Pengertian Tabel, Menafsirkan, Fungsi, dan Jenisnya

Pengertian Tabel
Tabel
A. Pengertian Tabel
Tabel dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak. Pengertian lain tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom, atau mungkin dalam struktur yang lebih kompleks.

Lebih jelasnya tabel merupakan suatu daftar yang isinya adalah sejumlah informasi berupa kata dan bilangan, yang tersusun dengan cara berturut-turut ke bagian bawah di dalam suatu kolom dan baris tertentu. Tujuan dibuatnya tabel adalah untuk memberi informasi yang jumlahnya banyak secara ringkas. Serta untuk memudahkan pembaca dalam memahami suatu bacaan.

Tabel banyak digunakan dalam komunikasi, penelitian, dan analisis data. Tabel sering muncul di media cetak, tulisan, perangkat lunak komputer, arsitektur hiasan, rambu lalu lintas, dan lain-lain. Isi dan terminologi untuk menggambarkan sebuah tabel bergantung pada konteks dari data yang akan disajikan. Lebih lanjut, tabel secara signifikan dapat memuat informasi yang berbeda dalam jenis, struktur, fleksibilitas, notasi, representasi dan penggunaan.

B. Menafsirkan Tabel
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menafsirkan tabel di antaranya,
1. Memahami judul tabel terlebih dahulu
2. Mencermati setiap bagian yang ada pada tabel
3. Membaca informasi yang ada di sekitar tabel
4. Mengajukan pertanyaan mengenai isi di dalam suatu tabel
5. Menyambungkan data dengan tabel
6. Mengambil kesimpulan dari pembuatan tabel tersebut

C. Fungsi Tabel
1. Memudahkan dalam membaca data karena tersusun dengan sistematis
2. Mempermudah dalam mengetahui perubahan yang terjadi pada suatu hal baik itu naik ataupun menurun
3. Memberikan rangkuman berupa angka secara tersusun

D. Jenis Tabel
Berdasarkan jumlah karakteristiknya tabel dibedakan atas tabel satu arah, tabel dua arah dan tabel tiga arah.
1. Tabel satu arah, yaitu tabel berisi keterangan tentang satu karakteristik saja. Karakteristik ini bisa berupa frekuensi, jumlah, kadar, ukuran dan juga lain sebagainya. Tabel satu arah ini merupakan jenis tabel yang mudah dibuat dan sederhana.
2. Tabel dua arah, adalah tabel yang memiliki isi tentang hubungan antara dua karakteristik. Contohnya seperti tabel berisi data jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan umur, agama serta asal daerah, atau jumlah mahasiswa berdasarkan jenis kelamin dan jurusan
3. Tabel tiga arah adalah tabel yang memiliki isi hubungan antara tiga karakteristik atau tiga hal seperti data penduduk yang berdasarkan kecamatan, jenis kelamin dan umur, atau data mahasiswa berdasarkan jenis kelamin, jurusan dan asal daerah.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tabel, Menafsirkan, Fungsi, dan Jenisnya"