Pengertian Podcast, Sejarah, Jenis, Aplikasi, Cara Membuat, dan Kelebihannya

Pengertian Podcast
Podcast

A. Pengertian Podcast
Podcast adalah siaran audio yang terpampang di web maupun platform–platform lainnya. Istilah podcast diambil dari iPod dan broadcast. Pod diambil dari pemutar media digital dari Apple ‘iPod’ dan cast diambil dari istilah radio ‘broadcast‘.

Berbeda dengan radio yang ditayangkan dengan frekuensi tertentu dan dapat didengarkan secara langsung, podcast bisa Anda dengarkan kapanpun melalui koneksi internet. Podcast sendiri dapat diakses melalui komputer, tablet, maupun handphone.

Saat ini Anda juga dapat menggunakan podcast melalui aplikasi pihak ketiga yang dinamakan dengan Anchor. Karena sifatnya yang on-demand, podcast sangat digemari oleh pengguna internet saat ini daripada mendengarkan siaran dari radio yang memiliki keterbatasan dalam akses, frekuensi, serta waktu.

B. Sejarah Podcast
Istilah podcast muncul pada tahun 2004 yang diusulkan oleh Jurnalis The Guardian, Ben Hammersley. Kata podcast singkatan dari “Play On Demand” dan “Broadcast” lalu akhirnya diadopsi oleh salah satu produk Apple, iPod dan aplikasi Apple Podcasts. Kemudian pada tahun 2005 Apple merilis fitur podcast.

Siaran  audio sudah mulai bermunculan dari berbagai jaringan radio, seperti BBC, CBC Radio One, NPR, dan sebagainya. Namun, saat ini bukan hanya media penyiaran besar saja yang bisa menayangkan podcast, namun siapapun juga bisa membuat podcast. 

C. Jenis Podcast
1. Interview podcast
Jenis yang pertama, merupakan podcast dimana host akan melakukan sesi wawancara kepada tamu atau narasumber yang berbeda setiap episodenya. Salah satu contoh dari interview podcast terdapat dalam channel Youtube Deddy Corbuzier.

2. Solo podcast
Jenis yang kedua merupakan podcast yang dilakukan oleh host sendiri atau monolog. Tujuan dari solo podcast sendiri adalah untuk menyampaikan sebuah opini, berbagi informasi, atau melakukan sesi tanya jawab. Di mana, dilakukan oleh host dan pendengar.

3. Multi host podcast
Jenis yang ketiga, merupakan podcast yang memiliki host lebih dari satu orang. Tujuan dari multi host podcast sendiri adalah untuk menawarkan diskusi dan mempunyai pendapat serta perspektif yang berbeda, untuk mengembangkan diskusi yang lebih menarik.

Sehingga, pendengar akan lebih tertarik untuk mendengarkan debat, dan dapat membawa nilai hiburan tersendiri. Semakin dalam pembahasan yang disampaikan, maka dapat meningkatkan jumlah trafik dari pengunjung podcast Anda.

D. Aplikasi Podcast
Ada banyak sekali aplikasi podcast yang dapat Anda gunakan di antaranya,
1. Anchor. Anchor adalah salah satu aplikasi podcast yang terdengar familiar di banyak kalangan. Menariknya, melalui Anchor selain Anda bisa mendengar, Anda juga bisa membuat podcast. Membuat podcast di Anchor bahkan bisa menghasilkan uang.
2. Podbean. Aplikasi ini mungkin kalah populer dibandingkan aplikasi lainnya. Namun, Podbean adalah aplikasi podcast yang cukup mumpuni. Podbean menyajikan banyak koleksi podcast dan sudah dikategorikan dengan rapi. Nantinya, para pengguna dapat berlangganan podcast yang mereka suka.
3. Castbox. Castbox menyajikan lebih dari 1 juta koleksi podcast yang dikumpulkan dari berbagai macam sumber seperti iTunes dan lain-lain. Aplikasi ini meliputi dukungan untuk 70 bahasa, podcast untuk belajar bahasa dan lain-lain. Sama seperti Anchor, Castbox dapat diunduh secara gratis tanpa adanya iklan.

E. Cara Membuat Podcast
Berikut beberapa langkah untuk membuat sebuah siaran radio yang menarik di antaranya,
1. Menentukan tema yang tepat
Cara membuat podcast adalah pertama, pastikan untuk menentukan terlebih dahulu tema atau topik bahasan yang ingin Anda kembangkan. Saat ini sudah banyak podcast yang ditayangkan secara publik melalui layanan musik digital.

Beberapa media podcast juga menyediakan beberapa kategori seperti komedi, olahraga, politik, musik, film, dan lain sebagainya. Pastikan Anda telah memilih topik dan niche yang sesuai dengan minat dan ketertarikan Anda.

2. Mempersiapkan alat dan bahan
Kemudian, mempersiapkan segala kebutuhan mengenai alat dan bahan untuk proses pembuatan. Sebaiknya, Anda jangan menggunakan mikrofon built-in pada laptop atau komputer. Akan tetapi, gunakan saja mikrofon secara terpisah dan lebih profesional.

Anda juga dapat memilih jenis mikrofon yang memiliki fitur peredam suara yang baik agar ketika proses pembuatan tidak terganggu suara di sekitar Anda. Serta, lakukan proses rekaman di dalam ruangan yang memiliki peredam atau jauh dari kebisingan.

3. Membuat konten sesuai tema yang ditentukan
Setelah menentukan tema dan mempersiapkan alat sedemikian rupa, selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah pembuatan atau script untuk rekaman podcast. Untuk pertama, Anda dapat merancang rekaman untuk perkenalan diri Anda terlebih dahulu.

Kemudian, membuat script untuk tayangan podcast sesuai durasi yang ditentukan. Pada umumnya durasi untuk setiap siaran berkisar antara 20 hingga 60 menit. Disesuaikan kembali dengan topik yang akan dibahas. Dalam membawakan sebuah podcast, gunakan bahasa yang lebih informatif, jelas, padat, dan interaktif dengan narasumber.

4. Menggunakan editing software
Banyak sekali aplikasi pengedit audio yang dapat Anda gunakan, seperti Audacity atau Adobe Audition. Untuk Anda yang membutuhkan software gratis, maka dapat menggunakan Audacity. Jika membutuhkan layanan fleksibel dan aplikasi penyunting audio yang lebih kompleks, kami merekomendasikan Adobe Audition.

5. Melakukan proses upload
Cara membuat podcast yang terakhir adalah dengan melakukan proses upload hasil audio yang telah selesai dibuat. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa keterangan penting seperti judul, seri, deskripsi, kategori, dan lainnya.

Anda juga dapat menggunakan layanan dari pihak ketiga (third-party) seperti Anchor untuk mengunggah tayangan podcast ke dalam berbagai platform media digital yang ada. Seperti podcast Spotify, SoundCloud, dan Youtube.

F. Kelebihan Podcast
Podcast adalah siaran audio yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun melalui koneksi internet. Anda bisa mengatur sendiri tayangan audio yang ingin Anda dengarkan. Mulai dari tentang pendidikan, musik, topic ringan, diskusi, dan sebagainya. Berikut beberapa kelebihan podcast di antaranya,
1. Ada Berbagai Banyak Pilihan Yang Bisa Didengarkan. Ada banyaknya podcast yang bisa Anda dengarkan. Seperti topik diskusi ringan seperti podcast komedi, podcast wawancara dengan musisi, atau podcast horor. Anda bisa menyesuaikan dengan minat dan ketertarikan yang Anda inginkan.
2. Tidak Menayangkan Iklan. Tidak seperti radio, podcast tidak menayangkan iklan. Walaupun kamu tak berlangganan di layanan tersebut, tapi setidaknya iklan juga tak akan muncul di tengah tayangan podcast.
3. Mendengarkan Podcast Lebih Fleksibel. Anda bisa mendengarkan podcast dengan lebih fleksibel dengan tetap terhubung dengan koneksi internet. Anda bisa mendapatkan podcast saat pulang kerja, saat sebelum tidur, saat bosan melanda. Bahkan, layanan musik Spotify memungkinkan Anda mengunduh tayangan podcast untuk nanti.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Podcast, Sejarah, Jenis, Aplikasi, Cara Membuat, dan Kelebihannya"