Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

UNIX: Pengertian, Sejarah, Ciri, Contoh, dan Perbedaannya dengan Linux

Pengertian UNIX
UNIX
Pengertian UNIX
Unix (UNIX) adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari proyek Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965. Project ini dibiayai sepenuhnya oleh Departemen Pertahanan Amerika (DARPA).

UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portabel, multi-tasking dan multi-user. Pengembangannya dimulai dari tahun 1970-an di Bell Labs oleh Ken Thompson, Dennis Ritchie, dan lain-lain.

Kebanyakan pengguna menginginkan penggunaan sistem operasi UNIX sebagai komputer server dan workstation. Hal ini dikarenakan ciri khas dari UNIX yang portabel, multiuser serta multitasking bagi para penggunanya.

Namun dalam penggunaannya sebagai workstation saat ini cukup jarang ditemui karena harganya yang cukup mahal.

Sejarah UNIX
UNIX dikembangkan oleh Multics pada tahun 1969. Sayangnya keterlambatan yang diakibatkan oleh jarak yang jauh antara periset yang mengembangkan dengan laboratorium yang mengelola membuat proyek Multics ini dihentikan oleh AT & T.

Namun, kedua peneliti yaitu Ken Thompson yang menggandeng kerja sama dengan rekannya yakni Dennis Ritchie, yang awalnya mereka bekerja pada proyek Multics, kembali melakukan realisasi pada Multics dengan menggunakan komputer yang lebih portabel yakni komputer PDP-7.

Pada tahun 1971, Peter Neuman mengusungkan nama baru untuk sistem operasi ini yakni UNIX. Sistem operasi ini telah banyak ditambahkan program-program kecil yang dapat digunakan untuk menjalankan suatu fungsi oleh para ilmuwan AT&T.

Selain itu, Ken Thompson berhasil menggunakan bahasa C yang dirancang oleh Dennis Ritchie yang memudahkan bagi para penggunanya dan memudahkan komputer untuk dibawa dari satu komputer ke komputer lainnya.

Di awal tahun 1973, perkembangan UNIX semakin luas. Hal ini ditandai dengan terdapat 16 komputer di luar Laboratorium Bell yang menggunakan sistem operasi UNIX, serta terdapat 500 tempat menggunakan sistem operasi UNIX, baik di gunakan pada perguruan tinggi bahkan hingga pada negara asing.

Tak puas pada itu saja, di tahun 1977 UNIX mengeluarkan versi terbarunya yang memiliki dukungan komersial. Barkeley membayar 400 (dalam satuan dollar) untuk memperoleh sumber UNIX yang terdapat kode sumber di dalamnya.

Setelah itu, ditahun 1978 Bill Joy mengeluarkan salinan koleksi program  sebanyak 30 salinan dan memodifikasi UNIX. Di tahun-tahun berikutnya UNIX ini selalu berkembang, serta melakukan pembaruan-pembaruan pada versi terbarunya.

Akan tetapi, saat nama UNIX berubah menjadi BSD UNIX, AT&T membuat pernyataan bahwa BSD UNIX akan berubah nama menjadi BSD 4.2 dengan lisensi Berkeley, di mana BSD UNIX ini tidak kompatibel karena bukan merupakan produk UNIX yang standar.

Ciri Sistem Operasi UNIX
Setiap sistem operasi atau apapun tentunya memiliki keunikan ataupun karakteristik yang berbeda, sebagaimana windows dan macOS. Karakteristik inilah yang biasa disebut ciri-ciri dari sistem operasi tersebut. Berikut  beberapa ciri sistem operasi UNIX di antaranya,
1. Sistem operasi UNIX ini masuk dalam kategori multitasking atau multiuser, yang dimaksud dengan multiuser atau multitasking yakni memungkinkan pengguna untuk melakukan penggunaan aplikasi atau program dalam waktu yang bersamaan (multiuser dan multitasking).
2. Sistem operasi UNIX ini sangat portable, artinya kamu dapat menjalankan dari satu komputer bahkan ke komputer lain. Bahkan memungkinkan pada semua jenis komputer (portabilitas).
3. Sistem ini memudahkan pengguna untuk mengakses data ataupun informasi yang dimilikinya (sistem berkas hierarki).
4. Memiliki fungsi utilitas yang dapat menyesuaikan program dengan kebutuhan atau keinginan dari para pengguna (utilitas).

Dari ciri-ciri tersebut, tentu UNIX berbeda dengan macOS ataupun OS Windows. Meskipun ada beberapa persamaan. Misalnya kemampuan multitasking yang dimiliki hampir semua jenis OS.

Contoh Sistem Operasi UNIX
Jika di awal saya telah membahas awal mula UNIX dan perkembangannya, di sini saya akan membahas mengenai UNIX yang telah dikembangkan dan digunakan oleh para pengguna dengan tambahan kebutuhan teknologi yang telah disematkan pada UNIX dari pengembang-pengembang yang menggunakannya.

Bahkan, sistem operasi UNIX ini tidak benar-benar digunakan dengan nama aslinya UNIX. Mereka lebih banyak menyebut istilah Freenix yang sebetulnya cara kerja keseluruhan mengacu pada sistem operasi UNIX. Misalnya Agnix (untuk pendidikan), android; Bada; Darwin; FreeBSD; Chrome OS, Linux, Apple Max OS dan lain sebagainya.

Perbedaan Linux dan Unix
1. Tingkat Keamanan Pengguna
Jika dilihat dari tingkat keamanannya, kedua sistem operasi ini memiliki ancaman dan kerentanan yang berbeda. Namun, linux terbilang lebih aman digunakan jika dibandingkan dengan unix.

Linux disertai dengan password yang bisa dikelola dari jarak jauh, juga diuntungkan dengan fasilitas pelaporan jika terdapat bug pada linux. Kelebihan-kelebihan ini tidak tersedia dalam sistem operasi unix.

2. Jenis File yang Didukung
Linux mendukung berbagai tipe file seperti xfs, nfs, cramfsm ext 1 hingga 4, ufs, devpts, NTFS. Sedangkan unix hanya mendukung beberapa file seperti zfs, hfx, GPS, xfs, vxfs.

3. Biaya
Dalam segi biaya, linux terbilang jauh lebih terjangkau untuk semua kalangan karena merupakan sistem operasi open source yang didistribusikan secara bebas dan tidak berbayar. Linux bisa didapatkan dengan cara mendownload salinan linux dari internet. Linux hanya membebankan biaya pada perusahaan dan organisasi besar.

Sedangkan unix terbilang sebagai sistem operasi yang mahal, untuk mendapatkannya pengguna harus rela mengeluarkan uang. Banyak versi unix yang dijual dengan harga yang berbeda-beda yang berkisar antara $ 25.000 dan $ 249.000.

4. Basis Pengguna
Linux adalah sistem operasi populer yang bisa digunakan oleh siapa saja, penggunanya terdiri dari berbagai macam komputer biasa yang terbiasa dipakai oleh programer yang sudah berpengalaman. Sedangkan unix pada umumnya digunakan pada server-server internet, komputer, dan workstation.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "UNIX: Pengertian, Sejarah, Ciri, Contoh, dan Perbedaannya dengan Linux"