Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Advertising Campaign, Karakteristik, dan Tahapnya

Pengertian Advertising Campaign, Karakteristik, dan Tahapnya


A. Pengertian Advertising Campaign

Advertising campaign adalah sebuah strategi iklan yang dirancang khusus untuk digunakan pada berbagai media pemasaran guna mencapai tujuan yang telah direncanakan di antaranya meningkatkan brand awareness, meningkatkan kuantitas penjualan dan membidik target pasar yang tepat. Berbagai macam media kini bisa dijadikan sebagai wadah beriklan, mulai dari offline hingga online.

B. Karakteristik Advertising Campaign
Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat advertising campaign agar efektif di antaranya,
1. CTA (call to action) yang persuasif. Salah satu unsur yang harus diperhatikan dengan baik dalam advertising campaign adalah CTA-nya. CTA atau call to action yang persuasif akan mengajak pelanggan untuk mengambil tindakan, seperti mengklik iklan tersebut atau bahkan membeli suatu produk atau layanan. Oleh karena itu, buat CTA semenarik mungkin melalui kata-kata yang dapat membuat pelanggan tersihir dan tertarik membeli produk atau layananmu.
2. Mudah diingat. Kampanye iklan yang berkesan otomatis akan mudah diingat oleh pelanggan. Hal itu bisa melalui segi copywriting-nya atau bahkan maskot yang tertera di dalam desain iklan. Sebisa mungkin, buat desain iklan semenarik mungkin dengan perpaduan gambar dan teks yang tepat.
3. Singkat dan padat. Iklan dengan tulisan yang panjang akan membuat pelanggan merasa bosan. Sebisa mungkin, hindari hal-hal seperti itu. Usahakan untuk mengemas desain iklan dengan pesan yang singkat dan padat. Ini akan membuat pelanggan tidak bosan untuk melihatnya serta memiliki ketertarikan terhadap iklan tersebut.
4. Memberikan nilai. Iklan yang mengedukasi target pasar dengan memberikan nilai-nilai akan membangun kepercayaan pelanggan. Ini adalah salah satu kunci advertising campaign agar terlihat efektif. Usahakan untuk menyelipkan nilai atau value di dalam iklan tersebut yang dapat membuka wawasan pelanggan.

C. Tahap Advertising Campaign
Berikut proses atau tahapan-tahapan yang dapat dilakukan dalam membuat advertising campaign di antaranya,
1. Buat Riset Pasar
Di tahap pertama, sebelum melakukan advertising campaign, Anda harus melakukan penelitian terkait pasar bisnis Anda atau dikenal dengan riset pasar. Riset pasar tidak hanya membantu Anda menentukan produk sesuai kebutuhan, namun juga sebagai langkah awal melihat target pasar bisnis Anda.

Ketika Anda sudah menemukan pasar yang tepat, secara otomatis iklan yang dipasang akan berpotensi untuk meningkatkan penjualan produk bisnis Anda. Lakukan riset pasar secara menyeluruh dan buat kriteria sespesifik mungkin mulai dari usia, minat, lokasi dan perilaku konsumen dengan cermat.

2. Menentukan Tujuan
Tanpa adanya tujuan yang jelas, sudah bisa ditebak nantinya advertising campaign Anda tidak akan menghasilkan pencapaian yang memuaskan. Bisa jadi advertising campaign yang Anda lakukan hanya akan membuang tenaga, pikiran dan biaya.

Buatlah tujuan dalam beriklan dengan jelas. Apakah advertising campaign Anda ditujukan untuk meningkatkan brand awareness atau hanya sekadar memberi pesan kepada target pasar saja?  Pikirkan dengan matang agar tujuan dan tindakan yang Anda ambil berjalan selaras.

3. Tahapan Ketiga Advertising Campaign adalah Menentukan Target Iklan
Setelah memiliki data tetang pasar dan tujuan yang ingin dicapai, sekarang Anda dapat menentukan target iklan.  Jika Anda sudah menentukan target pasar, misalnya konsumen Anda adalah berusia 18-35 tahun, maka dengan mudah Anda dapat memasang iklan di berbagai media sosial.

Melalui platform seperti Instagram, Twitter, Facebook dan media sosial lainnya, Anda akan banyak diuntungkan karena kebanyakan target pasar Anda adalah pengguna aktif platform tersebut, yakni para anak muda atau milenial. Tak hanya beriklan secara manual, pada platform tersebut juga sudah terdapat fitur untuk menargetkan iklan Anda, sehingga pekerjaan Anda akan lebih mudah. Dan  pastinya, iklan Anda akan diarahkan pada target pasar yang tepat.

4. Mendesain Iklan yang Menarik
Langkah selanjutnya dalam advertising campaign adalah membuat desain iklan yang menarik. Ya, buatah desain iklan semenarik dan seunik mungkin. Hal tersebut dapat menarik perhatian para konsumen untuk ‘berinteraksi’ dengan iklan tersebut. Gunakan tema yang bagus dan desain yang menggambarkan brand Anda. Pikirkan dengan baik hal apa saja yang akan Anda muat dalam iklan seperti info produk, copywriting dan lainnya.

5. Tentukan Media Beriklan yang Tepat
Memilih media yang tepat dalam advertising campaign adalah satu hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Ketepatan memilih media akan meningkatkan keefektivan iklan Anda untuk dilihat dan dibaca oleh target pasar. Cermati apakah iklan Anda cocok ditempatkan pada media offline atau online. Menentukan media beriklan yang tepat berarti akan berpeluang meningkatkan keberhasilan Anda dalam beriklan.

6. Jadwalkan Penayangan Iklan
Seperti yang sudah Anda ketahui, advertising campaign adalah salah satu kegiatan yang akan dilakukan secara teratur oleh agensi dalam satu tahun penuh. Oleh sebab itu, penting untuk Anda membuat jadwal advertising dengan teratur sehingga dapat menjangkau konsumen lebih banyak lagi.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Advertising Campaign, Karakteristik, dan Tahapnya"