Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pamflet: Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ukuran, Contoh, dan Perbedaannya dengan Brosur dan Leaflet

Pengertian Pamflet
Pamflet
Pengertian Pamflet
Pamflet dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah surat selebaran. Lengkapnya, pamflet adalah tulisan yang dapat disertai dengan gambar atau tidak, tanpa penyampulan maupun penjilidan, yang dicantumkan pada selembar kertas di satu sisi atau kedua sisinya, lalu dilipat atau dipotong setengah, sepertiga, atau bahkan seperempatnya, sehingga terlihat lebih kecil.

Pamflet dapat pula terdiri dari beberapa lembar kertas yang dilipat atau disatukan secara sederhana sehingga menjadi sebuah buku kecil. Untuk dapat dikategorikan sebagai sebuah pamflet, UNESCO mendefinisikannya sebagai keperluan publikasi yang bisa terdiri dari 5 sampai 48 halaman tanpa sampul, bila lebih dari itu disebut buku.

Ciri Pamflet
Beberapa ciri-ciri pamflet adalah menawarkan suatu produk atau jasa. Selain itu, pamflet juga menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas, serta lebih mudah untuk dipahami oleh setiap pembacanya.

Pamflet juga menggunakan bahasa yang lebih persuasif agar bisa memengaruhi setiap pembacanya agar mau melakukan hal seperti yang terdapat di dalam pamflet, contohnya membeli produk yang ditawarkan di dalam pamflet itu sendiri.

Informasi yang tercantum di dalamnya juga bersifat aktual atau berkaitan dengan hal yang baru atau up to date. Muatan isi gambar dan pamflet juga jelas agar mampu memudahkan para pembaca agar memahami maksud isi dari pamflet.

Tujuan Pamflet
Pamflet memiliki kegunaan sebagai media komunikasi dalam berbisnis. Tujuan penggunaan pamflet adalah untuk mengedukasi, memberi informasi, atau menghibur pembacanya. Selain itu penggunaan pamflet juga bertujuan untuk mempromosikan slogan dan menyampaikan pesan.

Pada perkembangannya, pamflet mulai berisi beragam informasi ataupun publikasi hasil penelitian dan ilmiah. Terdapat tiga tujuan utama dari penggunaan pamflet di antaranya,
1. Untuk mempromosikan produk suatu perusahaan seperti contohnya pada pamflet promosi.
2. Memberikan edukasi dan juga pelajaran kepada pembacanya seperti pamflet pendidikan.
3. Untuk dapat menarik perhatian semua orang yang membaca pamflet tersebut.

Manfaat Pamflet
1. Alat promosi yang hemat biaya
Pamflet adalah salah satu alat utama bagi usaha kecil dan menengah untuk mempromosikan merek mereka tanpa mengeluarkan banyak biaya. Pamflet mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk mendistribusikannya kepada calon pelanggan.

2. Memberikan informasi yang lebih lengkap
Pamflet adalah alat untuk memberikan informasi yang lebih lengkap karena tidak ada batasan karakter seperti pada pemasaran digital. Kamu dapat mencantumkan lebih banyak informasi, selama informasi tersebut tetap terlihat menarik dan teratur. Pamflet yang ideal mencakup gambar dan teks dengan tata letak mudah dibaca dan dipahami.

3. Meningkatkan awareness
Salah satu manfaat pamflet adalah meningkatkan awareness. Dalam sebuah pamflet, kamu dapat melakukan himbauan atau ajakan yang positif, memberikan anjuran seperti pentingnya mencuci tangan, memberikan informasi tentang pentingnya asuransi kesehatan, atau juga bisa memberikan informasi tentang suatu produk atau jasa.

Jenis Pamflet
Perlu Anda ketahui bahwa pamflet pun terbagi lagi menjadi tiga bagian, sesuai dengan jenis dan tujuannya. Beberapa jenis pamflet adalah sebagai berikut:
1. Pamflet Pemerintahan/Layanan Masyarakat. Jenis pamflet ini biasanya digunakan untuk bisa memberikan informasi pada masyarakat sekitar, seperti masalah lokal, peraturan lokal pamflet pemilu, dll.
2. Pamflet Pendidikan. Pamflet pendidikan digunakan agar bisa memberikan informasi pada para pelajar dan juga mahasiswa terkait sains, matematika, teknologi, dan juga materi penunjang yang lainnya.
3. Pamflet Budaya. Pamflet budaya adalah pamflet terakhir yang berisi data geografi, populasi, demografis, statistik, dll.

Ukuran Pamflet
Berikut adalah beberapa ukuran pamflet secara umum di antaranya,
1. A3 (297 x 420 mm)
A3 adalah ukuran pamflet yang paling besar dan paling banyak digunakan. Namun, biaya cetaknya lebih mahal daripada ukuran lainnya. Jenis pamflet ini sangat cocok untuk menyampaikan informasi yang sangat banyak.

Selain itu, jenis pamflet A3 juga bisa dicustom dengan beberapa jenis lipatan agar bisa menjangkau banyak ruang.

2. A4 (210 x 297 mm)
Ukuran A4 adalah ukuran yang sangat standar yang terdapat pada kebanyakan printer rumah ataupun kantor. Pamflet ini seringkali di custom pada berbagai ukuran karena mempunyai ruang yang sangat ideal untuk mempromosikan suatu produk.

Umumnya, ukuran ini paling banyak dicetak dengan kuantitas yang besar dan kecil, baik itu digital printing ataupun offset printing. Ukuran A4 juga sangat cocok untuk pameran dagang dan selebaran yang ditempatkan di toko ataupun tempat usaha agar bisa menyoroti manfaat pada suatu produk.

3. A5 (148 x 210 mm)
A5 adalah ukuran setengah dari ukuran A4 dan ukuran ini adalah ukuran yang paling banyak digunakan dalam kuantitas yang sangat banyak karena sangat fleksibel. Walaupun ukuran ini cukup kecil untuk masuk ke dalam saku, namun informasi yang bisa ditempatkan pun cukup besar.

Ukuran A5 juga sering digunakan untuk pamflet yang diberikan secara langsung pada tempat tertentu dan juga pameran dagang.

4. A6 (105 x 148 mm)
A6 adalah ukuran yang sama dengan ukuran post card. Jenis pamflet dengan ukuran seperti ini umumnya digunakan untuk menyebarkan informasi yang tidak banyak, mengingat terbatasnya ruang yang diberikan.

Pesan yang ingin disampaikan juga harus singkat dan to the point. Walaupun begitu, pamflet A6 juga semakin populer sebagai suatu selebaran yang ditempatkan dalam paket tertentu untuk mempromosikan produk ataupun layanan tambahan dari pihak penjual.

Contoh Pamflet
Pamflet Pendidikan
Pamflet Pendidikan
 
Pamflet Kegiatan
Pamflet Kegiatan

Perbedaan Antara Brosur, Pamflet dan Leaflet
1. Berbeda Dari segi bentuk
Bentuk brosur biasanya singkat, unik, dan mudah dipahami. Brosur hanya diterbitkan sekali dan tidak diduplikat. Bentuk pamflet biasanya berbentuk definisi atau kalimat persuasif yang lebih mengajak pada informatif berbeda dari brosur yang lebih memperinci barang. Sementara leaflet berbentuk lebih singkat dengan ukuran 20-30cm dan merupakan informasi singkat mengenai suatu peristiwa

2. Beda Tujuan
Brosur bertujuan untuk mempromosikan atau menjual barang dari perusahaan. Sementara pamflet lebih mengarah sebagai wujud menginformasikan atau protes terhadap suatu hal. Leaflet bertujuan untuk memberikan informasi singkat mengenai perusahaan atau suatu badan Sebagai profil singkat dari suatu usaha.

3. Memiliki perbedaan Unsur
Brosur dan pamflet memiliki unsur informasi produk. Sementara leaflet memiliki unsur kejadian-kejadian atau informasi yang tengah update. Brosur membahas rinci produk yang ditawarkan sementara pamflet walaupun memiliki informasi tapi bukan untuk sarana berjualan.

Baca Juga:

1. Brosur: Pengertian, Fungsi, Ciri, Contoh, dan Perbedaannya dengan Pamflet dan Leaflet

2. Leaflet: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Ciri, Bentuk Lipatan, Ukuran Kertas, Contoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Perbedaannya dengan Brosur dan Pamflet

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pamflet: Pengertian, Ciri, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ukuran, Contoh, dan Perbedaannya dengan Brosur dan Leaflet"