait dengan rumpun ilmu di bidang teknik, matematika, dan sains.

Aplikasi ini juga sering dimanfaatkan untuk mengembangkan deep learning, machine learning, dan hal-hal terkait lainnya.

Sejarah MATLAB (Matrix Laboratory)
Matlab memudahkan untuk mengubah perhitungan matematika yang kompleks menjadi program. Matlab dikembangkan pada akhir 1970-an oleh Cleve Moler, yang kemudian menjadi ketua School of Computer Science di University of New Mexico.

Dia merancang siswa untuk mengakses LINPACK dan EISPACK tanpa mempelajari Fortran. Karyanya dengan cepat menyebar ke universitas lain dan diakui di komunitas matematika terapan.

Insinyur Jack Little diperkenalkan pada karyanya ketika Moller mengunjungi Universitas Stanford pada tahun 1983. Menyadari potensi komersialnya, ia bergabung dengan Moller dan Steve Bangert. Mereka menulis ulang MATLAB dalam bahasa pemrograman C dan mendirikan The MathWorks pada tahun 1984 untuk melanjutkan pengembangan.

Pustaka yang ditulis ulang ini sekarang dikenal sebagai JACKPAC. Pada tahun 2000, MATLAB ditulis ulang menggunakan LAPACK, satu set baru perpustakaan manipulasi template. Matlab pertama kali diadopsi oleh desainer kontrol (yang juga berspesialisasi dalam Little) dan segera diperluas ke banyak area lainnya.

Fungsi MATLAB (Matrix Laboratory)
Selain umum digunakan para ilmuwan matematika komputasi dan teknik, MATLAB juga umum digunakan oleh para software engineer atau pengembang perangkat lunak. Beberapa fungsi MATLAB yang umum dikenal bagi software engineer di dunia bisnis dapat meliputi hal-hal berikut di antaranya,
1. Alat rekayasa solusi baru
MATLAB umum digunakan sebagai basis untuk mencari proses desain atau teori baru tentang cara kerja sesuatu secara matematis dan teknis. Jika terjadi kebuntuan atau hambatan mengenai suatu hal untuk dikerjakan secara manual, maka pengembang perangkat lunak akan mencoba mencari solusi dan melakukan pemrograman dengan platform yang salah satunya adalah MATLAB ini.

2. Menghitung Return of Investment (ROI)
Selain untuk menemukan perangkat lunak untuk menjadi solusi permasalahan dalam dunia kerja, MATLAB juga dapat digunakan untuk menghitung return of investment (ROI). Keberadaan aljabar linier dalam MATLAB dapat digunakan dengan baik untuk menghitung ROI dan omset perusahaan.

Tak hanya itu, MATLAB juga dapat digunakan untuk mengelola inventaris, perencanaan keuangan, dan keputusan bisnis lainnya.

3. Melakukan analisis numerik
MATLAB dapat berfungsi penting dalam proses analisis numerik di dalam dunia bisnis untuk melihat perkiraan yang presisi. Melalui analisis ini nantinya akan mempermudah proses produksi barang/jasa yang menjadi subjek utama dari bisnis perusahaan.

Contohnya adalah agensi arsitektur yang menggunakan MATLAB untuk menganalisis rancang bangun hingga proses penghitungan probabilitas pasar.

4. Menjalankan simulasi/prototyping
Penggunaan MATLAB juga dapat menjadi dasar dari pelaksanaan simulasi atau pembuatan prototipe saat pengembangan produk. Dengan adanya simulasi ini nantinya MATLAB dapat mengurangi biaya kerusakan atau kecacatan produk karena telah diuji terlebih dahulu. MATLAB secara tidak langsung akan meningkatkan peluang keberhasilan dari adanya teknologi baru.

Sistem MATLAB (Matrix Laboratory)
Dari Cooperative Institute for Meteorological Satellite Studies, ada lima bagian utama dari sistem MATLAB di antaranya,
1. MATLAB language
MATLAB menggunakan high-level matrix/array language yang bisa mengolah berbagai program atau fungsi yang kompleks.

2. Working environment
MATLAB working environment adalah kumpulan tool dan fasilitas yang tersedia untuk bekerja di platform ini. Dengan tool dan fasilitas tersebut, Anda bisa mengelola variabel yang digunakan serta mengimpor dan mengekspor data.

Tidak itu saja, masih ada banyak fungsi lain yang digunakan untuk mengembangkan apa saja yang Anda butuhkan dengan MATLAB.

3. Sistem grafis
Sistem grafis MATLAB adalah bagian yang digunakan untuk memproses gambar, visualisasi data, membuat animasi, dan mempresentasikan grafis.

4. Mathematical function library
Di MATLAB, tentunya salah satu bagian yang paling penting adalah fungsi matematisnya. MATLAB sudah dilengkapi dengan kumpulan algoritma komputasional dari yang sederhana hingga sangat kompleks. Semua ini bisa diproses dalam kecepatan yang tinggi, asal perangkat kerasnya mendukung.

5. Application Program Interface (API)
API di MATLAB adalah fitur yang memberi akses pada para penggunanya untuk menulis program C dan Fortran.

Struktur Data MATLAB (Matrix Laboratory)
Adapun struktur data yang biasa digunakan di dalam Matlab di antaranya,
1. Array Multi Dimensi
Ini adalah salah satu keunggulan Matlab dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Misalnya, Matlab dapat dengan mudah mewakili array multidimensi untuk mewakili gambar RGB yang terdiri dari posisi (x, y) dan elemen RGB. Pada setiap piksel.

2. Array Cell
Dengan tipe data ini, Anda dapat memasukkan komponen dalam array sebagai berikut:
Jika Anda membutuhkan data, itu banyak, karena itu bahkan nilai atau matriks. Ada banyak, tetapi Anda dapat menggunakan array cell ini. Untuk membuat sel Gunakan kurung kurawal untuk menunjukkan bahwa itu adalah sel.

3. Structures
Tipe data ini juga sering digunakan di Matlab. Structures merupakan tipe data yang sebenarnya merupakan array multidimensi, hanya saja dalam penamaannya menggunakan tag dengan field.
 
Grafik dalam MATLAB (Matrix Laboratory)
Matlab menyediakan banyak fungsi dan alat grafik untuk pemrosesan grafik. Sebelum menggali lebih dalam grafik, Anda perlu memahami istilah-istilah berikut di antaranya,
1. Figure
Gambar tersebut adalah jendela Matlab dengan tampilan grafis dan komponen antarmuka pengguna. Anda dapat menggunakan bentuk fungsi atau plot fungsi untuk membuat bentuk (MATLAB secara otomatis membuat bentuk untuk memplot data jika tidak ada bentuk aktif pada saat itu).

2. Plot
Plot adalah tampilan grafik yang dapat Anda buat pada bentuk, biasanya dalam bentuk sumbu.

3. Grafik
Grafik adalah bagian dari bagan (sumbu grafik) adalah sumbu x atau sumbu y.

4. Grafik Antarmuka Pengguna
Dikenal sebagai antarmuka pengguna grafis atau pengguna grafis. Antarmuka (GUI) adalah tampilan grafis yang berisi alat atau komponen yang memungkinkan. Pengguna melakukan aktivitas interaktif. Gunakan GUIDE (Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pengguna Grafis)

GUIDE adalah cara mudah untuk membuat GUI. Hal ini karena GUIDE sudah menyediakan komponen yang sering digunakan sebagai antarmuka pemrograman. Contoh: bidang teks, Edit bidang teks, tombol, dll.

Manfaat Software MATLAB (Matrix Laboratory)
MATLAB digunakan oleh kalangan pelajar, teknisi, peneliti di universitas, institusi penelitian, maupun Industri sebagai alat yang membantu melakukan komputasi matematis untuk berbagai keperluan. MATLAB biasanya digunakan untuk penelitian, pengembangan sistem, dan desain sistem.

Berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, MATLAB merupakan bahasa pemrograman tertutup. Sehingga, kompilasi program MATLAB harus menggunakan software MATLAB yang dikembangkan oleh MathWorks.

Selain itu, MATLAB juga mendukung pemrograman interpretatif untuk melakukan sejumlah instruksi secara langsung melalui CLI (command line interface). Beberapa contoh aplikasi MATLAB di berbagai disiplin ilmu di antaranya,
1. Matematika
Sebagai ilmu yang dikenal sebagai "The Mother of Science" sudah tentu, MATLAB dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan matematika baik dari perhitungan biasa, simulasi fungsi maupun pemodelan matematika.

2. Statistika
Statistika adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, interpretasi, dan presentasi data. MATLAB juga menyediakan berbagai tools statistik seperti time series, neural network, dan lain-lain.

3. Finansial
Permasalahan finansial dapat diselesaikan dengan MATLAB seperti inflasi, suku bunga maupun permasalahan kompleks lainnya. Banyak tool seperti financial time series.

4. Teknik dan Komputasi
MATLAB dapat membantu dalam perancangan desain suatu sistem dan analisis suatu algoritma. Tersedia banyak tool seperti fuzzy logic designer, control system tuner, control system designer, linear system analyzer, neuro fuzzy designer, dan system identification.

5. Biologi
Perkembangan dunia semakin maju, dua ilmu dengan basis yang berbeda antara biologi dan teknologi sekarang bisa disatukan. MATLAB memungkinkan untuk melakukan analisis sistem organ, jaringan, bahkan DNA manusia, dan perancangan organ buatan. Banyak tool yang dapat digunakan seperti molecule viewer, Symbiology.

6. Komunikasi dan Jaringan
Industri besar dunia menggunakan MATLAB dalam analisis pengembangan sistem komunikasi dan jaringan. Banyak tools MATLAB untuk disiplin ilmu ini seperti Bit Error Rate Analysis, signal analysis dan lain-lain.

Kelebihan MATLAB (Matrix Laboratory)
1. MATLAB sangat handal dalam perhitungan array atau matriks. Keandalan ini dapat dilihat dari menetapkan variabel melalui array sederhana atau nilai analitik ke operasi aritmatika yang cepat.
2. Penugasan sederhana variabel ke nilai array atau tipe matriks didasarkan pada kenyataan bahwa Anda tidak perlu menentukan ukuran array atau matriks variabel-variabel ini.

Ukuran atau ukuran variabel tipe array ini secara otomatis disesuaikan dengan array yang dialokasikan. Artinya, ukuran variabel array ini bersifat dinamis. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan ukuran variabel yang dibutuhkan untuk proses perhitungan.

Kekurangan MATLAB (Matrix Laboratory)
Jika Anda ingin menyimpan hasil yang dihitung hanya di memori tanpa menampilkannya, tambahkan titik koma di akhir perintah. Agar bisa langsung tersimpan.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "MATLAB: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Sistem, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya"