Multichannel Marketing: Pengertian, Jenis, Manfaat, Cara Melakukan, dan Perbedaannya dengan Omnichannel

Pengertian Multichannel Marketing
Multichannel Marketing
Pengertian Multichannel Marketing
Multichannel marketing adalah salah satu bentuk strategi pemasaran yang memanfaatkan banyak saluran komunikasi. Maksudnya adalah penerapan strategi tunggal di berbagai saluran atau platform, sehingga memaksimalkan peluang untuk berinteraksi dengan calon pelanggan. Strategi pemasaran ini bertujuan memberi konsumen pilihan, dan memungkinkan mereka membeli kapan dan di mana saja mereka mau.

Multichannel marketing merupakan pendekatan terkoordinasi antara media tradisional dan digital untuk pemasaran. Kegiatan pemasaran itu antara lain menggaet dan mempertahankan pelanggan, memperluas brand perusahaan, serta melibatkan komunitas dalam rangka membangun tren bisnis sosial.

Istilah multichannel marketing sendiri banyak digunakan seiring dengan perkembangan teknologi digital yang membentuk perilaku konsumen secara digital. Multichannel marketing sendiri bukan fenomena baru dan sudah banyak dilakukan oleh perusahaan dalam rangka memperluas jangkauan produk mereka ke costumer.

Jenis Multichannel Marketing
Multichannel marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan banyak saluran atau channel komunikasi. Maka banyak jenis media yang digunakan perusahaan untuk melakukan multichannel marketing ini di antaranya,
1. Email
Email atau surat elektronik (surel) merupakan salah satu jenis multichannel marketing paling awal. Sejak awal era internet, email sudah dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi, tidak terkecuali oleh perusahaan dengan customer. Perusahaan menjangkau para customer melalui informasi yang disampaikan via email.

2. Outlet
Multichannel marketing tidak hanya fokus ke media-media yang bersifat digital, tetapi juga yang bersifat fisik. Perusahaan merasa perlu tetap menyediakan toko fisik atau outlet untuk memberikan rasa kedekatan yang lebih bagi customer. Sebab, ada pelanggan yang lebih nyaman melakukan transaksi secara langsung daripada melalui online.

3. Push Notification
Media ini biasanya muncul pada aplikasi seluler atau website. Perusahaan akan menampilkan informasi produk atau promosi pada halaman aplikasi atau website sehingga customer bisa langsung mengklik jika ingin membeli produk yang ditampilkan tersebut.

4. Layanan Pesan Singkat (SMS)
Penggunaan SMS untuk komunikasi pribadi mungkin sudah mulai berkurang. Tetapi media ini masih sering digunakan untuk tujuan pemasaran. Perusahaan akan mengirimkan informasi mengenai produk melalui SMS kepada customer, terutama yang pernah melakukan transaksi atau mengakses informasi produk perusahaan di channel lain.

5. Media Sosial
Media sosial mungkin merupakan channel yang paling banyak digunakan dalam multichannel marketing, sebab jangkauannya sangat luas dan bisa menggaet calon customer yang bahkan belum pernah mengunjungi website perusahaan atau melakukan pembelian.

Marketing melalui media sosial didukung perhitungan algoritma sehingga bisa menjangkau audiens yang tepat.

6. Podcast
Selain informasi dalam bentuk tulisan atau gambar, multichannel marketing juga memanfaatkan media yang menampilkan format audio. Zaman dulu ada iklan radio. Untuk saat ini, podcast lebih digandrungi karena bisa diakses kapan saja sesuai keinginan si pendengar, tidak terbatas waktu seperti radio.

Manfaat Multichannel Marketing
Berikut beberapa manfaat dari multichannel marketing pada umumnya di antaranya,
1. Peningkatan Kesadaran
Manfaatnya yang pertama adalah peningkatan kesadaran. Pendekatan multichannel adalah tentang casting jaringan terluas untuk mendapatkan keterlibatan pelanggan maksimum. Namun, pendekatan multichannel hanya memperhitungkan jumlah titik sentuh, dibandingkan mencoba memberi pelanggan pengalaman holistik terbaik di seluruh titik sentuh.

2. Pesan yang Konsisten
Salah satu manfaat pemasaran multi kanal adalah daya pikat pesan brand (merek) yang konsisten. Ini adalah tantangan yang dihadapi semua perusahaan, dan banyak yang masih berusaha mencari tahu.

Meskipun strategi multis aluran dapat membantu memastikan merek Anda memiliki pesan yang konsisten, pemasaran multi saluran itu sendiri biasanya menghasilkan departemen yang silent (dibungkam) untuk mendorong pesan mereka sendiri di saluran mereka sendiri.

3. Preferensi Saluran
Untuk perusahaan dengan siklus pembelian yang lebih lama, Anda perlu mencapai pelanggan potensial lebih dari hanya sekali, dan itu berarti menargetkan mereka dengan pesan yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat dalam perjalanan mereka.

Pemasaran multichannel memungkinkan Anda menjangkau pelanggan di saluran pilihan mereka, tetapi itu tidak serta merta memindahkan mereka untuk membeli.

4. Lebih banyak Data
Yang terakhir adalah lebih banyak data. Semakin banyak titik sentuh berarti semakin banyak data. Namun, karena pendekatan multi kanal hanya bertujuan untuk mengeluarkan berita melalui jumlah saluran maksimum yang mungkin, data memberikan lebih banyak informasi tentang saluran itu sendiri daripada pelanggan yang sebenarnya.

Cara Melakukan Strategi Marketing Multichannel
Strategi multichannel marketing sedikit lebih bernunasa daripada saluran tunggal. Pemasar harus memilih saluran yang tepat untuk segmen pelanggan tertentu sambil merancang konten kreatif yang tepat untuk audiens yang sering mengunjungi saluran tersebut.
1. Pahami target audiens
Untuk melakukan campaign marketing multichannel, Anda memerlukan pandangan yang lebih mendalam tentang target audiens. Anda harus mengumpulkan cukup daya tentang audiens melalui riset pasar untuk menciptakan buyer persona secara mendalam.

Persona ini akan menguraikan saluran mana yang lebih suka digunakan audiens, iklan apa yang cenderung mereka sukai, dan menyertakan informasi demografi yang relevan.

2. Membangun platform multichannel chat
Membangun platform multichannel chat dapat mengintegrasikan semuanya menjadi lebih efektif dan efisien. Hal ini memudahkan Anda dalam membuat satu kampanye yang kemudian dapat direplikasi di berbagai saluran. Cara ini dapat menjangkau target audiens melalui penawaran yang tepat dan juga dari saluran yang tepat.

Analitik pemasaran juga akan membantu Anda mengevaluasi saluran yang mengarah pada pembelian konsumen. Hal ini tidak hanya mendorong atribusi pemasaran, tetapi juga membantu Anda mengumpulkan informasi perilaku pelanggan yang relevan di seluruh saluran.

3. Ciptakan customer experience yang konsisten di semua saluran
Customer experience adalah salah satu pembeda kompetitif yang paling kuat. Kualitas dari customer experience memang penting, sama halnya dengan konsistensinya.

Hal itu karena pelanggan Anda akan mengalami customer experience dari merek Anda secara keseluruhan baik interaksi di toko, online, telepon atau kombinasi dari kesemuanya. Jika Anda memperlakukan setiap saluran sebagai entitas yang berbeda, Anda berisiko membuat pelanggan pergi dari bisnis.

4. Buat pesan yang konsisten
Konsumen cenderung mengingat merek Anda jika pesan yang Anda sampaikan konsisten. Namun, bukan berarti Anda harus membombardir pelanggan dengan pesan berulang dari saluran satu ke saluran lainnya.

Sebaliknya, Anda harus membangun citra merek yang konsisten dan sikap yang tetap konsisten di seluruh saluran. Selain itu, dengan membuat strategi yang menyatukan kampanye dari berbagai saluran akan menciptakan peluang untuk pesan yang lebih berdampak.

Ketika ekspektasi pelanggan meningkat dan teknologi terus berkembang, pelanggan juga menginginkan pengalaman yang luar biasa. Dengan 4 strategi marketing multichannel di atas Anda bisa menentukan saluran distribusi yang tepat sehingga pelanggan dapat memperoleh produk dengan cara yang mereka sukai.

Perbedaan Multichannel dengan Omnichannel
Persaingan pasar yang semakin ketat mengharuskan para pegiat bisnis memajukan brand-nya melalui berbagai macam strategi marketing kanal. Jika ingin bersaing di pasaran, sebuah perusahaan harus bisa memanfaatkan banyak channel demi pencapaian bisnis yang sesuai ekspektasi. Anda bisa menggunakan multichannel atau omnichannel sebagai strategi marketing perusahaan.

Pada dasarnya, omnichannel adalah sebuah pengembangan dari strategi multichannel. Namun, kalau Anda hanya ingin menggunakan salah satunya saja juga bisa. Multichannel vs omnichannel memanglah perbandingan yang cukup apple-to-apple. Pasalnya, kedua metode sama-sama memanfaatkan channel untuk mengembangkan bisnis.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, multichannel adalah strategi pemasaran yang menggunakan berbagai macam kanal untuk melakukan segala aktivitas bisnis. Sementara omnichannel adalah model bisnis yang mengintegrasikan semua saluran ke dalam satu sistem. Jika Anda menggunakan omnichannel, maka Anda bisa mengelola channel-channel perusahaan Anda hanya dengan melalui satu sistem saja.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Multichannel Marketing: Pengertian, Jenis, Manfaat, Cara Melakukan, dan Perbedaannya dengan Omnichannel"