Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MacBook: Pengertian, Sejarah Perkembangan, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Perbedaannya dengan Laptop

Pengertian MacBook
MacBook
Pengertian MacBook
Untuk Anda ketahui, Macbook adalah seri komputer jinjing Macintosh yang dirilis oleh Apple inc. yang menjadi saingan dari Laptop dengan OS Windows. Macbook ini merupakan sebuah bundle hardware dan software yang dibuat oleh Apple Inc. dari awal tahun 2006 hingga akhir tahun 2011.

MacBook diperkenalkan pada bulan Mei 2006, menggantikan seri iBook G4 dan PowerBook 12-inci, sekaligus sebagai bagian transisi Apple dari prosesor PowerPC ke Intel. MacBook adalah bagian dari keluarga MacBook sebagai komputer rendahan, dengan target pasar konsumen dan pendidikan. MacBook adalah komputer Macintosh yang paling laris dalam sejarah.

Sejarah Perkembangan MacBook
Berikut beberapa versi yang merupakan sejarah perkembangan MacBook dari masa ke masa di antaranya,
1. Predecessor MacBook (1991 – 2006)
Sebelumnya, nama yang digunakan Apple untuk laptopnya sejak tahun 1991 adalah PowerBook. Dua puluh lima tahun terakhir, banyak perubahan-perubahan yang terjadi terhadap PowerBook. Sukses di pasaran, PowerBook ini memiliki banyak versi dan yang terakhir adalah PowerBook G4.

Dirilis pada tahun 2001, desain PowerBook G4 memperkenalkan gaya ramping dan ringkas seperti MacBook yang beredar saat ini.

2. MacBook Original (2006 – 2011)
Pada 16 Mei 2006, MacBook Original dirilis pertama kali. MacBook yang disebutkan di sini adalah MacBook White atau MacBook Unibody yang kala itu debut dengan desain modern yang belum pernah dibuat oleh merek lain. Di Amerika Serikat, MacBook merupakan laptop terlaris dibandingkan merek apapun pada tahun 2008.

Terdapat tiga kali transformasi desain yang signifikan seperti kombinasi polikarbonat dan fiberglass, unibodi polikarbonat, dan konstruksi unibodi alumunium.

3. MacBook Pro (2006 – sekarang)
Versi pro dari MacBook diperkenalkan pada tahun 2006 dan hadir dengan desain unybody alumunium ramping, layar retina, dan processor Intel. Sejak rilis Pro, fitur dan spesifikasinya telah mengadopsi inovasi yang mutakhir.

Pada tahun 2015, Apple akhirnya merilis generasi terbaru dari MacBook yang merupakan mesin pembangkit tenaga listrik dibungkus dengan bodi alumunium tipis dan ringan.

Pada Juli 2019, Apple memperkenalkan MacBook Pro termodifikasi yang bergaya kupu-kupu yang dilengkapi prosesor 8-inti super cepat, penyimpanan berkapasitas tinggi, grafik generasi berikutnya, dan sistem suara yang lebih baik. Selain MacBook Pro, Macbook Air juga hadir pada 2008 sampai sekarang ini.

Jenis MacBook
Selain MacBook Pro dan MacBook Air, terdapat jenis Mac lain yang beredar saat ini yaitu New MacBook. Berikut perbedaannya ketiganya di antaranya,
1. New MacBook
New MacBook Apple dipasarkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2015 melalui salah satu reseller Apple Premium yaitu iBox. Laptop ini menjadi varian terbaru laptop Apple yang memiliki desain tipis dan sangat ringan dibandingkan laptop Apple lainnya.

Dirancang sepenuhnya dengan alumunium yang dapat didaur ulang, MacBook terbaru ini memiliki total berat kurang dari satu kilogram. Selain beratnya yang ringan, laptop Apple New MacBook juga sangat tipis dengan ketebalan hanya 13,1 mm. Tipe laptop ini menyajikan empat opsi warna terbaik yang di antaranya warna silver, emas, abu-abu, dan rose.

New MacBook yang tersedia di Indonesia menawarkan dua jenis yang dibedakan berdasarkan kapasitas memori internalnya. Anda dapat memilih laptop dengan memori SSD berkapasitas 256 GB atau model dengan kapasitas flash storage yang berukuran 512 GB. Harga New MacBook (SSD) 256 GB dibandrol dengan harga resmi Rp 18 juta.

Mac yang berkapasitas 512 GB termasuk model yang paling mahal yang dibandrol Rp 23,7 juta. Adapun dari segi spesifikasi, prosesor, RAM, dan fitur konektivitas semua jenis tipe New MacBook tidak jauh berbeda. Tipe 256 GB dan 512 GB didukung dengan prosesor Intel Core M3, M5, dan M7 dengan kecepatan hingga 1,3 Gz. Jenis RAM yang digunakan adalah RAM 8 GB LPDDR 3 1866 MHz.

Apple juga menambahkan konektor USB Type-C yang memungkinkan semua konektor seperti port isi ulang dan lain sebagainya masuk dalam satu lubang. Laptop ini dilengkapi layar Retina Display berukuran 12 inci dengan resolusi 2.304 x 1.440 pixel. Meskipun layarnya cukup kecil, tetapi dukungan Retina Display membuat New MacBook dapat memberikan tampilan yang sangat mengesankan.

Layar Retina Display pada New MacBook ini sangat hemat dalam hal konsumsi baterai, bahkan 30% lebih hemat dibandingkan generasi sebelumnya.

2. MacBook Air
MacBook Air adalah salah satu jenis MacBook yang berbeda dibandingkan tipe New. Apple menyediakan dua pilihan ukuran layar yaitu 11 inci dan 13 inci yang tidak didukung dengan layar Retina Display. Perbedaan yang mencolok dari kedua jenis ukuran layar tersebut di antaranya, versi 11 inci  memiliki spesifikasi yang terbilang sangat baik untuk keperluan komputasi ringan.

Apple MacBook Air 11 inci ini didukung dengan prosesor Intel Core i5-425OU dengan kecepatan 1,3 Gz dan RAM berkapasitas 4 GB. Untuk urusan grafis, versi 11 inci sudah dilengkapi dengan VGA sebesar 1024 MB dan kartu grafis dari Intel HD 5000.

Selain itu, Apple MacBook Air 11 juga didukung dengan OS X Mountain Lion 10.8.4, sejumlah konektivitas standar seperti Bluetooth dan WiFi, serta menyediakan dua pilihan jenis memori internal SSD yaitu 128 GB dan 256 GB.

Sementara itu, versi 13 inci adalah salah satu varian terbaru yang sudah mendapatkan upgrade terbaru. Dirilis secara resmi pada 10 Juni 2013, laptop ini datang dengan spesifikasi yang lebih baik dari versi 11 inci sebelumnya. Versi 13 inci didukung dengan prosesor Intel Hawell Core i5 dual-core 1,6 Gz (Turbo Boost hingga 2,7 GHz).

Sementara itu, RAM yang ditawarkan sebesar 8 GB LPDDR3 1600 MHz dan dukungan kartu grafis intel HD Graphics 1600 MHz. Terdapat tiga varian pilihan penyimpanan internal, yaitu 128 GB SSD, 256 GB SSD, dan 512 GB SSD.

3. MacBook Pro
Jika mencari lapto Apple kelas tertinggi, MacBook Pro jawabannya. Laptop ini menawarkan spesifikasi yang berkualitas yang mana tidak hanya handal dalam komputasi ringan, tetapi juga cocok digunakan untuk keperluan komputasi berat seperti mengedit video dan foto, desain grafis, mastering audio, hingga bermain game.

Laptop Apple Pro ini tersedia dengan dua model yaitu 13 inci dan 15 inci. Model 13 inci merupakan seri lama yang beberapa di antaranya tidak dilengkapi tampilan layar Retina Display. Sementara itu, model 15 inci yang terbaru dapat dipastikan sudah didukung dengan Retina Display. Model 13 inci merupakan laptop Apple Pro pertama yang diperkenalkan pada tahun 2009 silam.

Seri lama model ini saat itu masih menggunakan internal optic “Super Drive” dengan dukungan 8 GB dan 4GB RAM. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi penyimpanan SATA 500 GB dan 750 GB hard disk drive. Seri lama dari laptop ini masih menggunakan prosesor dual core Intel Core i5 2,5 GHz.

Setelah tahun 2015, seri terbaru model 13 inci sudah dilengkapi dengan layar Retina Display dan memori penyimpanan SSD. Sebenarnya, debut pertama model 15 inci masih belum dilengkapi layar Retina Display dan baru dilengkapi pada laptop Apple yang dirilis pertengahan 2012. Laptop Apple pro ini sudah dilengkapi spesifikasi yang ajib yakni prosesor i7 Quad Core 2.0 GHz, RAM 8 GB, dan penyimpanan SSD berkapasitas 256 GB.

Selain dua model yang disebutkan, terdapat model terbaru yaitu MacBook Pro Touch Bar dan Touch ID yang diperkenalkan oleh Apple dalam acara yang bertemakan Hello Again pada Oktober 2016 lalu. Di Indonesia secara resmi laptop ini baru benar-benar tersedia pada awal Januari 2017 yang tersedia di iBox.

Model Touch Bar ini tersedia dengan ukuran layar 13 dan 15 inci yang memiliki dua varian warna yaitu gold dan silver. Versi 13 ini, Apple melengkapinya dengan prosesor Intel Core i5 2,9 GHz dengan panduan RAM 8 GB LPDDR3 yang dapat ditingkatkan sampai 16 GB. Sementara itu, versi 15 inci sudah menggunakan prosesor Quad Core i7 2,6 GHz dengan panduan RAM 16 GB LPDDR3.

Masing-masing dari kedua versi ini tersedia dalam dua pilihan penyimpanan internal SSD berkapasitas 256 GB dan 512 GB. Perlu Anda ketahui, MacBook Pro edisi 2016 menjadi yang pertama komputer Mac portabel yang tidak memiliki banyak port. MacBook Pro Touch Bar hanya didukung dengan port thunderbolt 3 dengan fungsi ganda yaitu transfer file dan pengisian baterai.

Laptop ini memiliki fitur canggih Touch Bar OLED yang menggantikan tombol fungsi dan juga adanya dukungan pemindai sidik jari pada Touch ID.

Kelebihan Laptop Macbook
Beberapa kelebihan dari macbook di antaranya,
1. Daya Tahan Mesin Kuat
Salah satu kelebihan dari macbook adalah saya tahan mesinnya yang terbilang kuat. Daya tahan mesin yang kuat membuat macbook dapat bertahan dalam waktu yang lama. Penggunaan dari tahun-tahun sebelumnya seperti tahun 2015 masih bisa digunakan sampai tahun 2019. Inilah yang membuktikan bahwa shoppingmode macbook adalah produk dengan mesin dan daya tahan yang baik.

2. Keamanan Sistem Operasi yang Baik
Produk dari macbook ini memiliki keamanan sistem operasi yang baik. Dibanding dengan produk lain seperti Windows, keamanannya jauh lebih baik. Selain itu, pengguna macbook juga tidak memerlukan software antivirus tambahan. Selain itu, malware, virus, trojan dan lain sebagainya di dalam produk shoppingmode apple ini sedikit jumlahnya. Sehingga tidak ada lagi gangguan dari luar.

4. Design Keren
Desain dari shoppingmode macbook memang terkenal bagus dan keren. Meskipun memiliki desain yang simple, tetapi shoppingmode macbook tetap terlihat elegan. Ukuran keseluruhan dari macbook juga tipis atau slim. Sehingga tidak berat seperti beberapa jenis laptop lainnya.

5. Hardware Berkualitas Tinggi
Ketika menggunakan macbook, akan terasa jauh lebih nyaman dari laptop lainnya. Hal ini dikarenakan hardware yang ada memiliki kualitas yang tinggi. Seperti penggunaan keyboard dan trackpad yang mudah. Selain itu sound akan menghasilkan suara yang lebih jernih.

6. User Friendly
Laptop shoppingmode macbook yang berasal dari shoppingmode apple ini menawarkan suatu sistem operasi yang baik. Sistem itu bernama Mac Os. Hal ini akan memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Sehingga akan memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Selain mudah digunakan, sistem ini juga memiliki manfaat yang lebih baik.

7. Display Layar Baik
Salah satu keunggulan yang dimiliki shoppingmode macbook juga dapat memengaruhi kesehatan. Ketika menatap layar dalam waktu yang lama, mata tidak akan merasa perih. Hal ini karena kualitas dari layar yang sangat baik. Selain itu, diberikan juga fasilitas retina display. Sehingga layar akan tampak lebih baik ketika dilihat.

Keunggulan ini sangat cocok untuk para desainer. Karena tampilan yang ada di layar terbilang bagus dan memiliki warna-warna yang akurat.

8. Bisa Menginstall Windows
Kelebihan selanjutnya di shoppingmode macbook adalah dapat menginstal windows. Sistem operasi windows juga dapat dijalankan di laptop macbook. Jika ingin menginstal windows, Anda bisa menjalankan suatu sistem. Sistem tersebut bernama bootcamp. Sistem ini memungkinkan menjalankan sistem operasi lain secara paralel atau virtual.

Kekurangan Laptop Macbook
Meskipun memiliki banyak kelebihan, shoppingmode macbook juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya,
1. Harga Perbaikan atau Repair Mahal
Sama seperti laptop lain, jika terdapat kerusakan atau masalah di dalamnya, macbook juga perlu dilakukan pengecekan atau perbaikan. Namun, perbaikan atau service dari macbook akan dikenakan biaya yang mahal dari yang lainnya.

Contohnya seperti keyboard mac yang rusak, bisa mencapai jutaan rupiah dalam proses perbaikannya. Selain itu, jika display layar rusak juga harus dikenakan biaya yang cukup tinggi. Maka ketika memilih untuk membeli shoppingmode macbook, harus juga disertai dengan resiko pengeluaran dana yang besar pada selanjutnya.

2. Tempat Service atau Service Center Langka
Tidak seperti laptop produk lain yang memiliki service center tidak resmi. Produk keluaran shoppingmode apple hanya memiliki tempat service yang resmi atau official. Sehingga produk hanya boleh diperbaiki di tempat tersebut saja, tidak boleh dibawa ke tempat yang tidak resmi. Sayangnya, service center dari apple tidak ada di semua daerah, melainkan hanya ada di kota-kota besar saja.

3. Harga Aksesoris Mahal
Biaya spare part untuk service shoppingmode macbook ini terbilang mahal. Namun tidak hanya itu, aksesoris lain juga terbilang mahal. Seperti kabel data yang memiliki harga sangat mahal. Salah satu yang perlu disiapkan ketika membeli macbook adalah harus siap untuk membeli aksesoris lain yang harganya terbilang mahal.

4. Cepat Panas
Kekurangan selanjutnya dari shoppingmode macbook adalah cepat panas. Tentu saja ini akan mengganggu pekerjaan. Ketika menjalankan aktivitas berat, macbook cenderung menjadi lebih panas. Seperti ketika streaming, edit video, edit foto, render 3d dan beragam aktivitas berat lainnya.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, perlu adanya aksesoris tambahan. Aksesoris tambahan tersebut akan meminimalisir terjadinya pemanasan dari body macbook. Untuk mendapatkan aksesoris ini, diperlukan pengeluaran uang kembali.

5. Dukungan Software & Game Kurang
Kekurangan lain dari shoppingmode macbook adalah dukungan software dan game yang kurang bahkan langka. Software atau game yang berjalan pada sistem operasi windows belum tentu akan berjalan pada Mac Os. Hal itu dikarenakan pada pembuatan software atau game berlintas sistem operasi yang akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Maka dari itu, biasanya pengembang software dan game hanya akan membuatnya pada sistem operasi windows saja. Alasan lainnya karena banyak yang menggunakannya.

Perbedaan Macbook dan Laptop
Cukup banyak perbedaan yang ada antara Laptop dan juga Macbook ini di antaranya,
1. Bentuk Desain
Secara visual dan bentuk, produk-produk Apple diakui banyak kalangan memang lebih elegan dibanding dengan Laptop pada umumnya. Apple memang sangat memperhitungkan tampilan desain saat akan merilis produk Macbook mereka. Mereka mempertimbangkan mulai dari bahan hingga ukuran dari Macbook yang akan mereka rilis dengan riset pasar High-End dan Luxurious nya.

2. Fitur dan Interface
Setiap OS memiliki interface yang cukup berbeda satu dan lainnya. Walau demikian OS Linux dan Windows yang terdapat pada laptop memiliki User interface yang cukup mirip. Berbeda dengan keduanya, Mac Os di Macbook memiliki interface yang sedikit berbeda dibanding dengan Laptop OS pada umumnya.

Untuk Anda yang biasa menggunakan Laptop Windows, pasti akrab dengan tanda silang pada pojok kanan atas aplikasi Windows. Bila Anda klik tanda (x) itu maka aplikasi akan tertutup dan benar-benar tertutup.

Berbeda dengan Windows, Macbook dengan Mac Os hanya memiliki tombol merah di ujung kiri aplikasi nya yang berfungsi untuk me-minimize aplikasi tersebut, bukan untuk menutupnya. Jika Anda, hendak benar-benar menutupnya, Anda harus klik kanan di icon bergambar MacOs lalu pilih Quit.

Pada Laptop Windows, secara default taskbar terletak di bawah. Sebaliknya, taskbar Macbook secara default terletak di atas, mirip dengan Laptop dengan OS Linux terutama Linux Ubuntu.

3. Hardware
Laptop dapat dengan mudah di upgrade dengan membeli perangkat yang sesuai di pasaran. Terdapat berbagai macam merk hardware untuk ditambahkan pada Laptop Anda. Berbeda dengan Laptop, Apple men-setting hardwarenya untuk tidak mudah diutak-atik sehingga mempersulit Anda untuk meng-upgradenya.

Hal ini dikarenakan Apple memiliki prinsip untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin tentang apa yang penggunanya butuhkan, termasuk soal upgrade yang mewajibkan Anda beralih ke Macbook seri lainnya ataupun mengunjungi Apple Authorize store.

4. OS dan Software
Sistem Operasi merupakan perbedaan mendasar di antara Macbook dan Laptop. Macbook menggunakan Sistem Operasi Macintosh (MacOs) yang merupakan bundle OS yang dirilis oleh Apple bersama dengan perangkat Macbooknya. Macbook dengan MacOs nya lebih mengutamakan pengalaman pengguna dengan orientasi multimedia dan eleganitas pengguna office tools.

Berbeda dengan MacOs, Laptop dapat menggunakan OS lebih Universal. Laptop dirancang untuk dapat menjalankan Sistem Operasi Linux maupun Windows. Anda dapat menginstall Laptop Anda menggunakan sistem operasi Linux yang bisa Anda dapatkan secara gratis di website official distribusinya.

Laptop yang memiliki sistem operasi Windows lebih mengutamakan kemudahan dalam berbagai aktivitas penggunanya terutama untuk gamer. Untuk Anda yang suka game, sangat disarankan memilih Laptop dengan OS Windows.

Selain itu, Windows dan MacOs juga memiliki perbedaan yang cukup mendasar dalam hal Sinkronisasi antar gadget lainnya. Hal ini dikarenakan, Macbook dengan MacOs nya akan sangat mudah di sinkronkan dengan gadget dari apple lainnya, semisal Iphone ataupun Ipad yang memungkinkan penggunanya mengakses hal-hal yang ada pada gadget tersebut, seperti kalender, kontak, catatan, dan bahkan pesan teks dengan mudah.

Untuk ketersediaan software sendiri, Laptop dengan sistem operasi Windows lebih di support oleh banyak developer aplikasi, baik berbayar maupun gratis. Terlebih lagi untuk sisi gaming nya, Windows didukung banyak produsen PC Gaming.

Hal ini, merupakan kekurangan dari MacOs yang hampir tidak memiliki Game 3A sama sekali. Laptop dengan sistem operasi Linux pun juga didukung oleh cukup banyak repository karena merupakan Open Source Operating sistem yang dapat dikembangkan oleh banyak orang.

5. Security
Dibanding jumlah pengguna Laptop, pengguna Macbook tergolong lebih sedikit dan eksklusif. Karena itu Macbook masih relatif lebih aman dibandingkan dengan laptop. Laptop dengan sistem operasi Windows kerap kali menjadi korban hacking dan hal ini yang menyebabkan adanya pembuatan anti-virus.

Meski begitu, komputer Mac pun tak kebal terhadap ancaman kejahatan cyber, seperti yang dilakukan beberapa malware MacOs "LuckyCat" yang menyerang Macbook sehingga Apple mencabut slogan "bebas virus" untuk produknya.

6. Harga
Soal harga, Macbook cenderung lebih mahal di pasaran dibanding Laptop. Dengan perangkat keras yang sama, Laptop cenderung lebih bersahabat dalam menentukan harga. Tak heran, kalau penjualan Laptop lebih tinggi dibanding dengan Macbook.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "MacBook: Pengertian, Sejarah Perkembangan, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Perbedaannya dengan Laptop"