Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yandex Mail: Pengertian, Sejarah, Fitur, dan Cara Menggunakannya

Pengertian Yandex Mail
Yandex Mail

Pengertian Yandex Mail
Yandex Mail adalah layanan e-mail gratis yang dikembangkan oleh Yandex. Yandex merupakan salah satu search engine terpopuler asal Rusia yang mempunyai market share sebesar 1.53% di seluruh dunia. Yandex Mail termasuk ke dalam tipe webmail atau web-based email.

Layanan ini juga hadir dalam bentuk mobile app. Selain itu, Yandex Mail mendukung protokol Post Office Protocol (POP) yang memungkinkan mengakses email meskipun sedang offline. Protokol ini juga dikenal karena kemampuannya dalam menggunakan bandwidth internet yang lebih sedikit.
 
Selain POP, layanan ini juga menggunakan protokol Internet Message Access Protocol (IMAP). Protokol inilah yang memungkinkan untuk mengakses email dari perangkat apapun dan dari lokasi manapun.

Sejarah Yandex Mail
Yandex Mail mulai breoperasi di tanggal 26 Juni tahun 2000. Tahun 2009, layanan gratis juga diluncurkan yakni Yandex Mail untuk domain sehingga pengguna bisa membuat 1000 akun email hanya dalam 1 domain.

Tahun 2010, filter spam individual juga ditambahkan dan penerjemah email ditambahkan di tahun 2011. Pada awalnya hanya untuk bahasa Inggris serta Ukraina dan pada tahun 2016, 40 bahasa kembali ditambahkan.

Tahun 2012, Yandex Mail menjadi yang tercepat dalam perkembangan dan menjadi salah satu dari 5 layanan email terpopuler di Eropa dengan 25 ribu pengunjung unik per bulan. Tahun 2013, template email kembali ditambahkan ke Yandex Mail.

Sejak bulan Juni 2013, layanan tersebut mempunya penanda email yang membedakan surat masuk atas dasar jenisnya. Di bulan September tahun 2020, Yandex Mail 360 menggantikan Yandex Mail untuk domain.

Ini merupakan gabungan dari beberapa layanan yakni Yandex Mail, kalender, disk, kontak dan catatan, messenger serta memberikan pengguna ruang kosong sebanyak 20 GB.

Fitur Yandex Mail
Berikut beberapa fitur unggulan yang ditawarkan Yandex Mail di antaranya,
1. Kapasitas Storage yang Cukup Besar
Setiap akun baru di Yandex Mail akan memperoleh kapasitas cloud storage minimal 10GB di Yandex Disk. Jumlah tersebut bisa digunakan untuk menyimpan lebih dari 3 juta email. Kabar baiknya, Anda juga bisa meningkatkan skala storage tersebut jika diperlukan.    

2. Fitur Keamanan yang Handal
Yandex Mail dibekali dengan banyak fitur keamanan yang handal di antaranya,
a. Spam filtering. Menyaring dan mencegah spam email masuk ke inbox Anda.
b. Built-in antivirus. Memproteksi akun Anda dari malware, phishing, dan berbagai ancaman digital lainnya.
c. PIN dan fingerprint. Mencegah unauthorized users membuka akun Anda.
d. Activity log. Mendeteksi aktivitas yang mencurigakan pada akun email Anda.
e. Block sender. Memblokir pengirim tertentu yang dianggap mencurigakan, berbahaya, atau mengganggu.  
f. SSL/TLS connections. Mendukung cryptographic protocol yang aman dan terenkripsi dengan sangat baik.

3. Kemudahan Membuat Auto-Reply Template  
Yandex Mail memungkinkan Anda untuk menyimpan email yang Anda buat sebagai template, dan kemudian menggunakannya kembali di lain waktu.

Uniknya, Anda juga bisa menambahkan template tersebut ke auto-reply, sehingga dapat merespons email dengan lebih mudah hanya dalam sekali klik.

4. Organisasi Email Lebih Mudah
Di Yandex Mail, Anda dapat mengelola seluruh email Anda dalam sebuah folder maupun label. Yang menarik, Anda nantinya bisa melakukan pencarian berdasarkan folder maupun label tersebut.   

5. Opsi Kustomisasi yang Lengkap
Yandex Mail membebaskan Anda untuk melakukan kustomisasi interface-nya sesuai dengan keinginan Anda. Tersedia pula mode gelap atau dark theme untuk mengurangi penggunaan daya perangkat Anda, sekaligus memberikan kenyamanan kepada Anda untuk membaca email.

6. Akses Email Secara Offline
Anda akan tetap bisa melihat dan menulis email meski koneksi internet Anda sedang terputus. Yandex Mail nantinya akan secara otomatis mengirimkan pesan Anda ketika jaringan kembali normal.    
 
7. Tersedianya Light Version  
Yandex Mail hadir dengan Light Version atau HTML version yang bisa Anda aktifkan hanya dengan sekali klik. Versi ini memang mempunyai tampilan yang sederhana, namun mempunyai performa yang sangat cepat—menjadikannya opsi ideal bagi Anda yang mempunyai jaringan internet yang lambat.  

8. Terintegrasi dengan Berbagai Layanan Yandex  
Akun Yandex Mail Anda akan terhubung dengan berbagai layanan Yandex lainnya. Yandex Disk adalah salah satunya. Dengan platform penyimpanan berbasis cloud ini, Anda kemudian bisa mengirimkan file berukuran besar melalui email Anda.

9. Kemudahan Menjadwalkan Waktu Pengiriman Email
Dengan fitur timer, Anda dapat menentukan waktu pengiriman email Anda dengan gampang. Jadi, Anda tak perlu lagi resah kalau akan Anda akan lupa mengirimkan pesan penting Anda. Anda juga tidak harus bersusah payah menunggu hingga tengah malam untuk sekedar menulis email kepada rekan kerja Anda di negara lain.

10. Menawarkan Built-In Document Viewer
Dengan Yandex Mail, Anda bisa langsung melihat file yang Anda terima langsung dari inbox, tanpa harus menginstal aplikasi apapun. Beberapa contoh format file yang didukung di antaranya DOC, XLS, PPT, PDF, ZIP, RAR, FB2, EPUB, dan masih banyak lainnya.

Di samping itu, Yandex Mail juga mendukung berbagai format gambar seperti JPG, PNG, GIF, TIFF, PSD, dan AI. Dan yang lebih menarik lagi, Anda juga bisa memutar file audio dan video dari area email Anda.

Cara Menggunakan Yandex Mail
Cara Membuat Yandex Mail
Berikut beberapa langkah untuk membuat Yandex Mail di antaranya,
1. Silahkan buka situs layanan email resmi dari Yandex Mail kemudian klik Create Account.
2. Anda akan dibawa menuju halaman Registration atau pendaftaran.
3. Silahkan masukkan identitas diri dari mulai nama depan dan belakang, alamat email yang diinginkan, username, password dan nomor ponsel kemudian klik Register.
4. Jika sudah memasukkan nomor ponsel ketika mengisi halaman form sebelumnya, maka silahkan periksa SMS konfirmasi yang dikirimkan. Kemudian masukkan serial number dan klik Send.
5. Nomor ponsel yang sudah dikonfirmasi bisa dijadikan sebagai nama alamat email yakni dengan mengubah tombol of menjadi on. Namun jika tidak bisa, maka silahkan klik Create Account.
6. Pop up akan ditampilkan yang menjelaskan jika alamat email Anda sudah terdaftar dan bisa langsung dipakai untuk membagikannya di Twitter serta Facebook. Namun jika tidak ingin, maka bisa klik Close atau tanda silang.

Anda sudah bisa menggunakan akun email ini untuk mengirim email dengan cara membuka Compose lalu masukkan alamat email yang dituju, subject serta judul email. Sesudah itu, silahkan klik Send.

Cara Login dan Logout Akun Yandex Mail
Bagi yang tertarik ingin kustomisasi Yandex Mail dengan Google Mail, maka bisa login lewat aplikasi pada android atau iPhone agar bisa sinkron jika ada email yang masuk. Berikut adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk login dan logout pada android di antaranya,
1. Sesudah selesai download aplikasi pada Google Playstore, maka aplikasi bisa dijalankan dari Play Store atau home screen dengan cara memilih aplikasi Mall.
2. Layanan email bisa dibuka langsung pada Yandex Mail. Bahkan apabila anda punya email yang tidak ada di dalam daftar, maka Anda dapat masuk ke menu other email dengan lengkap.
3. Di halaman login, silahkan ketik nama email Yandex yang bisa juga dilengkapi dengan @yandex.ru atau @yandex.com atau juga bisa hanya nama email lalu pilih Next.
4. Meski hanya mengetikkan nama email, namun nama lengkap email akan terbaca dan ditampilkan ketika anda sedang mengisi password email.
5. Silahkan ketik password email kemudian pilih Sign in.
6. Lanjutkan dengan memilih Continue to inbox.
7. Untuk logout dari akun Yandex Mail, caranya sangat mudah yakni dengan memilih Garis Tiga pada tepi kiri atas di aplikasi Yandex tersebut.
8. Kemudian silahkan pilih logout

Baca Juga: Yandex: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Layanan, Kelebihan, Kekurangan, dan Perbandingannya dengan Google

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Yandex Mail: Pengertian, Sejarah, Fitur, dan Cara Menggunakannya"