Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Question Hub: Pengertian, Fungsi, Keunikan, Cara Menggunakan, dan Manfaatnya

Pengertian Google Question Hub
Google Question Hub
Pengertian Google Question Hub
Google Question Hub adalah tools yang memungkinkan Anda membuat konten yang lebih kaya dengan memanfaatkan pertanyaan yang belum terjawab. Dari triliunan pencarian di Google, ada sekitar 15 persen kueri yang belum pernah ada sebelumnya. Termasuk pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab oleh mesin pencari.

Untuk memperbaiki hasil di mesin pencariannya itu, maka Google pun meluncurkan Google Question Hub. Demikian, para kreator baik itu penulis, blogger atau videografer bisa memanfaatkan pertanyaan di Google Question Hub sebagai ide untuk membuat konten artikel atau video, di mana konten tersebut akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kolom Google Question Hub.

Saat ini, Question Hub masih tersedia dalam versi beta di Amerika Serikat, India, Indonesia, dan Nigeria.

Fungsi Google Question Hub
Setelah Anda coba tes ketik kata kunci non-tekstual dan tidak bisa dijawab oleh Google maka muncul sebuah kotak di bagian bawah laman untuk mengisi pertanyaan yang ingin Anda sampaikan. Silakan masukkan sesuai selera, lalu klik tombol Kirim tapi tidak perlu menunggu jawaban karena pertanyaan kamu tak akan terjawab secara langsung saat itu juga.

Pertanyaan Anda akan dijawab dengan metode hasil pencarian Search Engine pakai kata kunci serupa. Mengenai durasi penantiannya tergantung, ada yang cuma sehari, tiga harian, seminggu, 2 minggu bahkan sebulan atau bagaimana Google kapan dia mau jawabnya.

Yang akan menjawab pertanyaan Anda adalah para publisher / penayang, dan pembuat konten. Para  kreator lah yang menjawab baik dalam bentuk tulisan / teks di blog mau pun video. Sederhananya Question Hub merupakan inovasi Google yang secara tak langsung mengajak kerjasama para publisher agar membantu mereka menjawab pertanyaan yang belum terjawab pada mesin pencari.

Fakta menurut pihak Google setidaknya ada 19% kata kunci terbaru SETIAP HARI yang belum, tidak, dan masih menunggu jawaban. Jika pada 2019 saja terdapat 6 miliar pencarian baru setiap harinya, cukup hitung berapa banyak dari persentase tersebut.

Bagi para Blogger hal ini merupakan celah kesempatan bagus ini. Karena Anda pun dapat bergabung sebagai pakar penjawab, cara menjawab pertanyaan di Question Hub Google juga lumayan mudah. Silakan buka alamat situs questionhub.google.com nanti akan muncul opsi buat Tambahkan Pertanyaan kemudian identifikasi, pilih kategori yang paling sering jadi topik / niche blog.

Begitu selesai memilih-memilah pertanyaan maka Google bakal menampilkan 10 macam pertanyaan itu sumbernya dari pengguna mesin pencari yang mengisi kolom kotak pertanyaan tadi. Silakan jawab dengan benar dan relevan pada kotak jawaban bisa juga mengisi artikel berkaitan dari blog Anda, kalau mau skip menolak pertanyaannya cukup tekan tombol "Ignore" atau tolak.

Keunikan Google Question Hub
Sebagai informasi bahwa tools ini baru diluncurkan secara resmi oleh Google pada 2019 lalu di India dengan versi beta. Tools ini baru bisa digunakan melalui laptop dan belum mendukung belum mendukung perangkat handphone atau tablet.  

Uniknya Google Question Hub ini baru ada di 3 negara yaitu, Indonesia dengan penggunaan bahasa Indonesia, India dengan penggunaan bahasa Hindi dan bahasa Inggris, serta Nigeria dengan penggunaan bahasa Inggris.

Tak hanya itu, keunikan lainnya dari Google Question Hub yakni karena pertanyaannya langsung berasal dari pengguna, maka seringkali ditemukan kesalahan penulisan ejaan dalam jenis pertanyaan-pertanyaan dan adanya keunikan dalam bentuk pertanyaannya.

Contoh pertanyaan di dalam Google Question Hub seperti:
1. Amankah bumil menggunakan lip care dari ulthyme?
2. Siapa pemeran utama film tiger on the paper bukan film India?
3. Mengapa kapal perang diberi warna abu-abu brainly?

Sebelum menggunakannya Anda harus tahu bahwa bentuk-bentuk pertanyaan itu dikelompokkan ke dalam 25 kategori mulai dari news, shopping, sport, animal, geography, travel, real estate, science, health dan sebagainya. Pertanyaan dari topik-topik yang beragam ini bisa dipilih sesuai dengan minat tulisan Anda di blog.
 
Dalam ratusan topik pertanyaan itu, ada beberapa pertanyaan yang ditandai dengan “Asked multiple times”. Ini menandakan bila pertanyaan itu banyak ditanyakan oleh pengguna Google.

Cara menggunakan Google Question Hub
Jika Anda ingin menggunakan tools ini  Anda harus mendaftarkan diri dengan mengikuti langkah-langkah berikut di antaranya,
1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Gmail. Bila belum maka buatlah akun Gmail terlebih dahulu.
2. Sebaiknya Anda memiliki akun yang terakses ke dalam Google search console. Sebab nantinya akan mempermudah Google untuk memberi laporan traffic dari laman situs Anda dengan menjawab pertanyaan dari Google Question Hub.
3. Anda bisa mencoba mendaftar melalui link berikut ini.
4. Setelah mendaftar, Anda pun bisa mengundang teman untuk menggunakan dan menjawab pertanyaan dari Google Question Hub.
5. Nantinya bila ingin menjawab pertanyaan di Google Question Hub Anda tinggal mengisi kolom answer dengan memasukkan URL dari situs yang Anda miliki

Manfaat Google Question Hub
Dalam laman resminya, Google menyebutkan tiga manfaat berikut di antaranya,
1. Memudahkan menemukan topik dari pertanyaan yang tepat.
2. Membantu membuat konten yang lebih dalam dan lebih komprehensif.
3. Memantau reach dari konten yang membantu pengguna.

Lebih lanjut, SEO Hacker menyebut bahwa Question Hub memperkuat user search intent. Ini karena melihat query secara real-time akan meyakinkan Anda informasi apa saja yang diharapkan pasar target untuk dilihat dari niche Anda.
Bagi seorang content writer atau blogger, tools ini akan sangat berguna. Karena sebagian besar waktu dihabiskan untuk mencari tahu apa yang dicari orang dalam hal konten. Sehingga, untuk dapat membuat konten untuk topik yang sesuai, Anda perlu melakukan banyak penelitian kata kunci sebelum menulis artikel.

Google Question Hub akan mempermudah pekerjaan Anda. Anda akan mendapatkan semua pertanyaan itu di satu tempat yang selama ini Anda cari untuk membuat artikel mendatang.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Google Question Hub: Pengertian, Fungsi, Keunikan, Cara Menggunakan, dan Manfaatnya"