Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RGB (Red, Green dan Blue): Pengertian, Penggunaan, Format, Kelebihan, Kekurangan, dan Perbedaannya dengan CMYK

Pengertian RGB atau Red, Green dan Blue
RGB (Red, Green dan Blue)

Pengertian RGB (Red, Green dan Blue)
RGB (Red, Green dan Blue) adalah suatu model warna yang ditambahkan dengan berbagai cara untuk menghasilkan bermacam-macam warna. RGB merupakan ruang warna untuk gambar digital seperti televisi dan komputer, walaupun juga telah digunakan dalam fotografi biasa.

RGB merupakan model warna yang bergantung kepada peranti. Peranti yang berbeda akan mengenali atau menghasilkan nilai RGB yang berbeda, karena elemen warna (seperti fosfor atau pewarna) bervariasi dari satu pabrik ke pabrik, bahkan pada satu peranti setelah waktu yang lama.

Penggunaan Warna RGB (Red, Green dan Blue)
Mode warna RGB akan berguna jika tujuan akhir proyek desain layar digital. Hal ini juga berlaku untuk apa pun yang melibatkan komputer, smartphone, tablet, TV, kamera, dan lain-lain. Umumnya RGB akan digunakan jika proyek desain melibatkan di antaranya,
1. Desain web dan aplikasi: Ikon, Tombol, Grafis
2. Branding: Logo online, Iklan online
3. Media sosial: Gambar untuk posting, Foto profil, Latar belakang profil
4. Konten visual: Video, Grafik digital, Infografis, Foto untuk situs web, media sosial, atau aplikasi
 
Format Penggunaan  RGB (Red, Green dan Blue) Terbaik
Mengingat RGB lebih sering dipakai untuk design berbentuk digital, maka format yang terbaik untuk menggunakan RGB di antaranya,
1. JPEG ideal untuk file RGB karena merupakan jalan tengah yang bagus antara ukuran dan kualitas file, dan dapat dibaca hampir di mana saja.
2. PSD adalah file sumber standar untuk dokumen RGB, dengan asumsi semua anggota tim bekerja dengan Adobe Photoshop.
3. PNG mendukung transparansi dan lebih baik untuk grafik yang perlu ditumpangkan di atas yang lain. Pertimbangkan jenis file ini untuk elemen antarmuka seperti tombol, ikon, atau spanduk.
4. GIF yang menangkap gerakan, jadi jika Anda menggunakan elemen animasi, seperti logo bergerak atau ikon memantul, jenis file ini akan ideal.
 
Sebaiknya hindari  format design seperti TIFF, EPS, PDF, dan BMP untuk memakai warna RGB. Format ini tidak kompatibel dengan kebanyakan perangkat lunak, belum lagi mereka bisa jadi terlalu besar dalam hal data.
 
Kelebihan dan Kekurangan Mode Warna RGB (Red, Green dan Blue)
Kelebihan mode warna RGB adalah kemudahan menyalin gambar dan memindahkannya tanpa harus melakukan convert ke mode warna lain. Tentunya RGB sudah cukup banyak memiliki fitur sehingga tidak perlu menggunakan mode lain saat menyalin file.

Kelemahan mode warna ini adalah tidak bisa dicetak sempurna dengan printer. Seperti yang sudah diketahui, bahwa mesin printer menggunakan mode CMYK sehingga ketika dicetak Anda harus melakukan convert terlebih dahulu.

Perbedaan RGB (Red, Green dan Blue) dan CMYK
Istilah dalam desain grafis yang kerap beriringan dengan RGB adalah CMYK. Keduanya memiliki berbagai perbedaan di antaranya,
1. Susunan warna
Pertama, susunan warna keduanya berbeda. RGB disusun oleh merah, hijau, dan biru. Sementara itu, CMYK merupakan gabungan antara cyan, magenta, kuning, serta hitam.

2. Prinsip penggabungan warna
Warna dasar RGB adalah hitam. Campuran warna diberikan dan ditambah. Gabungan inilah yang membangun gambar. Hal ini berbeda dengan CMYK. Sistem warna ini dimulai dari putih. Campuran warna diambil dan dikurangi darinya. Pengurangan inilah yang membangun gambar.

3. Tujuan desain
RGB ideal untuk gambar digital. Contoh dari gambar digital di antaranya aplikasi dan website, iklan online, konten media sosial, video, infografis, foto, dan lain-lain. Lain halnya dengan CMYK. Ia lebih tepat digunakan untuk desain cetak. Misalnya kartu nama, stiker, iklan cetak, poster, brosur, desain kaus, desain kemasan, menu di restoran.

4. Bentuk dokumen terbaik
Bentuk dokumen berwarna RGB yang ideal di antaranya,
a. JPEG, kualitas cukup baik dengan ukuran file tak terlalu besar
b. PSD, standar dokumen RGB terbaik (dengan asumsi kamu menggunakan Adobe Photoshop)
c. PNG, kualitas baik, punya fitur transparansi
d. GIF, bentuk ideal untuk gambar digital bergerak

Sementara itu, bentuk dokumen CMYK yang ideal di antaranya,
a. PDF, kualitas baik dan mudah dibuka oleh siapa pun
b. AI, standar dokumen CMYK terbaik (dengan asumsi kamu menggunakan Adobe Illustrator)
c. EPS, alternatif dari AI untuk aplikasi ilustrasi vektor lainnya

Baca Juga: CMYK (Cyan Magenta Yellow Key): Pengertian, Penggunaan, Format, dan Perbedaannya dengan RGB

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "RGB (Red, Green dan Blue): Pengertian, Penggunaan, Format, Kelebihan, Kekurangan, dan Perbedaannya dengan CMYK"