Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CDN (Content Delivery Network): Pengertian, Sejarah, Komponen, Manfaat, Cara Kerja, dan Cara Menggunakannya

Pengertian CDN atau Content Delivery Network
CDN (Content Delivery Network)
Pengertian CDN (Content Delivery Network)
CDN (Content Delivery Network) atau Jaringan pengiriman konten adalah jaringan dari server global yang terletak di beberapa data center dan tersebar di berbagai negara dengan tujuan menyediakan ketersediaan dan kinerja tinggi dengan mendistribusikan layanan berdasarkan lokasi terdekat dengan pengguna akhir.

CDN berfungsi meningkatkan kecepatan pengiriman data melalui jaringan server kepada visitor dari lokasi terdekat yang paling memungkinkan. Bagaimanapun lokasi dari sebuah server adalah salah satu faktor krusial untuk meningkatkan kecepatan sebuah website.

Dengan CDN pengiriman konten akan lebih cepat walaupun berada di lokasi yang berbeda dengan jarak yang cukup jauh. CDN ini memungkinkan semua sisi dunia dapat terhubung dengan cara menghadirkan konten agar lebih dekat untuk orang-orang yang membutuhkannya tanpa khawatir terhalang oleh jarak.
 
Sejarah CDN (Content Delivery Network)
Pada tahun 1998, CDN (Content Delivery Network) pertama kali berkembang dan digunakan. Pada saat itu, industri besar mulai menggunakan CDN untuk website Mereka. Karena CDN mempunyai kemampuan untuk meningkatkan hardware data center Mereka dan meringankan kinerja hardware.

Sampai saat ini CDN berkembang menjadi layanan yang bisa digunakan oleh siapa saja. CDN (Content Delivery Network) menyimpan file statis dalam pemrosesan pada halaman website dengan menggunakan API yang dapat menghubungkan website dengan server CDN.

Komponen CDN (Content Delivery Network)
CDN terdiri dari dua komponen utama yang bekerja keras untuk memungkinkan lalu lintas dirutekan dengan benar, mengurangi serangan, dan mempertahankan uptime.
1. Point of Presence
Point of Presence (POP) adalah lokasi geografis tempat sekelompok edge server berada. Gabungan beberapa POP di beberapa lokasi geografis, jika digabungkan akan membentuk keseluruhan jaringan. Jumlah total POP yang membentuk CDN dan lokasinya memiliki efek besar pada cakupan global.

2. Edge Servers
Edge server merupakan server yang berada di antara dua jaringan dan terletak di setiap POP. edge server adalah cache proxy sederhana yang cara kerjanya mirip dengan cache web browser, di mana mereka tidak menghasilkan konten untuk situs web, namun menyimpan salinan konten dalam cache. Jumlah total edge server yang terletak di setiap POP akan bervariasi untuk setiap penyedia CDN.

Manfaat CDN (Content Delivery Network)
Berikut beberapa manfaat dari CDN bagi website di antaranya,
1. Memungkinkan Akses Secara Global
Letak geografis sebuah server seringkali menjadi kendala saat sebuah website diakses dari negara lain. Hal itu barangkali akan tambah buruk jika jenis server adalah shared hosting dan sejenisnya. Adanya CDN dapat memberikan kemudahan bagi pengunjung dari negara lain untuk mengakses sebuah website meskipun menggunakan hosting di satu negara tertentu.

2. Meringankan Kerja Server
Setiap kali pengunjung datang, server website mengirimkan berkas-berkas agar bisa dimuat di browser pengunjung. Pada saat itu, sumber daya hosting terpakai dan bisa terkuras jika trafik tinggi. Keberadaan CDN bisa meringankan kerja server karena server tidak mengirim data langsung kepada pengunjung, melainkan pada server CDN. Server CDN kemudian meneruskannya pada pengguna.

3. Mengurangi Bandwidth
Manfaat CDN bagi website juga bisa mengurangi bandwidth yang digunakan karena server tidak harus mengulang pengiriman berkas setiap kali ada pengunjung yang datang. Pengurangan bandwidth juga dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan webmaster pada hosting dengan jumlah bandwidth yang terbatas.

4. Mempercepat Loading
CDN juga dapat membantu mempercepat loading sebuah website karena berkas-berkas statis sudah disimpan di server CDN sebagai cache. Setiap kali pengunjung mengakses website dengan CDN, maka CDN akan mengirimkan berkas yang telah tersimpan sehingga tidak perlu meminta ulang pada server. Hosting Indonesia Kami mendukung penggunaan CDN ataupun CloudFlare.

5. Meningkatkan Keamanan
Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan di atas, CDN juga dapat meningkatkan keamanan dari sebuah website. Tepatnya membantu melindungi website dari serangan DDoS (Distributed Denial of Service). Hal ini dikarenakan penyedia layanan CDN telah menambahkan proteksi atau keamanan kelas atas pada server mereka untuk menangkal serangan DDoS tersebut.

Cara Kerja CDN (Content Delivery Network)
Posisi Anda saat ini, misalnya, sedang duduk santai di rumah yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. Anda lalu mengambil smartphone atau laptop dan mengetikkan sebuah request ke mesin pencari atau mengetikkan alamat web ke URL bar. Setelah itu, Anda hanya perlu menekan tombol Enter dan menunggu beberapa saat.

Permintaan (request) Anda diterima oleh server yang lokasinya sangat jauh dari rumah Anda. Jutaan informasi didistribusikan antara ke server awal dan komputer atau perangkat mobile. Proses ini cukup sulit dikelola secara efisien dengan konten statis. Sebagian besar halaman web memuat ratusan elemen yang bervariasi, mulai dari teks biasa hingga konten multimedia yang interaktif.

Perlu diingat bahwa semakin dekat ke source, maka semakin cepat pula permintaan Anda ‘dikabulkan’. Permintaan (request) dikelola oleh server jaringan yang paling dekat dengan komputer yang mengirimkan permintaan tersebut.

Dengan melakukan cache data dan menyebarkan sejumlah request untuk informasi yang sama melalui jaringan alih-alih satu server, beban trafik (traffic load) lebih seimbang. Dengan begini, masalah-masalah yang kerap terjadi, seperti loading halaman yang lambat, browser rusak, dan service terganggu, dapat teratasi.

Cara Menggunakan CDN (Content Delivery Network)
Bagi Anda yang mempunyai website tanpa menggunakan CMS (Content Management System), Anda dapat menggunakan API CDN menggunakan berbagai macam CMS. Sedangkan untuk website yang menggunakan CMS seperti Joomla, WordPress dan juga Drupal setiap CDN provider telah menyediakan extension atau plugin yang dapat diunduh dan dipasang di website dengan mudah.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "CDN (Content Delivery Network): Pengertian, Sejarah, Komponen, Manfaat, Cara Kerja, dan Cara Menggunakannya"