Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian Melankolis: Pengertian, Ciri, Profesi yang Cocok, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Kepribadian Melankolis
Kepribadian Melankolis
Pengertian Kepribadian Melankolis
Kepribadian melankolis adalah salah satu dari 4 tipe kepribadian berdasarkan perangai dan watak, selain koleris, plegmatis, dan sanguinis. Melankolis merupakan tipe kepribadian yang ditandai dengan sifat-sifat seperti pemikir, perfeksionis, pandai menyimpan rahasia, namun kurang percaya diri.

Orang dengan tipe kepribadian melankolis merupakan tipikal serius, tertutup, berpikir kritis, teliti, berhati-hati dalam melakukan analisa, dan paling tekun jika dibanding tipe kepribadian lain. Melankolis juga sangat bijaksana, rajin, dan berorientasi pada tujuan.

Banyak yang beranggapan jika kepribadian melankolis memiliki kecenderungan untuk hidup secara teratur, terencana, sistematis, dan detail. Baik dari segi penampilan diri, tatanan ruangan, hingga menjalani pekerjaan dan aktivitas sehari-hari.

Dari segi akademik, orang melankolis termasuk orang yang cerdas, memiliki rasa ingin tahu yang besar, dan berusaha untuk selalu menjadi yang terbaik.

Sementara, karakter yang mendasari tipe melankolis adalah tipe introvert. Kepribadian melankolis terkenal dengan pribadi yang suka menyendiri di suatu tempat yang jauh dari keramaian. Namun, kesendirian yang dilakukan untuk merenung dan berpikir bukan untuk melamun.

Tipe orang yang berkarakter melankolis mampu menciptakan kesendirian yang berkualitas. Kesendirian ibarat sebuah cara untuk menikmati hidup.

Ciri Kepribadian Melankolis
Individu dengan kepribadian melankolis biasanya lebih hati-hati dalam mengambil sebuah keputusan. Kepribadian ini juga dikenal detail, terobsesi untuk menemukan kebenaran, logis, dan terorganisir. Namun, mereka cenderung merasa cemas dan khawatir akan masa depan serta pendapat orang lain.

Agar lebih memahami, berikut beberapa ciri kepribadian melankolis di antaranya,
1. Perfeksionis
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kepribadian melankolis cenderung perfeksionis. Mereka sering kali memiliki gagasan khusus dan menyelesaikannya dengan sesempurna mungkin.

Mereka juga sering kali menetapkan standar yang tinggi untuk diri sendiri maupun orang lain. Namun, jika tidak mencapai hasil sempurna, orang dengan kepribadian melankolis bisa saja marah atau kecewa.

2. Kreatif
Kepribadian melankolis ini biasanya dimiliki oleh seniman, musisi, penulis, atau orang-orang yang sering menyelesaikan masalah dengan pola pikir kreatif. Mereka bisa menemukan cara-cara kreatif untuk menunjukkan kepedulian kepada orang-orang sekitar.

3. Penyabar
Salah satu ciri-ciri kepribadian melankolis adalah sifat mereka yang penyabar. Mereka cenderung tidak mudah kesal atau frustrasi saat berbicara dengan orang lain maupun menunggu dalam antrean panjang.

4. Motivasi yang tinggi
Karena berjiwa perfeksionis, individu dengan kepribadian melankolis memiliki motivasi diri yang tinggi. Setiap pekerjaan yang mereka lakukan harus selalu mengalami peningkatan agar dapat terus memberikan hasil yang terbaik.

5. Tenang dan pendiam
Jika Anda suka menyembunyikan perasaan dan memilih tetap tenang atau bahkan diam, bisa jadi Anda memiliki kepribadian melankolis. Individu dengan kepribadian melankolis umumnya dapat mempertahankan ketenangan meski di sekelilingnya berisik atau terlalu ramai.

Namun, sifat tenang dan diam ini tak selamanya baik. Kepribadian melankolis terkenal suka menyembunyikan emosinya dan kemungkinan besar akan sulit mengendalikan amarah.

6. Penuh detail dan fokus pada tujuan
Kepribadian melankolis sangat suka memperhatikan detail, seperti tanggal ulang tahun atau nama orang yang baru mereka temui, yang mungkin bagi sebagian orang tidaklah penting.

Selain itu, mereka juga sangat fokus pada tujuan atau target. Individu dengan kepribadian melankolis mampu menganalisis potensi dari berbagai sudut pandang, sehingga perencanaan yang dibuat hampir selalu tepat dan matang.

Individu dengan kepribadian melankolis juga terbiasa dengan rutinitas yang terjadwal dan tidak menyukai perubahan secara mendadak.

Sayangnya, kepribadian ini hampir selalu tenggelam dalam pikirannya dan mengingat kejadian yang terjadi di masa lampau. Hal inilah yang diduga dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental yang disebut dengan depresi melankolis.

Karakteristik Kepribadian Melankolis dalam Berbagai Peran
Berikut beberapa karakteristik kepribadian melankolis ketika menjadi orang tua di antaranya,
1. Cenderung menetapkan standar yang tinggi untuk anak.
2. Mengupayakan untuk memberikan pendidikan yang maksimal, mendorong intelegensi, serta mengarahkan dan menggali bakat yang dimiliki anak.
3. Ingin segala sesuatu yang dilakukan secara benar dan teratur, termasuk urusan merapikan dan menyusun mainan anak.

Adapun karakteristik seorang dengan kepribadian melankolis ketika berada di lingkungan pekerjaan dan teman di antaranya,
1. Cenderung pemilih dalam urusan pertemanan.
2. Setia kawan dan mudah merasa kasihan.
3. Ketika ada masalah, maka akan mencari solusinya dengan sempurna meski memakan waktu yang lama.
4. Suka menyukai diagram, grafik, dan bagan.
5. Perfeksionis, rinci, rajin, tekun, gigih, terjadwal, dan teratur.

Ketika seorang dengan kepribadian melankolis menjadi pasangan
Seorang dengan kepribadian melankolis memiliki tingkat kepekaan perasaan yang tinggi. Melankolis merupakan salah satu karakter yang cukup rumit dan tidak mudah didekati. Namun, sebagai pendamping hidup melankolis adalah sosok yang setia, romantis, gampang tersentuh, dan memiliki perasaan yang peka terhadap pasangan.

Ketika bersikap romantis terhadap pasangan, tipe karakter melankolis akan melakukannya dengan cara yang berbeda dari orang kebanyakan karena mereka mempunyai cara unik tersendiri. Tidak jauh berbeda dengan pasangan yang memiliki tipe kepribadian sanguinis.

Meski romantis, namun melankolis tetap pada sifat bawaan lahirnya, yaitu pendiam, pemalu, dan sulit melupakan kesalahan. Oleh karena itu, melankolis harus dapat meredam untuk menghindari terjadinya konflik dan keributan dalam sebuah hubungan.

Selain itu, sifat perfeksionis yang dimiliki melankolis terkadang membuat pasangan merasa tidak nyaman.

Profesi untuk Kepribadian Melankolis
Orang dengan sifat melankolis adalah orang yang suka berpikir, perfeksionis, mampu melakukan segala sesuatu seorang diri, dan loyal terhadap pekerjaan. Melankolis kerap menghabiskan waktu seorang diri untuk berpikir dan mencari inspirasi. Pemikirannya sering membuat orang merasa kagum.

Beberapa pilihan karier atau pekerjaan yang cocok untuk orang dengan kepribadian melankolis di antaranya Seniman, Hakim, Notaris, Akuntan, Programmer, Developer, Designer, Engineer, Peneliti, Penulis, Konsultan Keuangan, System Analis, Sains.

Kelebihan Kepribadian Melankolis
1. Berkomitmen
Si melankolis sangat berhati-hati dengan lingkungannya. Oleh karena itu, lingkaran komunikasi dan pertemanan mereka cenderung terbatas.

Namun, ketika ia telah menemukan seseorang yang cocok terutama menyangkut perasaan, bisa dipastikan ia akan memberikan komitmen dan kepercayaannya kepada orang tersebut. Kepribadian ini adalah sosok teman paling setia, dapat diandalkan, dan selalu menepati janji.

2. Pemecah Masalah yang Baik
Meskipun melankolis dikenal pesimis dan dihinggapi perasaan cemas serta gelisah, tapi kecemasan dan ketakutan yang terus-menerus itu membuat orang dengan kepribadian ini membantu mereka menghindari masalah dan menjadi seorang problem solver yang handal.

Hal ini karena mereka cenderung merencanakan segalanya untuk kemungkinan yang terburuk.

Kekurangan Kepribadian Melankolis
1. Pesimis
Melansir dari Psychology Today, pesimis menjadi salah satu kelemahan dalam diri melankolis.

Meskipun ini bukan sifat bawaan dari lahir, tapi mereka pesimis karena menghadapi tantangan dan kesulitan hidup. Mereka juga sering mengeluh tentang nasib dan seakan putus asa setelah menghadapi kesulitan.

2. Ketidakstabilan Emosional
Emosi yang tidak stabil dan cenderung meledak-ledak adalah salah satu kelemahan kepribadian ini. Jika sudah emosi, melankolis akan merasa stres dan hal ini malah akan menghambat kemajuan dirinya sendiri.

Selain itu, mereka enggan memahami bahwa hidup memang penuh tantangan tapi tidak selamanya menderita.

5. Tertutup
Melankolis dikenal tertutup dalam segala hal. Mulai dari pertemanan, karier, hingga perasaannya. Maka tak heran jika banyak orang menilai si melankolis adalah sosok yang sombong.

Mereka juga kerap merasa kesepian dan menganggap semua hal bisa dikerjakan sendiri. Melankolis juga sangat sulit untuk mengutarakan maksud atau menunjukkan perasaannya pada orang lain.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian Melankolis: Pengertian, Ciri, Profesi yang Cocok, Kelebihan, dan Kekurangannya"