Ekonomi Terapan: Pengertian, Penggunaan, Cara Kerja, dan Contohnya

Pengertian Ekonomi Terapan atau Applied Economy
Ekonomi Terapan (Applied Economy)
Pengertian Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan (applied economy) adalah ilmu ekonomi yang lebih berfokus pada pemanfaatan ilmu ekonomi secara praktis. Ekonomi terapan memanfaatkan teori ekonomi untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi tertentu. Teori ekonomi dipakai untuk membuat kebijakan ekonomi atau pedoman-pedoman yang tepat.

Ekonomi terapan menggunakan beberapa ilmu teori ekonomi seperti pengukuran, metode analisis statistik dan ekonometrika. Hal ini bertujuan untuk menjelaskan fenomena ekonomi dan untuk menginformasikan kebijakan ekonomi dengan akurat. Untuk itu, ilmu ekonomi terapan dianggap sebagai sarana untuk solusi bagi masalah-masalah praktis.

Ekonomi Terapan Menurut Para Ahli
Amrizal dalam buku berjudul Pengantar Ekonomi Mikro, ekonomi terapan (applied economics) bisa dikatakan suatu aktivitas menggunakan hasil-hasil pemikiran yang terkumpul dalam teori ekonomi untuk menerangkan keterangan-keterangan yang dikumpulkan oleh ekonomi deskripsi, atau lebih tegasnya bahwa yang menjadi sasaran utama adalah pemanfaatan teori ekonomi sesuai objek yang menjadi tujuan pembahasan.

Penggunaan Ekonomi Terapan
Dalam kombinasi dengan analisis ekonomi dan ekonometrika, ia menggunakan teori-teori ekonomi yang berbeda untuk penerapan kebijakan yang, dalam satu atau lain cara, mencoba untuk memperbaiki atau memecahkan masalah tertentu – konjungtural (jangka pendek) atau struktural (jangka panjang) – yang melalui ekonomi.

Di antara masalah-masalah yang dapat ditimbulkan oleh suatu ekonomi dan beberapa bidang di mana ekonomi terapan digunakan, perlu disoroti di antaranya,
1. Ekonomi pembangunan.
2. Sejarah ekonomi .
3. Ekonomi moneter.
4. Kebijakan ekonomi .
5. Ekonomi kesehatan.
6. Organisasi industri
7. Ekonomi tenaga kerja.

Cara Kerja Ekonomi Terapan
Sebagai ilmu terapan, ilmu ekonomi ini diaplikasikan dengan menggunakan teori ekonomi sebagai dasarnya. Dengan menggunakan teori ekonomi sebagai dasarnya, hal ini dapat memunculkan serta mengembangkan pertanyaan mengenai keadaan atau situasi ekonomi. Setelah itu, pertanyaan tersebut dicari tahu jawabannya dengan memanfaatkan sumber data yang dimiliki dan kerangka acuan lainnya.

Hipotesis yang mungkin muncul dalam ilmu ekonomi terapan dapat diambil dari hukum serta model ekonomi yang sifatnya lebih umum. Ilmu ekonomi terapan dapat menggambarkan hasil potensial dari pilihan keuangan yang diambil individu. Sebagai contoh ada seorang individu yang ingin membeli mobil mewah, dengan keuangan yang terbatas. Individu tersebut akan melakukan penilaian biaya dan dampak jangka panjangnya jika ia membeli mobil mewah tersebut.

Misalnya harus membayar pajak dan biaya perawatan yang mahal. Adanya penilaian dan pemikiran ini akan membantu individu tersebut berpikir apakah dengan membeli mobil mewah tersebut, ia bisa mendapat manfaat yang besar. Maka dapat disimpulkan jika cara kerja ekonomi terapan ialah dengan menggunakan teori dan kajian ekonomi. Ilmu ekonomi ini juga membantu individu atau organisasi dalam proses pengambilan keputusan, dengan memperhatikan berbagai aspek yang ada.

Contoh Ekonomi Terapan
Terdapat beberapa contoh ilmu ekonomi terapan yang terdapat dalam kehidupan masyarakat  di antaranya,
1. Ekonomi Perusahaan
Ekonomi perusahaan adalah salah satu ilmu ekonomi terapan yang membahas tentang kenyataan ekonomi dan gejala-gejala yang dialami oleh suatu perusahaan. Terdapat banyak faktor masalah dan solusi di dalam perusahaan yang nantinya dapat menyebabkan kegagalan maupun keberhasilan dari perusahaan tersebut.

Berdasarkan pokok persoalannya, ilmu ekonomi perusahaan terbagi menjadi lima bagian, antara lain persoalan tentang harga pokok, persoalan tentang pembelanjaan, persoalan tentang neraca, persoalan tentang organisasi dan teknik perniagaan, dan persoalan tentang organisasi.

2. Ekonomi Moneter
Ekonomi moneter adalah contoh ilmu ekonomi terapan yang secara khusus mempelajari tentang fungsi, sifat, serta pengaruh dari keuangan terhadap kegiatan ekonomi.

Pokok persoalan dalam ekonomi moneter yang dipelajari antara lain peranan dan fungsi uang dalam perekonomian, sistem moneter dan pengaruhnya terhadap jumlah uang beredar dan kredit, struktur dan fungsi bank sentral, pengaruh jumlah uang beredar dan kredit terhadap kegiatan ekonomi, serta pembayaran dan sistem moneter internasional.

3. Ekonomi Perbankan
Ekonomi perbankan adalah contoh ilmu ekonomi terapan yang mempelajari secara mendalam mengenai keuangan, produksi, dan pendistribusiannya kepada kelompok masyarakat di suatu negara, lengkap dengan peranan dan pentingnya keuangan.

4. Ekonomi Pasar Bebas
Ekonomi pasar bebas merupakan pasar ideal ketika seluruh keputusan ekonomi dan aktivitas individu yang berhubungan dengan uang, barang, dan jasa adalah sukarela. Penjual dan pembeli memiliki kebebasan dalam memutuskan masalah perdagangan dan bisnis mereka, termasuk yang menyangkut dengan barang, uang, dan jasa.

5. Ekonomi Pancasila
Seperti namanya, ilmu ekonomi Pancasila adalah sebuah sistem perekonomian yang didasarkan atas lima sila dalam Pancasila.

6. Ekonomi Kesehatan
Ekonomi kesehatan merupakan contoh ilmu ekonomi terapan yang fokus terhadap terapan ilmu ekonomi di bidang kesehatan, baik kesehatan individu maupun kesehatan masyarakat.

7. Ekonomi Pembangunan
Contoh ilmu ekonomi terapan ini mempelajari tentang aspek-aspek ekonomi dalam proses pembangunan negara berkembang. Ekonomi pembangunan fokus pada metode pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan perubahan sosial.

8. Ekonomi Syariah
Terakhir adalah ekonomi syariah. Contoh ilmu ekonomi terapan ini merupakan ekonomi terapan yang memandang, menganalisis, dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan ekonomi dengan berlandaskan prinsip Islam, yaitu berdasarkan Al-Qur’an dan sunah nabi.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Ekonomi Terapan: Pengertian, Penggunaan, Cara Kerja, dan Contohnya"