Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

WinZip: Pengertian, Fungsi, Cara Memasang, dan Perbedaannya dengan WinRar

Pengertian WinZip
WinZip

Pengertian WinZip
WinZip adalah software shareware pengarsipan dan kompresi berkas yang dibuat oleh WinZip Computing (sebelumnya Nico Mak Computing) pada awal tahun 1990-an. Dewasa ini aplikasi Winzip sudah mendukung berbagai perangkat komputer, mulai dari perangkat komputer berbasis Windows, Mac OS bahkan juga perangkat mobile Android.

WinZip merupakan software kompresi pertama, yang masih populer digunakan sejak dipakai April 1991 silam. Awalnya dibuat untuk kompresi file tetapi sekarang jangkauan fasilitasnya telah ditingkatkan. Anda dapat menggunakannya untuk berbagi file, manajemen file, konversi PDF ke Word & sebaliknya, pembaruan driver, pengoptimalan registri, perlindungan kurir dan malware.

Membuat zip dan mengirim file berukuran besar menjadi sangat mudah oleh software ini. Selain itu, versi pendamping email WinZip untuk MS Outlook 2002, 03 dan 07, MS Word, PowerPoint, Excel untuk versi yang dijelaskan sama juga tersedia.

Fungsi WinZip
WinZip memiliki fungsi utama sebagai archive, extract, compress, dan decompress. Tentu saja aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna komputer guna untuk mengkompres (compress) file ataupun folder yang semula berukuran besar dijadikan lebih kecil tanpa mengurangi mutu file yang di kompres tersebut.
1. Fungsi Archive. Fungsi dari Archive pada Software WinZip ini adalah untuk menyimpan file-file yang ada pada computer menjadi satu file.
2. Fungsi Extract. Pada umumnya, fungsi Extract pada software WinZip ini adalah untuk membuka suatu file dan memasukannya pada system hardisk.
3. Fungsi Compress. Fungsi compress ialah untuk mengecilkan suatu ukuran file dengan mengubah kod-kod dari file menjadi lebih efisien. Software ini dapat membuka file compressi yang berekstensi .b64, .cab, .gz, .lzh, .mim, .tar, .uue, .xxe dan tentu saja .zip.
4. Fungsi Decompress. Ada compress tentu saja juga ada decompress. Decompress ini memiliki kegunaan untuk mengganti file compress menjadi kod normal.
 
Cara Memasang WinZip di Windows
Selesai mendownload Winzip, berikut langkah-langkah instalasinya,
1. Klik 2x file aplikasi Winzip
2. Klik tombol next.
3. Biarkan proses berjalan sampai selesai.
4. Klik tombol done.
5. Aplikasi Winzip sudah bisa digunakan.

Perbedaan WinRar dan WinZip
1. WinRar tersedia dalam 45 bahasa sedangkan WinZip hanya tersedia dalam tujuh bahasa, yang enam kali lebih kecil dari WinRar.
2. WinRar menyediakan opsi kompresi RAR standar dan kompresi solid, yang tidak tersedia oleh WinZip.
3. Ekstrak dari file yang rusak, arsip terpisah dan pengaturan ukuran kamus kompresi benar-benar diabaikan oleh WinZip tetapi tersedia oleh WinRar.
4. Jeda dan pengaturan ukuran setelah setiap volume tersedia oleh WinRar bukan oleh WinZip.
5. Tingkat konversi WinZip untuk file teks, file kata, file bitmap dan file 3D CAD dua kali lebih banyak daripada WinRar.
6. Fitur keamanan WinRar lebih maju dan protektif daripada WinZip.
7. Dengan bantuan WinRar Anda dapat membongkar 17 file arsip sementara WinZip hanya menyediakan 13 opsi file arsip.
8. WinZip berguna untuk multi-tugas selain kompresi sederhana. Ini menawarkan Anda konversi file PDF ke MS Word & sebaliknya, pembaruan driver dan perlindungan malware juga, yang tidak ada di WinRar.
9. WinRar menerima format WinZip tetapi WinZip tidak mengizinkan format file WinRar.

Baca Juga: WinRAR: Pengertian, Fungsi, Fitur, Cara Penggunaan, Kelebihan, Kekurangan, serta Perbedaannya dengan WinZip

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "WinZip: Pengertian, Fungsi, Cara Memasang, dan Perbedaannya dengan WinRar"