Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CRUD: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Pengertian CRUD atau create, read, update, and delete
CRUD (Create, Read, Update, and Delete)
Pengertian CRUD
CRUD (create, read, update, and delete) adalah fungsi-fungsi utama yang diimplementasikan dalam aplikasi database. Umumnya fungsi tersebut diimplementasikan pada aplikasi pengelola basis data, seperti Oracle, MySQL, SQL Server dan lain sebagainya.

CRUD merupakan metode yang dapat dihubungkan dengan tampilan antarmuka sebagai fasilitator untuk melakukan perubahan data atau tampilan informasi berbentuk formulir, tabel atau laporan. Bentuk ini nantinya akan ditampilkan dalam browser atau aplikasi pada perangkat komputer pengguna.

Fungsi CRUD
1. Create
Create memungkinkan penggunanya untuk menciptakan catatan atau rekaman baru dalam database. Penyebutan fungsi create pada aplikasi database relasional SQL disebut INSERT, sedangkan dalam Oracle HCM Cloud disebut CREATE.

Catatan dalam hal ini adalah baris dan kolom disebut dengan atribut. Setiap pengguna dapat membuat baris atau row baru dan mengisinya dengan data yang sesuai dengan setiap atribut. Namun, hanya administrator saja yang dapat menambahkan atribut baru ke dalam tabel tersebut.

2. Read
Read berfungsi dalam proses pengambilan dari sebuah database. Proses ini terjadi jika ingin melakukan proses sign in atau masuk ke suatu situs tertentu. Saat mengklik sign in atau login, situs tersebut akan melakukan proses read dan memverifikasi akun yang dimasukkan.

Fungsi read hampir sama dengan fungsi search (pencarian), yang memungkin untuk mengambil record tertentu dan membacanya. Pengguna dapat menemukan record yang diinginkan dengan menggunakan kata kunci (keyword), atau dengan memfilter data berdasarkan kriteria yang sudah disesuaikan.

3. Update
Update berfungsi untuk memodifikasi atau mengubah record yang sudah ada dalam database. Untuk dapat memodifikasi record secara keseluruhan, Anda mungkin harus mengubah informasi dalam berbagai bidang.

Ketika sedang melakukan proses update, Anda harus menentukan tabel target dan kolom yang akan diperbarui. Anda juga harus menghubungkan nilai dan baris yang terkait. Setelah melakukan perubahan, database akan memberikan respons dengan memperbaharui data lama.

4. Delete
Fungsi terakhir dalam CRUD adalah delete yang memungkinkan untuk menghapus record dari database yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Baik SQL maupun Oracle HCM Cloud memiliki fungsi delete yang mengizinkan penggunanya untuk menghapus lebih dari satu records di database.

Beberapa aplikasi database relasional memberikan pilihan pada user untuk melakukan hard delete atau soft delete. Hard delete berarti menghapus secara permanen. Sementara soft delete, mungkin hanya memperbarui status row yang menunjukkan bahwa baris tersebut telah dihapus, tanpa menghilangkan data yang ada di dalamnya.

Cara Kerja CRUD
CRUD bekerja tergantung dari sistem yang dibuat. CRUD merupakan inti dari sebagian besar website dinamis saat ini. Contoh saat Anda menjadi pelanggan baru dari layanan host, pertama kali Anda akan disuruh melengkapi data pelanggan, ini masuk dalam proses Create kemudian data disimpan dalam database.

Setelah itu saat Anda login, otomatis proses Read akan berjalan sesuai dengan id pengguna. Saat Anda menambahkan produk baru kemudian menambahkannya, maka proses Update berjalan. Sampailah pada proses pembayaran, di sinilah proses Search untuk penentuan total harga.

Tetapi Anda ingin menghapus layanan hosting dan upgrade ke VPS, disinilah proses Delete berjalan.

Manfaat Menggunakan CRUD
CRUD merupakan hal yang penting digunakan dalam dunia pemrograman. Terdapat beberapa manfaat CRUD apabila programmer mengimplementasikannya.
1. Operasi pemrograman yang menawarkan fungsi lengkap
Bagi seorang programmer, CRUD adalah metode dasar yang perlu dipelajari. Namun, meskipun terbilang basic, metode ini cukup lengkap dan akan terus digunakan di berbagai skema. Jadi, pastikan kalau Anda sudah benar-benar paham tentang metode ini.

2. Membuat user interface berjalan dengan baik
Sebagian besar aplikasi atau web yang baik akan memungkinkan user untuk bisa melakukan CRUD, mencari entri, mengedit data hingga menghapus data yang tidak diinginkan. Tetapi faktor ini tidak hanya dari kode program yang Anda buat, tapi harus didukung dengan user interface yang baik juga.

3. Digunakan oleh semua bahasa pemrograman
Salah satu keuntungan dari fungsi CRUD adalah dikenal karena fleksibilitasnya yang bisa diimplementasikan ke berbagai bahasa pemrograman seperti, JavaScript, PHP, SQL, Ajax, Java, Python dan lain sebagainya. Selain itu CRUD juga dapat digunakan di framework seperti Codeigniter dan Laravel.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "CRUD: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Manfaatnya"