Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Berbasis Web: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Aplikasi Berbasis Web
Aplikasi Berbasis Web
Pengertian Aplikasi Berbasis Web
Aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, Javascript, CSS dan bahasa pemrograman populer lainnya. Aplikasi berbasis web membutuhkan web server dan browser untuk menjalankannya, dan dapat berjalan pada jaringan internet maupun intranet (Jaringan LAN).

Aplikasi berbasis web yang tersimpan di web server tersebut nantinya akan ditampilkan dalam bentuk sebuah situs website. Umumnya, aplikasi berbasis web tidak membutuhkan banyak sumber daya dari sisi perangkat keras maupun lunak dibandingkan dengan aplikasi berbasis desktop maupun ponsel.

Dengan aplikasi web, pengguna tidak perlu memasang software tambahan pada perangkat. Pengguna hanya perlu  internet dan web browser untuk mengaksesnya. Selain itu, developer juga tidak perlu mengembangkan beberapa versi dari aplikasi yang sama untuk sistem operasi yang berbeda.

Aplikasi Berbasis Web Menurut Para Ahli
1. Rouse (2011), aplikasi berbasis web adalah sebuah program yang disimpan pada sebuah server kemudian dikirim melalui internet dan diakses melalui antarmuka browser.
2. Remick (2011), aplikasi berbasis adalah sebuah aplikasi yang menggunakan teknologi browser untuk menjalankan aplikasi dan diakses melalui jaringan internet.

Fungsi Aplikasi Berbasis Web
Aplikasi berbasis web memiliki beberapa fungsi dan kegunaan yang berbeda. Apabila di dalam sebuah perusahaan ritel atau perdagangan, aplikasi berbasis web dapat digunakan untuk mengolah data persediaan barang.

Berbeda dengan fungsi pada divisi HRD, aplikasi berbasis web akan digunakan untuk mengolah data karyawan. Ataupun pada dinas-dinas pemerintahan, aplikasi web dapat diimplementasikan untuk keperluan sistem manajemen kepegawaian, pengelolaan arsip, pengelolaan data surat, sistem e-file, dan lain sebagainya.

Jadi sepertinya kegunaan dan implementasi aplikasi berbasis web ini tidak ada batasannya. Oleh sebab itu, pada saat ini banyak sekali platform yang berusaha untuk menyediakan jasa pembuatan aplikasi berbasis web.

Selain itu, beberapa keunggulan kompetitifnya adalah kecepatan aplikasi, sangat ringan, sedikit sumber data, dan juga dapat diakses dengan cepat melalu browser dan koneksi internet ataupun intranet menuju server.

Sehingga hal tersebut memungkinkan para pengguna untuk bisa mengakses data atau informasi perusahaan mereka hanya dengan menggunakan smartphone, laptop, ataupun komputer PC di rumah mereka sendiri dengan mudah.

Alhasil tidak seperti aplikasi-aplikasi desktop yang lain, di mana para pengguna terlebih dahulu harus menginstal perangkat lunak atau aplikasi yang diperlukan hanya untuk mengakses data dan informasi.

Jenis dan Contoh Aplikasi Berbasis Web
Berikut beberapa jenis dan contoh aplikasi web di antaranya,
1. Aplikasi Web Social Media Platform  
Ternyata website social media platform yang sering Anda gunakan sehari-harinya termasuk dari aplikasi berbasis web. Situs sosial media yang bisa Anda akses melalui web browser seperti Facebook, Twitter, dan Instagram adalah contoh dari jenis aplikasi web yang digunakan sebagai media jejaring sosial.

Namun perlu diingat bahwa aplikasi social media terinstall pada perangkat Anda — komputer maupun ponsel, tidak termasuk dari aplikasi web.

2. Aplikasi Web Berbasis Sistem Informasi
Aplikasi web ini akan menyimpan data pengguna dengan sistematis dan terpusat. Fungsi utamanya ini adalah untuk membantu mengatur segala informasi dan data yang disimpan pada web agar bisa diakses dengan lebih cepat dan mudah.

Sistem ini sendiri juga mempunyai beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan dari bidang kerja yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

3. Aplikasi Web eCommerce
Tentunya Anda sudah pernah membuka situs toko online atau eCommerce store pada sebuah browser. Jenis aplikasi berbasis web yang paling umum adalah aplikasi transaksi jual beli secara online ini. Situs seperti Shopee.id dan juga Tokopedia.

Biasanya aplikasi berbasis web jenis e-Commerce akan mempunyai banyak fungsi seperti fitur check-out, fitur add-to-cart, search bar, online payment, dan lain lainnya.

Kelebihan Aplikasi Berbasis Web
1. Dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti perangkat mobile, desktop, dan tablet.
2. Tidak membutuhkan spesifikasi yang besar untuk menjalankan sebuah website.
3. Tidak memerlukan lisensi terkait dengan penggunaan website.
4. Dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi (OS) seperti Windows, Linux, Mac, dll.
5. Dapat ditampilkan dan dilihat kapanpun dan dimanapun, asalkan terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Kekurangan Aplikasi Berbasis Web
1. Membutuhkan jaringan internet yang baik dan stabil agar website yang digunakan dapat terkoneksi dan ditampilkan dengan baik.
2. Membutuhkan sistem keamanan jaringan yang baik, dari sisi server, browser, dan client. Karena website sangat rentan untuk dimasukkan berbagai virus, trash, malware yang berasal dari internet. Dan yang lebih berbahaya lagi adalah sebuah situs dapat diretas oleh hacker apabila tidak ada keamanan sistem yang baik.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Aplikasi Berbasis Web: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh, Kelebihan, dan Kekurangannya"