Google Dance: Pengertian, Penyebab, Ciri, Pengaruh terhadap SEO, dan Cara Menghadapinya

Pengertian Google Dance
Google Dance
Pengertian Google Dance
Google Dance adalah sebuah fenomena naik turunnya peringkat yang dialami suatu situs web di Google dengan sangat cepat. Google Dance terjadi karena Google berusaha mengevaluasi ulang halaman dan menentukan peringkat yang paling tepat untuk halaman tersebut.

Sebuah situs web yang terkena Google Dance, SERP nya akan berpindah-pindah yang di nomor satu bisa berada di terbawah atau sebaliknya, terutama yang menggunakan teknik SEO. Biasanya Google melakukan ini berulang kali hingga mendapatkan data yang cukup untuk memutuskan peringkat yang stabil.

Goole Dance tidak pandang bulu dalam mengacaukan sebuah situs, baik situs orisinil atau tidak, memiliki artikel banyak atau tidak, di halaman satu atau tidak, Google Dance bagaikan sebuah riak di dalam air, mengacaukan semuanya.

Penyebab Umum Google Dance
Google dance terjadi karena Google berusaha memberikan kesempatan kepada halaman-halaman baru untuk mendapatkan pengunjung. Hal ini dilakukan untuk menilai user experience terhadap sebuah website baru.

Terdapat beberapa hal yang bisa mempengaruhi Google Dance ini di antaranya,
1. Usia Website
Semakin muda usia website, maka akan semakin sering mengalami Google Dance.

2. Persaingan Kata Kunci
Jika suatu website menghadapi persaingan kata kunci yang berat, maka Google Dance akan semakin sering terjadi. Hal ini logis karena pesaing di kata kunci berat sangat banyak. Jadi Google harus lebih sering melakukan pencarian data user experience.

3. Pengeditan
Jika Anda melakukan pengeditan di konten atau restrukturisasi internal link, maka jelas bisa membuat ranking Anda mengalami dance.

4. Peringkat Website Anda
Semakin tinggi peringkat, maka akan semakin jarang Google Dance terjadi. Dengan kata lain, jika website Anda masih di halaman 2 atau 3, jatuh ke halaman 5 atau 7 itu biasa saja. Sebaliknya, naik dari halaman 7 ke halaman 3 juga bisa saja terjadi.

5. Menerbitkan artikel baru
Pada saat Anda aktif menebitkan artikel baru tentunya itu bisa mempengaruhi bobot website Anda secara keseluruhan. Jika artikel-artikel baru Anda kurang relevan, maka itu bisa memperkuat Google Dance yang terjadi.

6. Mencari Backlink
Jika website Anda mendapat banyak backlink dalam waktu cepat, maka akan terjadi dance. Semakin banyak dan semakin berotoritas backlink yang didapatkan, maka ayunan dari Google Dance juga bisa semakin besar. Tapi tentunya hasil akhirnya bisa lebih tinggi dari peringkat sebelumnya.

7. Trend Naik
Jika trend dari niche Anda mengalami kenaikan popularitas, maka hal itu akan memicu pertambahan pesaing. Naiknya popularitas niche juga akan menimbulkan Google Dance di dalam niche yang kita kembangkan.

Cir Website Terkena Google Dance
Halaman website yang mengalami indikasi terkena Google Dance dapat diketahui dengan beberapa ciri berikut di antaranya,
1. Situs masih terindeks dengan baik oleh SERP Google maupun oleh search engine lain, namun memiliki SERP Positions khusus di Google yang berbeda-beda setiap hari bahkan setiap jamnya.
2. Situs dapat di temukan pada salah satu kata kunci yang Anda bidik. Namun, pada kata kunci yang lain tidak muncul alias tidak tepat dengan kata kunci yang Anda bidik.
3. Situs kadang kala muncul di SERP dan kadang tidak muncul. Ada beberapa kata kunci yang Anda bidik, namun menghasilkan SERP yang berbeda.

Pengaruh Google Dance terhadap SEO
Anda tidak perlu khawatir dengan fluktuasi peringkat dan penurunan trafik yang disebabkan oleh fenomena ini. Sebab, hal ini hanya bersifat sementara. Setelah jangka waktu tertentu peringkat dan trafik situs web akan kembali meningkat.

Google menyadari bahwa implementasi strategi SEO yang tepat tidak langsung menghasilkan peningkatan peringkat secara langsung. Namun, jika Anda sabar dan terus melakukan optimasi maka usaha Anda akan menghasilkan kenaikan peringkat yang stabil.

Cara Menghadapi Google Dance
Jika artikel Anda mengalami dampak dari Google Dance sebaiknya jangan panik. Karena hal itu harus di hadapi dengan tenang. Berikut ini cara menghadapi pengaruh dari Google Dance di antaranya,
1. Mengurangi link in, terutama pada sisi on page SEO. Bila mana perlu, blok link yang terlalu banyak masuk ke web Anda, sehingga tidak tercatat berlama-lama di cache google tools.
2. Lakukan update konten dengan kata kunci yang paling Anda bidik, tentunya lakukan dengan wajar, terutama yang relevan dengan isi sebelumnya. Jika terjadi diferensiasi update konten, Google akan mendeteksi ini sebagai konten baru.
3. Update dan tambahkan konten yang original secara teratur.
4. Jangan terlalu sering mengoptimasi situs, terutama dari sisi on-page, karena akan membuat google dance semakin bingung menentukan posisi SERP. Cukup kurangi link-in, dan lakukan update sewajarnya.
5. Kalau sudah bisa memastikan konten dan kata kunci yang Anda bidik terkena Google Dance, hentikan mencari backlink berlebihan.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Google Dance: Pengertian, Penyebab, Ciri, Pengaruh terhadap SEO, dan Cara Menghadapinya"