Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Display Network (GDN): Pengertian, Target, Keuntungan, dan Perbedaannya dengan Google Search Network

Pengertian Google Display Network atau GDN
Google Display Network (GDN)
Pengertian Google Display Network (GDN)
Google Display Network (GDN) adalah tools yang dikembangkan oleh Google yang memudahkan pebisnis mendapatkan calon konsumen melalui iklan. Google Display Network merupakan iklan yang ditampilkan dengan bentuk display ads.

Display ads ini bisa berupa iklan berbentuk teks, maupun berbentuk visual berupa gambar, video, hingga GIF sekalipun. Iklan jenis ini ditemukan di website maupun aplikasi dan mobile games. GDN akan menyasar pelanggan menggunakan iklan tanpa melalui mesin pencarian Google.

Sistem periklanan GDN ini dipercaya memiliki kinerja lebih baik dalam menjangkau pengguna internet dibandingkan dengan sistem periklanan online lain.

Target Google Display Network (GDN)
Fitur ini akan melacak cookies para pengguna internet sehingga para calon pelanggan mendapat exposure dari produk atau brand yang Anda iklankan. Berikut beberapa target Target Google Display Network di antaranya,
1. Keyword Targeting
Keyword targeting ini memusatkan kata kunci. Anda dapat memakai kata kunci dan ribuan tema yang tersedia mengenai produk Anda. Anda dapat mencari kata kunci yang relevan supaya Google dapat menempatkan iklan Anda di website yang sesuai dengan produk Anda.

Karena GDN menerapkan broad match, ada bagusnya untuk mempergunakan keyword yang relevan dan tidak berlebihan.

2. Placement Targeting
Placement targeting memungkinkan Anda untuk dapat meletakkan iklan di semua website atau halaman spesifik website, aplikasi, games atau video. Dengan layanan ini, Anda bisa memakai sebagian penargetan lokasi di antaranya lokasi otomatis, lokasi tertentu dan lokasi negatif (pengecualian).

Targeting ini sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis yang mengharapkan sistem marketing yang efektif karena iklan yang ditempatkan sesuai dengan target market Anda dari segi geografis.

3. Topic Targeting
Topic targeting akan menolong Anda memilih topik yang spesifik dan Google akan menampilkan iklan Anda cuman ke situs yang relevan dengan topik pilihan Anda. Cara ini adalah cara terbaik yang dapat memudahkan Anda meningkatkan brand awareness bagi calon audiens atau pelanggan dan untuk memperluas jangkauan Anda di situs yang sesuai dengan target Anda.

4. Remarketing Targeting
Pemasaran ulang juga dapat menjadi cara yang ampuh untuk memaksimalkan pemakaian GDN. Google di sini akan bertugas untuk membaca cookies pengguna internet supaya produk Anda bisa kembali muncul di halaman yang dikunjungi oleh pengguna tersebut, itulah tujuan remarketing.

5. Interest Targeting
Penargetan yang satu ini memungkinkan Anda untuk memilih target pemasaran sesuai dengan hobi atau minat yang kira-kira dimiliki calon pelanggan Anda. Semakin banyak pengguna yang sama-sama menemukan minat yang sama, conversion rate website Anda juga akan meningkat.

6. Geographic, Language, and Demography Targeting
Sistem ini tergantung dari kebudayaan yang dimiliki oleh calon pelanggan Anda berdasarakan letak geografis, bahasa, serta demografi mereka. Hal ini meliputi dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan lain-lain.

Anda juga bisa menetapkan bagaimana tampilan visual iklan Anda jika Anda sudah menetapkan target iklan Anda.

Keuntungan Google Display Network (GDN)
Berikut empat keuntungan yang akan Anda dapatkan bila menggunakan Google Display Network di antaranya,
1. Meningkatkan Brand Awareness
Brand awareness Anda bisa meningkat karena GDN menjangkau hingga 90% pengguna internet dan ditampilkan di lebih dari dua juta website. Iklan akan muncul di mana-mana —mulai dari website, aplikasi, mobile games— sehingga orang-orang menjadi familiar dengan produk Anda.

2. Visual Itu Lebih Menarik Target Pasar
Iklan di Google Display Network itu bisa berbentuk visual dan banyak penelitian yang mengatakan bahwa visual lebih menarik daripada teks.

Misal, 90% informasi yang diproses otak itu adalah visual atau 80% orang lebih mengingat apa yang mereka lihat daripada apa yang mereka baca. Dengan kata lain, pengunjung kemungkinan besar akan mengklik iklan GDN daripada iklan dengan teks biasa.

3. Banyak Jenis Targeting
Ada banyak jenis targeting yang bisa Anda pilih di Google Display Network. Mulai dari targeting sesuai kebiasaan dan ketertarikan audiens, sesuai umur dan gender, hingga bisa  menentukan website mana yang akan menampilkan iklan Anda.

Banyaknya jenis targeting di GDN memberikan Anda kebebasan sesuai dengan strategi Digital Marketing yang diterapkan.

4. Remarketing
Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Remarketing adalah proses di mana GDN akan menampilkan iklan Anda kepada orang yang sudah mengklik iklan tersebut, tapi belum melakukan pembelian.

Orang tersebut kemudian akan melihat iklan Anda di website dan aplikasi lain yang ia buka.  Remarketing ini sangat berguna karena berfungsi untuk mempertahankan buying intent calon pelanggan.

Perbedaan Google Display Network (GDN) dan Search Network
Google AdWords mempunyai dua jenis pengiklanan untuk bisnis, yaitu Google Search Network dan Google Display Network. Berikut perbedaan antar keduanya,
1. Budget
Bila Anda memiliki anggaran yang terbatas, maka disarankan untuk menggunakan Search Network. Karena iklan yang berada di mesin pencarian sudah terbukti memiliki potensi yang lebih tinggi dalam menghasilkan conversion daripada iklan display.

Laman resmi Wordstream membuktikan bahwa conversion rate yang mampu dihasilkan pada Search Network lebih besar 2,70% daripada display network yang hanya menyentuh 0,89%. Untuk itu, menggunakan search network mampu menghasilkan lebih keuntungan yang lebih cepat untuk Anda sebelum anggaran pemasaran Anda habis.

2. Jenis Produk
Jika Anda ingin menjual produk ataupun layanan jasa darurat atau yang dibutuhkan dengan segera oleh masyarakat, maka dianjurkan untuk memasang iklannya di Search Network.

Karena mereka akan mencari barang tersebut di Google saat mereka memang sedang memerlukannya. Mereka memiliki niat untuk menggunakan barangnya dengan segera. Sehingga, mereka berpeluang besar untuk mengklik hasil pencarian teratas di Google.

Sedangkan untuk Google Display Network, lebih tepat untuk jenis produk baru yang sifatnya tidak darurat atau tidak diperlukan segera, seperti smartphone, perhiasan, laptop, dll. Selain itu, GDN juga sangat sesuai untuk Anda yang memiliki tampilan produk menarik.

3. Brand Awareness
Google Display Network adalah cara yang paling baik untuk meningkatkan brand awareness. Karena  GDN memiliki jaringan yang sangat luas dan mampu menjangkau hingga 90% pengguna internet di seluruh dunia.

Google Display Network juga tidak hanya terbatas pada pencarian seperti halnya search network. GDN juga mampu menjangkau website, aplikasi, sampai aplikasi permainan.

Oleh karena itu, dengan menggunakan GDN, maka brand Anda bisa lebih dikenal para calon konsumen. Mereka bisa tetap melihat iklan Anda meskipun tidak pernah mendengar ataupun mencari tahu tentang brand Anda di Google.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Google Display Network (GDN): Pengertian, Target, Keuntungan, dan Perbedaannya dengan Google Search Network"