Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi Analog: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Teknologi Analog dan Contohnya
Teknologi Analog

Pengertian Teknologi Analog
Teknologi analog merupakan sebuah teknologi yang dirancang untuk keperluan tertentu dan sistem yang digunakan masih secara manual. Dengan kata lain, teknologi analog belum sepenuhnya dapat bekerja secara otomatis seperti pada teknologi digital. Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program yang tertentu saja.

Pada teknologi analog, gambar dan suara diubah menjadi gelombang radio, maka teknologi digital mengonversi gambar dan suara menjadi data digital yang terdiri dari angka 1 dan 0.  Dengan teknologi digital ini, gambar yang ditampilkan memiliki kualitas warna yang lebih natural dan resolusi yang lebih baik, tidak pecah atau turun kualitasnya jika gambar ditampilkan di layar yang besar.

Adapun pengukuran yang dilakukan pada sistem teknologi analog biasanya menggunakan skala dan jarum penunjuk untuk membaca hasil pengukuran yang telah dilakukan. Sehingga cara kerja atau pemrosesan informasi yang dilakukan oleh sistem teknologi ini tidak melibatkan pemrosesan angka secara elektronik.

Contoh Teknologi Analog
Contoh paling mudah yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah kamera yang masih menggunakan gulungan film. Di mana, proses untuk memfoto hingga menjadi sebuah foto memerlukan proses yang cukup lama. Pada umumnya hasil foto dapat dicetak sekitar satu minggu setelah difoto.

Selain itu, ada juga tape recorder analog. Untuk dapat merekam suara, gelombang suara yang diambil langsung dari mic yang direkam pada tape recorder biasanya masih menggunakan pita kaset. Gelombang suara yang berasal dari microfon merupakan gelombang suara secara analog dan hasil dari suara itu juga hanya satu format yakni dalam bentuk kaset recorder.

Disamping itu, berbagai alat yang sudah biasa kita gunakan seperti jam dinding, jam tangan, televisi, radio, komputer, maupun telepon, pada mulanya ditemukan dengan memakai sistem yang berbasis analog. Tetapi karena adanya perkembangan teknologi dan penemuan teknologi digital, sehingga membuat alat-alat sederhana tersebut menjadi lebih canggih karena sekarang kebanyakan pengoperasiannya menggunakan sistem berbasis digital.

Saat ini banyak teknologi yang sudah beralih kepada teknologi digital. Hal ini tentu saja berpengaruh terdapat perawatan dari alat atau benda yang masih menggunakan teknologi digital menjadi lebih mahal. Pasalnya, komponen-komponen pada teknologi analog sangat jarang ditemukan dan termasuk langka.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Teknologi Analog: Pengertian dan Contohnya"