Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Smartwatch: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Rekomendasinya

Pengertian Smartwatch atau Jam Tangan Pintar
Smartwatch (Jam Tangan Pintar)
Pengertian Smartwatch
Smartwatch (jam tangan pintar) adalah jam tangan digital yang menawarkan banyak fitur lain selain penunjuk waktu. Smartwatch berkemampuan layar sentuh yang dapat dihubungkan ke telepon melalui Bluetooth atau WiFi. Ada juga model yang tidak memerlukan koneksi telepon untuk berfungsi.

Dengan Smartwatch pengguna dapat mengakses berita, cuaca, olahraga, telepon, pesan dan bahkan pada versi Smartwatch terbaru pengguna dapat mengetahui informasi kesehatan badannya. Smartwatch tidak dirancang untuk menggantikan fungsi ponsel, namun dirancang memberi “alert” pada pengguna untuk pesan dan panggilan yang masuk pada ponsel.

Sejarah Smartwatch
Jam tangan digital sebenarnya sudah ada sejak beberapa dekade silam. Tapi, kalau smartwatch baru dirilis sekitar tahun 2010-an. Perusahaan teknologi meluncurkan smartwatch dengan kemampuan seperti smartphone, contohnya seperti Apple, Sony, Samsung, dan lainnya.

Kesuksesan ini kemudian dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan lain untuk menjual smartwatch. Misalnya, Pebble pada 2013 dan sukses menjual lebih dari 1 juta unit. Selanjutnya, ada perusahaan seperti Garmin, yang membuat smartwatch Fenix dengan fitur sensor dan pelacak untuk kegiatan outdoor. Selain itu, ada perusahaan Suunto yang merilis smartwatch untuk scuba diving.

Fungsi Smartwatch
Smartwatch memiliki fungsi yang lebih dari sekadar mengetahui waktu saja. Secara umum, alat elektronik ini dapat mengirim dan menerima panggilan telepon, mendengarkan musik, sampai keperluan kesehatan.
1. Panggilan Darurat
Umumnya, cara kerja smartwatch adalah terhubung dengan smartphone. Sehingga Anda bisa melakukan panggilan. Ada juga beberapa smartwatch yang memiliki kartu SIM sehingga jika mengalami kecelakaan dan baterai ponsel habis, Anda tetap bisa menghubungi panggilan darurat.
 
2. Hiburan
Kalau Anda sedang menempuh perjalanan jauh dan butuh hiburan, smartwatch menyediakan fitur hiburan yang bisa Anda manfaatkan seperti mendengarkan musik atau menonton video.
 
3. Fitness Tracker
Fungsi smartwatch yang paling penting dan bermanfaat adalah fitness tracker. Hubungkan smartwatch dengan aplikasi fitness atau olahraga yang Anda inginkan. Beberapa fitur yang tersedia seperti jumlah langkah, informasi jarak, hingga berapa kalori yang sudah terbakar.
 
4. Atur Pola Tidur
Manfaat smartwatch yang keempat yaitu dapat mengatur pola tidur. Yang dimaksud pada fungsi ini, Anda dapat melihat dan menganalisis performa tidur dengan fitur sleep monitor.  Dari fitur ini, Anda akan mengetahui apakah tidurmu berkualitas sekaligus menawarkan solusi agar pola tidur menjadi lebih baik sehingga tubuh jadi lebih sehat dan bugar.
 
5. Alat Pembayaran
Pada beberapa merk smartwatch terbaik menawarkan fitur yang terhubung dengan alat pembayaran. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi menggunakan uang tunai. Cukup tap smartwatch dan semua transaksi dapat dilakukan.

Jenis Smartwatch
Terdapat dua kategori Smartwatch dan rangkaian fitur yang dibuat dari masing-masing kategori tersebut di antaranya,
1. Smartwatch Fitness Tracker
Salah satu fitur umum yang ada di Smartwatch adalah Fitness Tracker atau pelacak kebugaran tubuh. Fungsi umum yang ditemukan pada Smartwatch ini di antaranya,
a. Pelacak detak jantung
b. Pengukur langkah Kaki
c. Pengingat atau catatan
d. Pengumpulan data
e. Tata cara peningkatan Kebugaran tubuh

Selain itu, beberapa fungsi khusus yang dimiliki smartwatch ini di antaranya,
a. Anti Air
b. Gelang terbuat dari nilon atau sejenisnya
c. Design ramping
d. Baterai tahan lama

Merek yang paling identik dengan smartwatch jenis ini adalah Fitbit. Jam tangan merek sengaja dibuat kecil dan sepenuhnya tahan air.

2. Smartwatch Phone
Banyak Smartwatch yang dapat dipasangkan dengan smartphone dan memiliki rangkaian fitur yang dapat berinteraksi dengan fitur ponsel. Yakni mencakup di antaranya,
a. Bluetooth
b. Menampilkan dan membalas pesan
c. Interaksi dengan aplikasi di ponsel Anda (contoh : memutar musik, memeriksa email)
d. Notifikasi

Smartwatch tipe ini cenderung mengikuti design dari tipe smartphone yang mereka miliki. Berikut adalah desain umum Smartwatch jenis Phone di antaranya,
a. Layar lebih besar
b. Design lebih besar
c. Memiliki Warna yang lebih berkualitas
d.Memiliki kontrol tombol dan fitur yang lebih banyak.

Smartwatch yang paling menonjol dari jenis ini adalah Apple Watch. Yang merupakan smartwatch pertama yang bisa terhubung ke internet, dan tentunya smartwatch dengan popularitas paling banyak diminati.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Smartwatch
Kelebihan
1.  Nyaman
Smartwatch hadir sebagai aksesoris pendukung dengan fungsi yang membuat nyaman dan memudahkan pengguna. Di waktu tertentu Smartwatch sangat memudahkan pengguna dengan fitur menjawab telepon dan membalas pesan yang mudah untuk dijangkau pengguna tanpa mengambil ponsel mereka.

2. Fitur yang Bermanfaat
Fitur yang diberikan smartwatch sendiri bervarian tergantung merknya. Sebagai contoh smartwatch rata – rata memiliki fitur kesehatan seperti cek tekanan darah, memantau pola tidur, menakar kalori pada pola makan.

3. Siap Kamera
Di beberapa smartwatch sekarang ini terdapat fitur kamera. Fitur ini sama dengan fitur kamera pada ponsel. Fitur ini sangat menguntungkan pengguna, misalnya pada saat berolahraga selain berfungsi sebagai aksesoris juga dapat mengabadikan momen-momen tertentu.

4. Desain yang Menarik
Smartwatch sendiri memiliki berbagai macam varian desain pada setiap merek. Berbeda saat menggunakan jam tangan biasa dengan desain yang komersial. Ini juga didukung dengan fitur – fitur yang terdapat pada smartwatch.

5. Dapat Menggantikan Smartphone
Semakin berkembangnya smartwatch, banyak sekali fitur – fitur yang bermunculan untuk memberikan manfaat bagi penggunanya. Hingga perlahan smartwatch sendiri mampu menyamain smartphone dalam hal kepentingan pada umumnya seperti melakukan panggilan dan pesan.

Kekurangan
1.  Harga Mahal
Rata-rata produsen Smartwatch mematok harga yang tinggi untuk setiap Smartwatchnya, semakin besar harganya semakin mantap fiturnya. Ini merupakan salah satu yang perlu di pikirkan jika ingin memiliki smartwatch yang tidak tanggung-tanggung.

2.  Baterai yang Kecil
Tak seperti jam tangan biasa, Smartwatch hanya dapat bertahan sekitar 2-3 hari tergantung dari pemakaian penggunanya. Sehingga Smartwatch harus di Charge untuk digunakan kembali.

3.  Kamera Resolusi Kecil
Kamera pada Smartwatch hanya berkisar 0.3 – 0.5 megapixel, ukuran yang tidak begitu mumpuni bagus pengguna yang menyukai fotografi karena hasil foto yang kurang baik.

4. Desain
Terkadang desain yang diusung oleh pengembang dan produser Smartwatch berkesan seperti jam tangan anak-anak dan kurang baik.

Rekomendasi Smartwatch Tahun 2022
1. Apple Watch Series 7
Dari segi desain, Apple Watch Series 7 selalu berinovasi dari tahun ke tahun. Awalnya bulat dan persegi, namun selanjutnya dihadirkan dalam opsi ukuran casing 41mm dan 45mm yang menyesuaikan ukuran pergelangan tangan. Fiturnya juga canggih, seperti GPS dan water-resistant yang ideal untuk dibawa bertualang outdoor.

Dengan spesifikasi di antaranya,
a. GPS, GLONASS, Galileo, QZSS, dan BeiDou
b. Kompas, altimeter selalu aktif, anti air
c. Sensor oksigen darah, sensor detak jantung, sensor cahaya
d. Kapasitas 32GB
e. Bagian belakang keramik dan kristal safir
f. dan masih banyak fitur canggih lainnya.

2. Fitbit Sense
Bila Anda ingin gaya sekaligus memantau kesehatan, jam tangan pintar atau smartwatch Fitbit Sense bisa jadi pilihan. Dapat digunakan untuk memantau detak jantung, tekanan darah, jarak tempuh lari, dan lainnya. Sehingga, pengguna bisa menyesuaikan kondisi kesehatan dan tubuhnya.

Fitbit Sense juga dilengkapi fungsionalitas terbaik, termasuk pelacakan aktivitas, GPS bawaan, Alexa dan Google Assistant, serta pemantauan suhu kulit saat penggunanya tidur.

3. Smartwatch Stainless Steel Fossil Gen 5E
Sesuai namanya, Fossil Gen 5E dibalut material stainless steel yang tangguh dan keren. Menyertakan GPS Onboard, penyimpanan internal, dan knop putar untuk memudahkan navigasi.

Gen 5E menampilkan layar AMOLED 1,19 inci yang memiliki resolusi 390x390 piksel dan kerapatan piksel 328ppi. Jam tangan pintar ini ditenagai oleh SoC Snapdragon Wear 3100, RAM 1GB, dan penyimpanan 4GB. Untuk konektivitas, pengguna mendapatkan Bluetooth 4.2 LE, NFC, dan WiFi.

4. Garmin Fenix 6S Pro Multisport GPS Smartwatch
Bagi para pecinta petualangan outdoor, Garmin Fenix 6S Pro sangat ideal. Bisa mendukung berbagai jenis kegiatan seperti berenang, bersepeda, berlari, dan 20 jenis aktivitas lainnya. Tipe Fenix 6S Pro memiliki layar transflective memory-in-pixel (MIP) 1,3 inci, cerah dan mudah dibaca di luar ruangan.

Fitur jam termasuk waktu/tanggal, sinkronisasi waktu GPS, penghematan siang hari otomatis, alarm, timer, dan stopwatch.

5. Instinct Rugged Outdoor Smartwatch Dengan GPS
Pecinta kegiatan outdoor sangat direkomendasikan membeli Garmin Instinct. Dirancang untuk mudah dipakai di segala kondisi lingkungan. Meski bukan tipe layar sentuh, namun Garmin Instinct justru lebih memudahkan ketika dipakai saat memakai sarung tangan ketika cuaca dingin.

Garmin Instinct dibangun dengan standar militer AS 810 untuk ketahanan suhu ekstrem, anti-guncangan, dan anti-air (bisa dipakai menyelam sampai kedalaman 100 meter).

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Smartwatch: Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Rekomendasinya"