Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CodeIgniter: Pengertian, Fitur, Manfaat, dan Keunggulannya

Pengertian CodeIgniter
CodeIgniter
Pengertian CodeIgniter
Codelgniter adalah aplikasi sumber terbuka yang berupa kerangka kerja PHP dengan model MVC (Model, View, Controller). Codelgniter memudahkan pengembang web untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal.

CodeIgniter merupakan pilihan framework yang dianggap terbaik jika dibandingkan framework berbasis PHP lainnya. Jenis framework ini paling banyak digunakan karena mampu mempercepat pengembangan web berbasis PHP berdasarkan package serta array library yang lebih luas.

Framework CodeIgniter juga terkenal ringan karena sistem utama framework ini hanya membutuhkan beberapa library kecil sehingga bisa menghemat resource website. Framework CodeIgniter pertama kali diperkenalkan pada tanggal 28 Febrari 2006 hingga saat ini memasuki versi 3.1.11.
 
Fitur CodeIgniter
1. Sangat Ringan
Dibandingkan dengan framework lain, CodeIgniter terkenal ringan dan sistem utamanya hanya membutuhkan beberapa library saja. Membuat CodeIgniter framework yang simple dan cepat.

2. Security dan XSS Filtering
Cross Site Scripting (XSS) merupakan salah satu jenis serangan code injection atau injeksi code, di mana seorang hacker memasukkan code berupa HTML atau script ke suatu situs. CodeIgniter sudah menyediakan filtering dan sistem keamanan di mana kita dapat meningkatkan keamanan situs dan aplikasi kita dari XSS.

3. Template Engine Class
CodeIgniter memiliki opsi untuk menggunakan template parser jika Anda membutuhkannya. Template Engine mungkin berguna bagi Anda yang membutuhkan sintaks yang lebih simple dan mudah digunakan dibanding PHP Native.

Manfaat CodeIgniter
Selain performa dan fitur-fiturnya yang mumpuni, berikut beragam manfaat lain di antaranya,
1. Mampu melacak bug secara otomatis
2. Pengguna dapat mengatur desain dan sistem CodeIgniter sesuai kebutuhannya
3. Keamanan situs web pengguna dijamin baik
4. Memungkinkan pengguna melakukan migrasi data dari satu server ke server lainnya
5. Dapat meningkatkan peringkat seo situs web dengan mudah

Keunggulan CodeIgniter
1. Konfigurasi Minim (Nearly zero configuration)
Dengan framework CodeIgniter web developer akan lebih mudah melakukan konfigurasi file karena sistemnya yang memang sederhana. Ketika menggunakan CodeIgniter Anda hanya perlu melakukan perubahan minor pada bagian file config jika ingin melakukan konfigurasi.

Terlepas dari itu, Anda tentu masih diberikan keleluasaan dalam proses penyesuaian database dan routing dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti autoload.php serta database.php.
 
2. Memiliki Performa Cepat
Framework berbasis PHP ini diklaim memiliki performa yang sangat cepat ketika dibandingkan dengan framework lain. Hal ini disebabkan karena framework CodeIgniter tidak menggunakan template engine dan ORM yang justru berpotensi memperlambat proses load website.

3. Punya Banyak Komunitas
Salah satu keunggulan framework Codeingiter yang perlu Anda garis bawahi adalah banyaknya komunitas pendukung CodeIgniter yang terdiri dari para web developer di seluruh penjuru dunia. Berkat adanya komunitas ini, maka proses bertukar informasi serta mendapatkan wawasan terbaru pun menjadi semakin mudah.

4. File Dokumentasi Lengkap
File dokumentasi menjadi sangat penting ketika ingin mempelajari sesuatu, baik secara otodidak maupun secara formal. Framework CodeIgniter tercatat mempunyai file dokumentasi yang sangat lengkap. Dokumentasi berupa user manual tersebut tentunya bisa diakses dengan mudah untuk dipahami.

Kendati demikian, tetap saja untuk bisa mulai menggunakan framework CodeIgniter diperlukan pengetahuan dasar terkait PHP serta sedikit pengalaman menggunakan comand line Linux.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "CodeIgniter: Pengertian, Fitur, Manfaat, dan Keunggulannya"